Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kenapa Makan Kurma Harus Ganjil? Begini Menurut Anjuran Rasul dan Juga Penelitiannya

Kurma Ajwa 11zon

Madingmu.com – Makan kurma saat buka puasa sudah menjadi tradisi umat muslim di seluruh dunia. Kurma menjadi buah favorit Nabi Muhammad SAW. Nabi juga menganjurkan untuk makan kurma dalam jumlah ganjil, seperti 3,5,7 dan seterusnya. Akan tetapi Rasul biasanya akan makan kurma sebanyak 3 buah.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia (kurma) adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma, maka berbukalah dengan air karena dia (air) adalah bersih,” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Makan Kurma Jumlah Ganjil

Selain menjadi Sunnah Rasulullah, penelitian juga telah membuktikan bahwa makan buah kurma dalam jumlah ganjil dan genap memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan. Dilansir dari detikfood, beberapa penelitian medis mengungkapkan bahwa jika konsumsi kurma dalam jumlah genap (2,4,6, dan seterusnya) maka akan menghasilkan banyak gula di dalam darah dan potasium namun tidak memberi banyak energi.

Lalu, apa sih manfaat makan kurma dengan jumlah ganjil? Dilansir dari detikfood, ada 4 keistimewaan saat konsumsi kurma berjumlah ganjil. Simak dibawah ini.

  1. Memberi Energi

014665400 1591068442 shutterstock 455878021

Setelah seharian berpuasa tanpa asupan makanan dan minuman, tentu saja tubuh akan menjadi lemas seharian. Makan kurma dalam jumlah ganjil saat puasa bisa memberikan energi kembali.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition membuktikan bahwa kurma memiliki kandungan gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang bisa meningkatkan kadar gula darah dan memberikan energi secara instan pada tubuh.

  1. Meringankan Penyakit GERD

5ebf453eea269

Buah kurma memiliki kandungan gula, serat dan asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh. Nutrisi tersebut juga sangat baik untuk pencernaan yang optimal. Selain itu, serat juga bisa membantu untuk meringankan penyakit GERD.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

img 020920221662081860ZAO98

Dilansir dari detikfood, penelitian yang dilakukan oleh Rock W. menyebutkan bahwa kurma memiliki efek yang menguntungkan pada asam lemak jenuh dan stress oksidatif. Kandungan tersebut bisa mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

Phytochemical yang terkandung dalam kurma bisa mencegah penyakit jantung. Selain itu, sumber potasium yang kaya terbukti dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung.

  1. Membantu Pengobatan Alzheimer

Penyakit alzheimer

Kurma merupakan sumber serat makanan yang baik dan kaya akan asam fenolat serta antioksidan alami. Senyawa yang terkandung dalam kurma bisa membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Musthafa Mohamed Essa, Ph.D.

Kurma menjadi buah yang istimewa dengan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk memberikan energi kembali setelah seharian berpuasa.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.