Sabtu , 9 Desember 2023
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

Berikut Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ untuk Daftar SMA Taruna Nusantara

taruna nusantara

Madingmu.com – SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di Indonesia dan banyak dipilih oleh siswa SMP sederajat dari seluruh Indonesia. Sekolah ini dikelola oleh Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada di bawah Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP).

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Minggu (6/8/2023) Syarat utuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara tahun ajaran 2024/2025 yaitu nilai rapor, skor IQ dan tinggi badan.

Syarat Nilai Rapor SMA Taruna Nusantara

  • Mengacu pada penerimaan siswa baru tahun 2023, berikut ini merupakan nilai rata-rata per mata pelajaran yang menjadi syarat untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara.
  • Nilai rapor (pengetahuan) semester 1 hingga semester 5 dan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Nilai rata-rata per mata pelajaran minimal 85 dan nilai per semester minimal 80.
  • Bagi calon siswa baru yang memiliki prestasi (akademik, olahraga, organisasi, seni budaya) minimal tingkat kota/kabupaten atau ketua OSIS nilai rata-rata minimal 80 dan nilai minimal 75.
  • Konversi nilai untuk siswa Sekolah Internasional disahkan oleh Dinas Pendidikan setempat/Kemendikbud Ristek.

Syarat Skor IQ SMA Taruna Nusantara

Syarat skor IQ untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara ialah kamu perlu memiliki hasil tes IQ dengan minimal 110 dan bersifat tidak wajib. Akan tetapi jika kamu punya skor IQ, hal ini bisa menjadi nilai tambah.

Skor IQ yang diperoleh ini wajib dikeluarkan oleh Anggota Himpunan Psikologi (Himpsi) yang berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar.

Tinggi Badan SMA Taruna Nusantara

Terkait syarat tinggi badan untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara, SMA Taruna Nusantara sebenarnya tidak mematok ukuran berapa tinggi badan (TB) minimal atau berat badan (BB) maksimal.

Akan tetapi calon siswa baru di SMA Taruna Nusantara harus memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional. Dalam proses seleksinya, akan ada tim dokter yang memutuskan tinggi badan dan berat badan calon siswa baru proporsional atau tidak saat tahapan Seleksi Kesehatan.

Cara mengukur tinggi dan berat badan ideal ini juga dapat dilihat di laman SMA Taruna Nusantara.

Syarat lainnya untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara.

  • Nilai rapor (pengetahuan) semester 1-5 untuk mata pelajara Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Nilai rata-rata per mata pelajaran minimal 85 dan nilai per semester minimal 80.
  • Memiliki prestasi (akademik, olahraga, organisasi, seni budaya) minimal tingkat kota/kabupaten atau Ketua OSIS. Nilai rata-rata minimal 80 dan nilai minimal 75.
  • Konversi nilai untuk siswa sekolah internasional disahkan oleh Dinas Pendidikan setempat/Kemendikbud Ristek,
  • Memiliki hasil tes IQ minimal 110. Hal ini menjadi persyaratan tidak wajib. Namun dapat menjadi nilai tambah. Hasil IQ dikeluarkan oleh anggota Himpunan Psikologi (Himpsi) yang berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar.

Berkas Pendaftaran SMA Taruna Nusantara

Sedangkan syarat lain yang diperlukan adalah menyiapkan beberapa berkas untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara.

Berikut ini berkas yang perlu dipersiapkan para siswa :

  • Pas foto (ukuran 4×6 dengan menggunakan seragam sekolah dengan latar biru).
  • Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah/militer.
  • Foto kartu pelajar SMP.
  • Akta kelahiran.
  • Foto nilai rapor semester 1-5, dibuat foto rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1-3 (untuk kelas akselerasi).
  • Foto seluruh badan (ukuran 4R menggunakan seragam sekolah, bersepatu tanpa topi, terlihat dari ujung kaki sampai ujung kepala).
  • Foto data penghasilan orangtua atau wali (khusus untuk calon siswa jalur beasiswa dan untuk wiraswasta dalam bentuk rekening koran 3 bulan terakhir).
  • Foto Kartu Keluarga.
  • Foto KTP orangtua/wali, salah satu bisa ayah, ibu atau wali.
  • Surat keterangan dan pernyataan dari kepala sekolah SMP. Surat pernyataan dari orangtua.
  • Surat pernyataan dari calon siswa. Foto sertifikat bukti prestasi (jika tidak ada sertifikat, bisa dengan foto medali atau piala).
  • Hasil tes IQ minimal 110 (tidak wajib) yang keluarkan oleh anggota Himpunan Psikologi Indonesia berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar.
  • Bisa dilampirkan pada saat pendaftaran dan bisa menjadi nilai tambah).

Itulah mengenai informasi mengenai pendaftaran di SMA Taruna Nusantara. Untuk mengetahui mengenai kapan pembukaan pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara, Kamu bisa terus memantau laman penerimaan siswa baru di SMA Taruna Nusantara.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan211
Literasi Keuangan30
Ruang Siswa107
Beasiswa137
School lifehack91
Hiburan143
Editor's Pick775
Terpopuler739
Opini10
Serba Serbi372

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.