Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Bedakan Madu Asli dan Campuran

Foto by Liputan6 com

Madingmu.com – Madu adalah zat manis yang dihasilkan oleh lebah madu. Di pasaran, banyak sekali ditemukan madu asli dan juga madu campuran (madu sintetis).

Istilah madu campuran yaitu sejumlah madu asli yang telah dicampur dengan beragam gula dan sirup. Madu palsu/campuran tentunya tidak akan memberikan manfaat kesehatan seperti madu asli.

Oleh karena itu, kenali perbedaan madu asli dan campuran dengan tes kemurnian madu yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Mengetahui Madu Asli dan Campuran

Berikut adalah beberapa cara untuk menguji kemurnian madu:

  1. Lihat Warnanya

004147600 1572340604 6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Anda By Julija Miova Shutterstock 539271196

Staf Big Bee Farm, Bangkok, Thailand, Mery pernah mengungkapkan cara mengetahui madu asli dan campuran adalah dengan melihat warnanya. Warna madu asli adalah gelap, yakni hitam gelap.

“Madu yang asli itu warnanya hitam gelap. Semua madu akan menjadi hitam, jadi nggak usah capek-capek cari madu hitam,” ucapnya.

  1. Mengocok Madu

WhatsApp Image 2023 12 17 at 090631 1675e8de 1088060689

Mengetahui apakah madu itu murni atau tidak, kamu bisa melakukan dengan cara mengocoknya. Jika dikocok, madu asli akan muncul gelembung udara tipis atau buih di atasnya.

Hal ini menandakan madu tersebut bagus, tak ada zat kimianya. Sementara, jika madu menggumpal dan tidak bisa dikocok, artinya itu madu campuran.

  1. Menyendok dan Menjatuhkan Madu

2508433096

Cobalah untuk menyendok madu dan jatuhkan dari atas ke dalam air. Jika dijatuhkan, madu yang asli tidak putus.

“Bila madu itu dijatuhkan dari atas di dalam gelas berisi air, madu itu akan membentuk spiral hingga ke bawah gelas,” ungkap Mery.

Selain membentuk spiral, madu itu juga akan jatuh mengendap ke bawah dan tidak bercampur dengan air.

  1. Tes Mengayak dengan Air

Coba taruh madu di piring, kemudian dikasih air dan diayak.

“Jika diayak, madu yang asli tidak akan bercampur dan akan membentuk pola sarang lebah segi enam di dasar piring,” terang Mery.

  1. Tes Noda

keaslian madu 1 1jpg 20230828110507

Dilansir dari Redcliffe Labs, tes noda dilakukan untuk menilai kemampuan mengalirnya madu. Caranya ialah dengan menuangkan beberapa tetes madu ke atas kain/kertas isap.

Jika madu mengalir melalui kertas isap tanpa membasahinya, maka itu madu adalah murni. Sedangkan, jika madu terserap/membasahi kertas isap maka dianggap madu palsu.

Namun jika kepadatan bahan pemalsuan sama dengan madu, maka pengujian tersebut bisa memberikan hasil yang salah.

  1. Perbedaan Rasa

madu copy ratio 16x9 1

Madu murni rasanya akan berbeda dengan madu campuran. Madu murni punya rasa yang kompleks, dengan aroma bunga.

Biasanya, rasa madu akan bertahan lebih lama dibandingkan rasa manisnya. Jika madu dimasukkan sedikit ke dalam mulut, rasa dan manisnya akan larut bersama madu itu sendiri.

Sementara, madu campuran hanya memiliki sedikit rasa kompleks. Rasa manisnya akan bertahan lama di mulut setelah dilarutkan, dan akan meninggalkan rasa manis setelahnya.

  1. Tes Cuka

manfaat madu

dilansir dari laman New Zealand Honey Co, cara membedakan madu asli dan palsu selanjutnya dengan mencampurkan cuka. Campurkan 2-3 tetes cuka ke dalam sedikit madu, jika hasilnya berbusa maka kemungkinan itu adalah madu campuran.

  1. Memanaskan Madu (Tes Api)

hipwee maxresdefault 4 4 640x360 1

Tes api akan mendeteksi keberadaan air dalam madu. Caranya dengan mencelupkan kapas ke madu, lalu nyalakan korek api untuk membakarnya.

Jika madu murni, batang korek api itu akan mudah terbakar. Jika madu campuran, maka akan sulit untuk menyalakan korek api tersebut.

Namun, tes api ini bisa memberikan hasil yang salah, jika madu dipalsukan oleh campuran kental yang mengandung kadar air yang sedikit.

Ciri-ciri Madu Asli

Secara umum, ciri-ciri madu asli sebagai berikut:

  • Rasa manisnya alami.
  • Teksturnya kental, lembut, dan tidak terbagi menjadi lapisan-lapisan.
  • Bisa mengkristal dalam beberapa waktu.

Dilansir dari laman Simply Honey, ciri madu asli juga mengandung bintik-bintik serbuk sari, royal jelly, propolis, dan partikel kecil lilin yang tersuspensi pada cairan madu kental.

Madu paling murni adalah madu yang belum diolah atau dipasteurisasi (pada dasarnya adalah madu mentah). Madu ini diambil langsung dari sarang lebahnya, sehingga kemungkinan besar mengandung butiran serbuk sari, lilin, dan propolis.

Madu murni tersebut tidak dipalsukan dengan penambahan bahan/zat lain, maupun penghilangan komponen yang bermanfaat bagi manusia.

Ciri-ciri Madu Palsu

Adapun ciri-ciri madu palsu (campuran) sebagai berikut:

  • Tekstur encer dan lengket.
  • Tidak mengkristal.
  • Mudah larut dalam air.
  • Rasanya cenderung terlalu manis, karena diberi tambahan gula.

Tips Membeli Produk Madu

Madu campuran mengacu pada produk mirip madu yang telah dimodifikasi dengan tambahan gula, bahan pengisi, atau pewarna.

Kenyataannya, beberapa produk madu juga mungkin tidak mengandung madu lebah sama sekali. Melainkan hanya dibuat dari campuran sirup glukosa, sirup jagung, larutan gula invert (dari gula rafinasi), tebu, atau bit.

Campuran madu asli bersertifikat dan sirup rasa madu kerap disajikan berdampingan di rak supermarket. Jika kamu berada di supermarket, ada beberapa tips untuk mengetahui kualitas dan kemurnian produk madu dikutip dari laman Just Bee Honey:

  • Periksa label di botolnya untuk mengetahui rasa dan bahan tambahan pada produk madu tersebut.
  • Ketahui standar madu yang ditetapkan oleh organisasi pengelola.
  • Jika memungkinkan, usahakan cicipi madunya sebelum membelinya.
  • Jika sudah terlanjur membeli madu, lakukanlah tes rumahan sederhana yang disebutkan di atas untuk memeriksa apakah madu tersebut 100% asli atau tidak.
  • Biasanya, harga produk madu asli akan lebih mahal daripada madu campuran.

itulah beberapa cara membedakan madu asli dan campuran. Madu yang asli adalah madu murni yang dibuat oleh lebah tanpa campuran (pada dasarnya sama – 100% madu), bukan buatan pabrik.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.