Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineSerba Serbi

Konsumsi Pisang Sebelum Tidur Ternyata Bisa Picu Mimpi Buruk

pexels viktoria slowikowska 5677914
Foto oleh Viktoria Slowikowska: https://www.pexels.com

madingmu.com – Jika Kamu menyukai camilan tengah malam, para ahli mengungkapkan bahwa ada satu jenis buah yang harus Kamu hindari. Makan pisang sebelum tidur membuat Kamu mengalami mimpi buruk.

Seperti dilansir dari detikFood, bicara soal buah yang praktis, enak, dan bergizi, Kamu tidak bisa meninggalkan pisang yang menjadi favorit banyak orang. Pisang bahkan menjadi buah andalan hidup sehat saat Kamu ingin melahap camilan bernutrisi.

Mengonsumsi pisang ada aturannya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Salah satunya perlu makan pisang tepat sebelum tidur.

Seperti dikutip dari Mirror UK belum lama ini, para ahli tidur dari sleepjunkie.com menjelaskan bahwa pisang bisa dikonsumsi kapan saja, namun memakannya mendekati waktu tidur dapat memicu sulit tidur dan mimpi buruk.

Menurut para ahli tidur, hal ini disebabkan oleh kandungan melatonin yang ada di dalam pisang. “Pisang mengandung magnesium dalam jumlah tinggi, yang membantu mengendurkan otot dan menenangkan tubuh. Banyak orang juga merasakan efek menenangkan itu di malam hari. Namun, pisang juga menghasilkan banyak melatonin yang dapat memicu efek sebaliknya,” ujar seorang ahli tidur di sleepjunkie.com.

Jadi, para ahli tidur yang pro teori ini lebih memilih untuk makan pisang satu hingga dua jam sebelum tidur. Hal ini agar ritme sirkadian tidak terganggu, dan imajinasi seseorang tidak aktif, yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Meski begitu, para ahli kesehatan lainnya tidak percaya dengan teori ini. Salah satunya adalah Fergus Smithers, kepala divisi makanan dari layanan resep nabati, Grubby.

Menurutnya, pisang sangat ideal untuk dikonsumsi sebelum tidur, begitu juga dengan kiwi. “Kiwi mengandung serotonin, sebuah neurotransmitter yang mengatur siklus tidur, membuat Kamu tidur lebih nyenyak,” katanya.

“Demikian pula, pisang mengandung magnesium, kalium, dan triptofan, yang membantu relaksasi otot dan meningkatkan kualitas tidur. Pisang juga mengandung serat yang sangat tinggi, membuat Anda merasa kenyang dan puas sebelum tidur,” pungkas Smithers.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.