Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Jangan Sampai Terjebak! 6 Kesalahan Fatal yang Bisa Membuat Gagal Masuk PTN Tahun 2024

20230821085306 fpdl.in portrait young businesswoman wearing suit isolated white background 466494 153 large
Sumber: freepik/1112000

Madingmu.com – Persiapan khusus terus dilakukan bagi siswa kelas 12 untuk memilih perguruan tinggi terbaik di tahun ajaran 2024/2025. Terutama masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang persaingannya sangat ketat dengan ribuan siswa se-Indonesia. Ada tiga jalur masuk PTN, yakni: SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. Beberapa faktor penyebab seseorang gagal masuk PTN yang perlu Kamu ketahui sebagai calon mahasiswa.

Kegagalan Masuk PTN 2024

1. Menghindari kesalahan dari kurang aktif mencari informasi dapat mengakibatkan kegagalan masuk PTN. Anak muda dapat dengan mudah mencari informasi via smartphone. Penting untuk mengetahui syarat dan jalur masuk PTN, serta merencanakan pendaftaran dengan baik.
2. Salah satu alasan kegagalan masuk PTN adalah menyepelekan waktu belajar. Jalur UTBK SNBT tahun ajaran 2024/2025, penting untuk tidak menunda waktu belajar. Persiapan yang matang memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga mulailah belajar sejak sekarang.
3. Jalur masuk PTN melalui SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi. Jalur UTBK SNBT dan jalur mandiri tetap mengharuskan mengikuti ujian. Saat di kelas 12, penting untuk banyak berlatih soal agar terlatih dalam berpikir dan memahami konsep soal. Latihan bisa dimulai dengan try out dan soal-soal yang lebih kompleks.
4. Rajin belajar adalah persiapan penting masuk PTN, tetapi pola belajar yang salah bisa membuat usaha menjadi sia-sia. Pahami konsep dalam soal sebelum mengerjakannya, hindari mengerjakan hanya demi menyelesaikan. Pemahaman konsep juga penting dalam soal logika, agar tidak terjebak dalam kesalahpahaman.
5. Kegagalan masuk PTN bisa disebabkan oleh strategi yang buruk. Penting untuk memahami strategi yang tepat, seperti pola belajar dan memilih PTN target.
6. Jangan menyia-nyiakan waktu di SMA/SMK. Manfaatkan waktu untuk beraktivitas positif seperti mengikuti lomba sesuai minatmu. Banyak PTN memiliki jalur penerimaan non-akademik juga.

Penting bagi calon mahasiswa untuk merencanakan langkah-langkah ke depan dengan bijaksana agar berhasil masuk ke PTN yang diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.