Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Jenis dan Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan

woman putting headphones head

Madingmu.com – Siapa nih yang ngga bisa lepas dari yang namanya musik? Apalagi di zaman yang canggih dan serba mudah ini. Bahkan mungkin musik sudah dianggap menjadi bagian dari kebutuhan hidup seseorang. Mendengarkan musik bisa dilakukan sambil memasak, sambil makan, hakan sambil mencuci piringpun sangat bisa dilakukan. Tidak hanya berperan sebagai hiburan, musik juga bisa menjadi media pengobatan loh. Yuk kenalan sama terapi musik!

Dikutip dari halodoc.com, terapi musik adalah pendekatan terapeutik yang menggunakan sifat-sifat musik yang mengangkat suasana hati secara alami untuk membantu orang meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga: Genre Musik Apa Ya Yang Cocok untuk Belajar?

Apa Saja Jenis-Jenis Terapi Musik?

  1. Terapi musik analitik: Terapi musik analitik dilakukan lewat nyanyian atau alat musik untuk mengekspresikan pikiran bawah sadar pasien.
  2. Terapi musik perilaku kognitif: Terapi ini menggabungkan terapi perilaku kognitif dengan musik. Di sini musik berperan untuk menjaga emosional pasien.
  3. Terapi musik Nordoff-Robbins: Terapi musik yang satu ini biasa disebut terapi musik kreatif yang melibatkan permainan instrumen, alat musik yang biasanya digunakan adalah drum. Kemudian terapis akan mengiringi pasien dengan instrumen lain. Proses improvisasi menggunakan musik ini merupakan cara untuk membantu mengekspresikan diri.
  4. Terapi musik komunitas: Terapi yang berfokus pada cara musik memfasilitasi perubahan dalam komunitas ini dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan keaktifan yang tinggi dari tiap anggotanya.

Apa Saja Manfaat Terapi Musik?

  1. Meningkatkan kualitas tidur
  2. Menurunkan darah rendah dan kadar kolesterol
  3. Mengurangi mood swing
  4. Menurunkan resiko penyakit stroke
  5. Membantu mengelola stress

Apa Saja Tujuan Terapi Musik?

  1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
  2. Meningkatkan kemampuan kognitif
  3. Meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosi
  4. Meningkatkan keterampilan sensorik, fisik, dan komunikasi.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Audio Recorder dan Editing untuk Konten Video atau Podcast

Bagaimana Perkembangan Terapi Musik di Indonesia?

Beberapa institusi di Indonesia udah mulai menjalankan terapi musik nih. Tapi sayangnya terapi musik di Indonesia masih belum terintegrasi dengan terapi medis, hal ini menyebabkan pihak pasien dan keluargalah yang harus berinisiatif untuk melakukan terapi musik.Oh iya, terapi musik ini bisa dilakukan oleh pasien dari segala usia dengan berbagai kondisi fisik, psikologis, dan sosial loh. Jadi buat kamu yang mau nyoba terapi musik, tenang aja, bukan cuma orang yang punya diagnosis dokter atau psikolog kok yang bisa terapi musik. Karena terapi musik juga bisa meredakan stress dan meningkatkan ketenangan. Tapi kamu tetep harus ngobrol sama dokter terlebih dahulu ya!

Follow Juga: Instagram madingmu

Sumber: http://halodoc.comhttp://yankes.kemkes.go.id

Penulis: Neisya Amalia Putri

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.