Senin , 11 Desember 2023
HeadlineEditor's PickSerba Serbi

Lipat Gandakan Pahala di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan

pexels ahmet polat 5226140

Madingmu.com – Malam Lailatul Qadar atau Malam seribu bulan adalah malam yang penuh kemuliaan di bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda:

يَ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ – رواه أحمد والبخاري وأبو داود

Artinya: “Lailatul qadar itu berada pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadan.” (HR Ahmad, Al-Bukhari, dan Abu Dawud).

Malam Lailatul Qadar tidak diperingati dengan cara yang sama seperti hari raya Islam lainnya. Hal ini dikarenakan Allah SWT sengaja menyembunyikan terjadinya Lailatul Qadar dan hanya orang-orang yang penuh tawakal dan masabah kepada Allah SWT yang bisa mendapatkan berkah malam Lailatul Qadar.

Manfaat Malam Lailatur Qadar :

1. Nilainya Setara Dengan 1000 Bulan.

Siapapun yang melakukan amalan ibadah pada Malam Lailatul Qadar maka akan mendapatkan pahala setara dengan seribu bulan atau 84 tahun lamanya.

Baca Juga : Ngabuburit Enaknya Ngapain Ya?

2. Bebas Dari Siksa Neraka

Keistimewaan lainnya dari malam Lailatul Qadar adalah hadiah terbebas dari siksa api neraka bagi seluruh umat muslim yang bersungguh-sungguh beribadah kepada-NYA

3. Pahala Yang Berlipat Ganda

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh umat muslim maka Allah SWT hadiahkan pahala yang berlipat ganda.

4. Penulisan Takdir Dalam Satu Tahun

Takdir manusia selama hidup didunia sudah menjadi hak dan kuasa Allah SWT. Namun pada malam Lailatul Qadar seluruh  umat muslim berkesempatan meminta takdir baik dan memohon seluruh doa terbaik dihidupnya, Insyaallah doa yang sungguh-sungguh akan Allah SWT kabulkan pada malam Lailaut Qadar ini.

Baca Juga : Jadwal Libur Idulfitri Anak Sekolah SD, SMP, SMA 2023 Terkini, Cek di Sini!

pexels thirdman 8489084 scaled

Amalan-amalan Malam Lailatur Qadar :

1. Memperpanjang Sholat Malam

Sebagaimana penuturan Aisyah RA, “Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari Muslim)

2. Memperbanyak Sedekah

Sedekah merupakan ungkapan wujud rasa syukur atas rezeki dan nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Di 10 malam terakhir Ramadhan ini umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, baik sedekah wajib seperti zakat fitrah dan zakat mal, ataupun memperbanyak sedekah sunnah lainnya.

Baca Juga : Benarkah Rahasia Kesuksesan adalah Bangun Pagi?

3. I’tikaf

I’tikaf merupakan kegiatan berdiam diri di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. I’tikaf dianjurkan setiap waktu, namun lebih ditekankan ketika memasuki 10 malam terakhir Ramadhan. Sebagaimana penuturan Abdullah bin Umar RA, “Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Muttafaq alaih)

Saat kamu melakukan I’tikaf kamu bisa meningkatkan ibadah kamu juga dengan berdzikir, berdo’a, membaca Al-Quran, sholat sunnah, bersholawat, bertaubat, beristighfar, dan ibadah lainnya.

4. Membaca doa Lailatul Qadar

Amalan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar adalah dengan membaca doa Lailatul Qadar.

Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi: Aisyah RA berkata, yang artinya, “Wahai Rasulullah, bagaimana bila aku mengetahui malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?” Rasulullah menjawab, “Ucapkanlah, ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya, Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan suka memberi maaf, maka maafkanlah aku)’.”

Yuk manfaatkan 10 malam terakhir di bulan Ramadhan ini dengan berburu pahala sebanyak banyak. Karena sekecil apapun amalan kebaikan yang sudah kamu lakukan, Allah SWT akan melipat gandakannya.

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan211
Literasi Keuangan30
Ruang Siswa107
Beasiswa137
School lifehack91
Hiburan144
Editor's Pick780
Terpopuler744
Opini10
Serba Serbi376

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.