Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Fungsi dan Cara Kerja Sistem Pencernaan Pada Manusia!

041073000 1601445419 pencernaan

Madingmu.com –  Setiap hari kita makan dan minum. Kita juga mengunyah, menelan, mencerna, dan membuangnya menjadi kotoran atau feses.

Proses tersebut terjadi di dalam tubuh kita, mulai dari mulut hingga anus. Untuk memahami lebih dalam mengenai sistem pencernaan manusia, yuk simak penjelasan di bawah.

Sistem Pencernaan Manusia

Berikut ini ialah sistem pencernaan manusia yang harus kamu ketahui:

  1. Mulut

kesehatan gigi dan mulut saat puasa

Mulut adalah tempat dimulainya sistem pencernaan manusia karena makanan dan minuman diterima di mulut. Mulut terdiri atas gigi, lidah, air liur, dan kelenjar ludah. Bagian-bagian di dalam mulut menjalankan proses mekanis dan kimiawi dari makanan supaya dapat tercerna.

Yuk kita bedah satu per satu apa yang ada di dalam mulut beserta fungsinya.

  1. Gigi

WhatsApp Image 2023 04 03 at 09.26.11 1

Umumnya, kita memiliki 3 bagian gigi, yaitu mahkota gigi (korona), leher gigi (kolum), dan akar gigi (radiks). Setiap jenis gigi memiliki bentuk yang berbeda-beda. Gigi berfungsi untuk mengunyah dan menghaluskan makanan yang dapat membantu enzim-enzim dalam mencerna makanan.

  1. Lidah

180229 lidah 1265 711

Lidah berfungsi untuk mengaduk makanan di dalam rongga mulut dan membantu mendorong makanan ke kerongkongan untuk ditelan. Lidah juga berfungsi dapat merasakan rasa pada makanan yang direspons oleh bagian-bagian berbeda pada lidah.

  1. Kerongkongan

043376000 1601445419 faring

Kerongkongan atau esofagus adalah saluran yang menghubungkan mulut dan lambung. Di sini, semua minuman atau makanan yang telah dikunyah akan berpindah ke lambung.

Kerongkongan memiliki otot yang dapat berkontraksi secara bergelombang untuk mendorong makanan masuk ke sistem pencernaan berikutnya. Gerakan kerongkongan tersebut ialah gerak peristalsis.

Makanan hanya lewat selama 6 detik di kerongkongan. Otot lurik di pangkal kerongkongan terlibat dalam proses menelan makanan yang telah dikunyah. Proses ini masih sesuai dengan kehendak kita, setelah itu berada di luar kehendak dan kesadaran kita.

  1. Lambung

Beda Sakit Maag dan Asam Lambung

Lambung atau ventrikulus adalah kantung yang terletak di sebelah kiri rongga perut. Lambung berfungsi mengoyak makanan menjadi seperti bubur. Di dalam pencernaan ini, terdapat otot-otot yang membuat lambung dapat berkontraksi, sehingga makanan tercampur dengan baik dan merata dengan getah lambung.

Di dalam lambung terdapat enzim renin dan enzim pepsin. Enzim renin berfungsi untuk menggabungkan protein susu (kasein) yang terdapat dalam susu. Sedangkan enzim pepsin berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton dan proteosa.

Terdapat juga getah dalam lambung yang bersifat asam, mengandung air lendir (musin), asam lambung, enzim renin dan enzim pepsin. Getah lambung dihasilkan oleh hormon gastrin.

  1. Usus Halus

058998400 1639476880 Usus Halus

Usus halus atau intestinum adalah saluran yang bertanggung jawab menyerap nutrisi makanan dan tempat terpanjang terjadinya proses pencernaan. Usus halus terdiri atas usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejenum), dan usus penyerap (ileum).

Usus halus memiliki sejumlah enzim yang berperan penting.

Berikut ini enzim-enzim dan fungsinya:

  • Enzim laktase: berfungsi menguraikan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.
  • Enzim sakarase: berfungsi memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa untuk penyerapan.
  • Enzim maltase: berfungsi mengubah maltosa menjadi dua molekul glukosa.
  • Enzim peptidase: berfungsi menguraikan peptida menjadi asam amino, kemudian diserap oleh tubuh.
  • Enzim lipase: berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  1. Usus Besar

078992400 1553077853 offal 1463369 1280

Usus besar adalah tempat ketika makanan dari usus halus tidak tercerna. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli yang membantu proses pembusukan sisa makanan menjadi feses dan menghasilkan vitamin K untuk proses pembekuan darah.

Selain itu, proses yang terjadi di usus besar adalah penyerapan air karena tubuh memerlukan air. Perjalanan makanan ke usus besar membutuhkan waktu 4-5 jam. Namun, makanan dapat disimpan di usus besar hingga 24 jam.

  1. Anus

014564300 1656405813 Untitled design 1

Anus menjadi lubang pembuangan feses. Feses yang ditampung di bagian rectum kemudian dibuang lewat anus. Otot spinkter rectum mengatur buka tutupnya anus ketika feses siap dibuang.

Itulah fungsi dan cara kerja sistem pencernaan manusia. Selamat belajar!

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.