Senin , 15 Juli 2024
Serba SerbiHeadline

Ngabuburit Enaknya Ngapain Ya?

ca5c4a1e5441778827a2e9bb2f6a0d83

Madingmu.com – Ngabuburit, kata yang berasal dari Bahasa Sunda ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan seseorang sembari menunggu waktu berbuka puasa pada bulan suci Ramadhan. Ngabuburit telah menjadi suatu tradisi bagi masyarakat di Indonesia pada bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang sangat dinantikan oleh para umat Muslim, karena pada bulan suci Ramadhan, amalan-amalan ibadah akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Pada bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Baca Juga : Berburu Pahala Ramadhan Ala SMAN 5 Cimahi: Menulis Mushaf dan Membuat Kaligrafi!

Waktu berbuka puasa merupakan awaktu yang paling ditunggu. Namun, tidak jarang kita merasa kekurangan aktivitas saat menunggu waktu berbuka puasa. Berikut ini merupakan ide aktivitas yang dapat kamu lakukan saat menanti waktu berbuka:

1. Mengaji

Seperti yang telah kita ketahui, membaca Al-Quran hukumnya wajib bagi seluruh umat Muslim. Pada bulan Suci Ramadhan, nilai kebaikan ibadah wajib akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. hingga berpuluh-puluh kali lipat. Selain itu, Rasulullah SAW. bersabda, “Siapa saja yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran) maka dia akan mendapat satu kebaikan.”

2. Membaca Buku

Koleksi buku-buku novel dan komik kesukaanmu menumpuk dan belum sempat dibaca? Kamu bisa membaca novel dan komik kesukaanmu sembari menunggu waktu berbuka puasa. Kamu juga bisa membaca buku-buku nonfiksi agar menambah ilmu pengetahuanmu.

3. Menonton Film

Menonton film bisa menjadi pilihan buat kamu yang mudah merasa bosan saat membaca buku. Selain menonton film, kamu juga bisa menonton drama atau series yang on-going. Etss, tapi bijaklah dalam memilih genre ya! Khawatir pahala puasamu berkurang kalau salah memilih genre, hihi!

4. Menonton Ceramah

Menonton atau mendengarkan ceramah kini dapat dilakukan di mana saja. Melalui platform social media, kamu dapat menemukan banyak sekali video ceramah. Sangat mudah dan bermanfaat, bukan?

5. Berolahraga

Bulan puasa bukan menjadi penghalang kamu untuk berolahraga, kamu masih bisa berolahraga walau sedang berpuasa, kok! Agar tidak kehausan, kamu bisa berolahraga di waktu sore menjelang berbuka. Jogging keliling komplek misalnya. Selain itu, kamu juga bisa berolahraga skipping.

Baca Juga : Serunya Ngabuburit Sambil Bagi-bagi Takjil Gratis Ala OSIS SMKN 13 Bandung

6. Berburu Takjil

Beraneka macam takjil akan sangat mudah ditemukan pada bulan Ramadhan, tepatnya saat menjelang waktu buka puasa. Kamu bisa menunggu waktu buka puasa sembari mencari takjil bersama teman atau keluarga.

7. Menyiapkan Hidangan Buka Puasa

Kamu bisa membuat banyak hidangan sembari menunggu waktu buka puasa. Berbagai macam menu hidangan dapat kamu temukan dengan mudah di banyak  platform social media atau website. Kamu juga bisa memasak hidangan kesukaan keluarga sembari menunggu waktu berbuka.

Nah, itulah tadi berbagai kegiatan yang dapat kamu lakukan saat ngabuburit. Manakah aktivitas favorit kamu?

Penulis: Nareswari Nirwasita

Sumber:

https://bdkpalembang.kemenag.go.id/berita/selamat-datang-bulan-suci-ramadhan

https://www.um-surabaya.ac.id/homepage/news_article?slug=keutamaan-membaca-al-quran-setiap-hari-menurut-rasulullah

Sumber Foto:

https://pin.it/3FNin0utps://pin.it/3FNin0u

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.