Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kamu Harus Tau 7 Ciri Ginjal Yang Tidak Sehat

ilustrasi ginjal 1 169

Madingmu.com – Salah satu organ tubuh yang sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia adalah ginjal. Ginjal memiliki fungsi utama yaitu menyaring senyawa racun dari darah.

Mengingat pentingnya peran ginjal bagi tubuh manusia, maka sudah seharusnya kamu menjaga kesehatan ginjal dengan sangat baik. Karena jika ginjal yang bermasalah tentu saja akan menimbulkan dampak yang serius bagi tubuh.

Beberapa ciri-ciri ginjal yang tidak sehat ini perlu kamu kenali. Dilansir dari laman detikHealth, berikut ini ciri-cirinya:

  1. Sering Buang Air Kecil

image 1 1

Selalu merasa ingin buang air kecil, terutama di malam hari, ialah merupakan salah satu ciri-ciri ginjal tidak sehat atau penyakit ginjal. Filter ginjal yang rusak bisa menyebabkan keinginan untuk buang air kecil lebih sering.

Kemudian gejala tersebut juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

  1. Kencing Darah atau Berbusa

ilustrasi begini tiga penyebab air kencing kamu berbusa n ec8o

Kencing yang berbusa juga termasuk ke dalam ciri ginjal yang tidak sehat. Adanya gelembung yang berlebihan dalam urine menandakan terdapatnya protein dalam urine.

Selain itu, kencing yang berwarna kecoklatan atau kuning pucat juga termasuk dalam ciri ginjal yang tidak sehat. Ginjal yang rusak dapat membuat darah bocor ke kandung kemih. Hal inilah yang membuat urine menjadi berwarna lebih kemerahan.

  1. Kulit Kering dan Gatal

5d53d1692e63d

Ginjal sangat berperan penting bagi tubuh. Termasuk menghilangkan limbah dan cairan ekstra, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat, dan menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Adanya gejala kulit yang kering dan gatal bisa jadi termasuk penyakit mineral dan tulang. Kondisi ini sering terjadi pada penyakit ginjal stadium lanjut. Hal ini terjadi ketika ginjal tak mampu lagi menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

  1. Cepat Lelah

kenali 5 penyebab badan cepat lelah dan mudah mengantuk scaled

Penurunan fungsi ginjal juga dapat dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran didalam darah. Hal ini bisa menyebabkan tubuh akan merasa lelah, lemas, serta sulit dalam berkonsentrasi.

Anemia juga merupakan komplikasi lain dari penyakit ginjal. Ketika kondisi sudah parah, penderita akan merasa tidak bertenaga hingga dapat mengganggu pekerjaan yang ringan sekalipun.

  1. Sulit Tidur

begini 5 cara mengatasi susah tidur tanpa obat obatan halodoc

Ketika ginjal tidak lagi dapat menyaring dengan baik, maka racun tetap berada di dalam darah dan tidak akan keluar dari tubuh melalui urine. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur.

  1. Tidak Nafsu Makan

637b4c0d2eaa6

Tingginya kadar toksin akhirnya membuat nafsu makan akan menurun. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan, karena dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis dan meningkatkan risiko terkena penyakit lainnya.

  1. Kaki Bengkak

image 1

Penumpukan natrium dan mineral karena kerusakan ginjal dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki dan tulang kering. kondisi tersebut disebut sebagai edema. Selain kaki, gejala lain yang mungkin terjadi adalah bengkak di sekitar mata.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.