Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

Magang Bersertifikat Kemendikbud Akan Dibuka Pada November 2023, Berikut Syaratnya

student posing during group study session with colleagues

Madingmu.com – Pendaftaran Magang Bersertifikat Batch 6 kembali dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mahasiswa yang tertarik bisa mendaftar program magang ini pada 1 November-31 Desember 2023. Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang memungkinkan mahasiswa belajar dan mengembangkan diri lewat pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata. Mahasiswa bisa merasakan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang. Jadi, bisa sekaligus membangun hard skills dan soft skills para mahasiswa.

Dengan mendaftar magang bersertifikat kampus merdeka, mahasiswa bisa mendapatkan konversi 20 sks untuk 1 semester yang setara dengan 20 SKS. Peserta magang juga akan mendapat bantuan biaya hidup selama magang, memperluas jaringan, menambah pengalaman, dan masih banyak hal yang didapatkan. Berikut ini jadwal dan persyaratan lengkapnya :

Jadwal Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Batch 6

Pendaftaran ini dibuka untuk proses magang pada bulan Februari- Juni 2024. Berikut ini rinciannya:

  • Pendaftaran dan pengisian kelengkapan administrasi mahasiswa : 1 November – 31 Desember 2023.
  • Verifikasi berkas administrasi mahasiswa : 1 November – 31 Desember 2023.
  • Proses seleksi mahasiswa dan offering oleh mitra : 1 – 31 Januari 2024.
  • Pelaksanaan program magang bersertifikat : 16 Februari – 30 Juni 2024.

Persyaratan umum Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Batch 6

  1. Mahasiswa aktif D2/D3/D4 minimal semester 2 dan mahasiswa aktif S1 minimal semester 4, belum yudisium, bersedia tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung.
  2. Harus berstatus mahasiswa aktif. Jika lulus/mengikuti yudisium sebelum program berakhir, maka mahasiswa dianggap mengundurkan diri dari program Kampus Merdeka.
  3. Berasal dari seluruh Indonesia tanpa pandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, situasi ekonomi, dan situasi sosial.
  4. Berasal dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia Asal perguruan tinggi negeri maupun swasta di bawah naungan.
  5. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).
  6. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.
  7. Data mahasiswa terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), nama di PDDikti sesuai dengan yang di KTP.
  8. Mahasiswa hanya dapat mengikuti 1 program per periode.
  9. Melampirkan CV dengan format file PDF, buat dengan kreativitas masing-masing (tanpa template).
  10. Melampirkan transkrip nilai terbaru. Jika belum tersedia, gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen nantinya lewat menu ‘Lengkapi Dokumen di akun mahasiswa’.
  11. Melampirkan Surat Rekomendasi Universitas, ditandatangani rektor, ketua, direktur, ataupun wakilnya, atau pejabat lain sesuai ketentuan di masing-masing perguruan tinggi.
  12. Melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), ditandatangani rektor, ketua, direktur, ataupun wakilnya, atau pejabat lain sesuai ketentuan di masing-masing perguruan tinggi.
  13. Melampirkan foto atau hasil scan KTP, pastikan tidak buram.
  14. Melampirkan sertifikat pengalaman organisasi jika ada, gabungkan beberapa sertifikat jadi satu file PDF dengan ukuran maksimal 5 MB.
  15. Diharapkan menjalani program secara penuh waktu (full time) hingga selesai.
  16. Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten, kota, atau provinsi jika diperlukan, sesuai penempatan yang ditetapkan mitra, serta bersedia vaksinasi booster untuk keperluan perjalanan.
  17. Bersedia berkomitmen selama menjalani program.
  18. Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, KIP, atau beasiswa Kemendikbudristek lainnya bisa ikut program ini, dengan besaran bantuan biaya hidup yakni selisih bantuan hidup dari beasiswa.

Syarat khusus Magang Merdeka per posisi dapat dicek apabila lowongan magang sudah dibuka.

Itulah informasi mengenai Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Untuk informasi lebih lanjut, bisa dicek di laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.