Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kenali Dampak Scroll TikTok Berjam-Jam, Bisa Bikin Struktur Otak Berubah Lho!

GettyImages 1228710953 treatment 2000 7ca08e6d9ca6424aa3d6ae6951fa21c6

Madingmu.com – Media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi platform yang sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak yang tertarik dengan platform ini karena konten-kontennya yang menarik dan berdurasi pendek. Tapi  tahukah kamu bahwa dampak scroll TikTok berlebihan dapat memperburuk kesejahteraan hidup?

Dilansir dari Tekno Republika, Joseph Kristofel, Executive Director Ipsos Indonesia mengungkapkan orang Indonesia menghabiskan 2 jam lebih per hari untuk menonton video pendek (short video).

Menurut sebuah studi, alasan utama mereka menonton video pendek adalah membuang kebosanan (56%) relaksasi (53%) hingga menjalani pertemanan (30%). Banyak kasus yang kita temui, bahkan mungkin pernah dialami sendiri, di mana melihat satu video pendek seperti di TikTok atau reels Instagram tidak cukup hanya dengan satu menit saja.

Contoh lainnya adalah ketika tengah bekerja, tiba-tiba seorang teman mengirimkan satu video pendek ke pesan media sosialmu. Awalnya, mungkin kita berpikir hanya akan melihatnya sebentar saja, namun pada akhirnya waktu berlalu tanpa disadari, dan satu jam telah terlewati.

Kenapa Seseorang Sulit Untuk Berhenti Nonton Video Pendek di Tiktok?

TikTok merupakan media sosial yang saat ini memberikan pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat, baik dalam hiburan maupun bisnis. Meski demikian, platform media sosial ini berkaitan dengan dampak psikologis seseorang terutama Gen Z.

Dilansir dari laman Forbes, 60% pengguna TikTok adalah Gen Z, karena platform ini menyediakan ruang ekspresi. Setiap orang adalah sebuah “misteri” di TikTok, membuat kita lebih mudah untuk membuat identitas baru untuk diri sendiri.

Penggunaan TikTok juga membuat kreativitas kita berkembang, sebagaimana yang ditunjukkan melalui dance yang viral, promosi usaha kecil, dan berbagai konten menarik lainnya.

Kemudian scrolling TikTok juga menawarkan “kejutan” yang membuat kita semakin adiktif. Setiap kali kita scrolling, kita tidak tahu apa yang akan muncul berikutnya. Ini membuat perasaan antisipasi dan keingintahuan yang membuat kita terus ingin melihat lebih banyak.

Aplikasi ini juga menggunakan algoritma canggih yang mempelajari preferensi kita dan menyesuaikan konten yang ditampilkan. Ini berarti setiap video yang muncul di TikTok adalah potensi pembukaan pintu ke dunia baru yang menarik, membuat kita terus terpikat dan ingin tahu apa yang akan datang selanjutnya.

Apa Saja Sih Dampak Scroll Tiktok Berjam-jam?

Meskipun scroll TikTok menyenangkan dan menghibur, ada beberapa dampak negatif yang perlu kamu perhatikan apabila telah kecanduan.

Kecanduan bisa dikaitkan dengan fenomena infinite scrolling. Infinite scrolling adalah teknik desain yang membuat pengguna melakukan scrolling, sehingga ketika kecanduan, kita tidak bisa berhenti untuk scrolling.

Memangnya, apa saja dampak negatif dari TikTok? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah berbagai akibat kecanduan scroll TikTok.

  1. Berdampak Pada Struktur Otak

Blausen 0115 BrainStructures

Dilansir dari laman 9&10 News, seorang psikologis klinis bernama M. Teri Daunter mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan memiliki dampak pada struktur otak. `

Penelitian kecil menunjukkan kecanduan narkoba dan penggunaan media sosial yang berlebihan memiliki dampak serupa pada otak.

Keduanya memicu pelepasan dopamin tingkat tinggi, yang menyebabkan emosi “high” sementara, membuat pengguna merasa sedih setelah mereka berhenti menggunakan platform tersebut.

Daunter juga menjelaskan bahwa kecanduan teknologi menggunakan jalur saraf yang sama dengan kecanduan lainnya. Mereka dapat menimbulkan rasa impulsif pada diri seseorang yang sulit ditolak.

  1. Berdampak Pada Kesehatan Mental

img bhzc2ZW

Scroll TikTok juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental kamu lho. Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial dapat menyebabkan perasaan tidak kuat atau rendah diri karena kamu sering kali membandingkan diri kamu dengan orang lain yang mungkin terlihat lebih sukses atau bahagia di platform tersebut.

Dampak TikTok bagi kesehatan mental lainnya adalah, TikTok mungkin saja menampilkan konten yang mungkin akan menampilkan konten negatif atau berbahaya yang menyebabkan kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Berdampak Pada Psikologi

memanfaatkan konsultasi psikologi untuk meningkatkan kesehatan mental

Dilansir dari laman Psychology of Everything ada beberapa efek psikologis yang dirasakan apabila seseorang kecanduan scroll TikTok, seperti penurunan kognitif.

Penggunaan TikTok berlebihan dapat mengurangi kemampuan otak untuk bisa fokus yang lebih lama. Ini karena pengguna terbiasa menonton video pendek berdurasi 15-60 detik, sehingga kesulitan untuk menonton video berdurasi panjang.

Tak hanya itu, mereka yang kecanduan TikTok juga akan mengalami kekurangan interaksi sosial dalam dunia nyata, yang bahwasannya penting untuk kesejahteraan emosional dan mental.

Bahkan yang lebih parah lagi, dampak scroll TikTok dapat meninggalkan tanggung jawab, meskipun ada banyak pekerjaan yang menanti. Jika pekerjaan ditunda-tunda, justru hal ini dapat memperburuk keadaan, sehingga rentan mengalami stres dan kecemasan.

  1. Berdampak Pada Masyarakat

5 ciri ciri masyarakat modern dan penjelasannya perlu diketahui

Tidak hanya berdampak pada diri sendiri, namun juga bisa berdampak pada masyarakat dengan konten-konten yang toksik. Meski banyak juga informasi bermanfaat di sana, namun konten toksik mungkin saja lewat dalam beranda akun kamu, yang akhirnya membuat kamu kepo dengan konten tersebut.

Platform ini seringkali mempromosikan toxic masculinity, stereotip gender hingga menyebarkan ujaran kebencian hingga informasi yang tidak valid. Tak hanya itu, bisa juga digunakan untuk mengorganisir protes dan demonstrasi politik, yang akhirnya berujung pada kerusuhan.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.