Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

Intip Bagaimana Pendidikan di 6 Universitas Terbaik di Korea Selatan

pexels yan krukau 8199169
Photo by Yan Krukau: https://www.pexels.com

Madingmu.com – Ketika kamu menyebut negara Korea Selatan, yang terpikir oleh sebagian besar anak muda adalah K-POP dan K-drama. Tahukah kamu, negara Asia yang sangat maju ini tidak hanya unggul dalam industri hiburan.

Korea Selatan juga menjadi yang terdepan dalam bidang pendidikan. Hal ini terlihat dari banyaknya universitas terbaik di Korea Selatan yang masuk dalam 100 besar peringkat universitas dunia versi QS World University Ranking.

Penasaran bagaimana pendidikan di universitas-universitas terbaik di Korea Selatan? Yuk, intip profil 6 universitas di Korea berikut ini.

1. Universitas Nasional Seoul

Seoul National University (SNU) merupakan salah satu universitas negeri paling bergengsi di Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1946, jumlah mahasiswa di SNU saat ini telah mencapai 28.000 orang. Lima belas fakultas menawarkan 85 jurusan tingkat sarjana di SNU. Sementara itu, terdapat 106 program master dan 107 program doktoral.

SNU juga memiliki 12 sekolah program profesional yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang inovatif dan mampu menghadapi tantangan zaman. SNU memiliki empat kampus di Seoul dan di luar Seoul. Kehidupan mahasiswa di kampus terbaik di Korea ini sangat fleksibel. Baik mahasiswa maupun dosen dapat tinggal, bekerja, dan bersosialisasi sesuai dengan keinginan mereka.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST merupakan institut pertama di Korea Selatan yang fokus pada penelitian sains dan teknologi. Meskipun baru berdiri pada tahun 1971, KAIST telah berkembang pesat dan membuktikan diri sebagai universitas yang berkualitas dengan menduduki peringkat ke-42 dunia, menurut QS World University 2023.

Sesuai dengan namanya, institusi ini memfokuskan pendidikannya pada ilmu pengetahuan alam, teknik, dan teknologi. Jadi tidak mengherankan jika kegiatan ekstrakurikuler di kampus ini tidak menjadi prioritas. Meski begitu, KAIST tetap memiliki kegiatan klub dan komunitas serta terus mengadakan acara-acara budaya dan seni.

3. Universitas Sungkyunkwan (SKKU)

Universitas Sungkyunkwan adalah universitas terbaik di Korea Selatan, dengan sejarah lebih dari enam abad. Sejak didirikan sebagai Akademi Konfusius Kerajaan selama Dinasti Joseon, Sungkyunkwan telah menunjukkan kepemimpinan akademis yang solid.

Sebagai universitas kuno, Sungkyunkwan telah menghasilkan banyak lulusan yang telah membentuk sejarah dan budaya Korea. SKKU memiliki prinsip untuk mendidik para mahasiswanya agar dapat mengembangkan diri dan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat secara terus menerus.

4. Universitas Korea

Salah satu universitas terbaik di Korea Selatan, Korea University adalah universitas pertama yang didanai dan dikelola sepenuhnya oleh orang Korea. Didirikan pada tahun 1905 oleh Lee Young-Ik, Bendahara Keluarga Kerajaan, yang memiliki ide dan visi untuk memakmurkan bangsa Korea melalui pendidikan generasi muda.

Jurusan hukum, kedokteran, teknik, dan bisnis di sini adalah yang paling bergengsi. Korea University juga memiliki rumah sakit pendidikan yang menyediakan layanan pasien terbaik dan merupakan fasilitas pembelajaran praktis bagi para mahasiswa.

Kampus ini terletak di pusat kota Seoul, dengan arsitektur bergaya Eropa. Para mahasiswa belajar di ruang kelas yang modern dan nyaman dengan teknologi terkini. Para pengajarnya juga berkualitas tinggi, sebagian besar telah meraih gelar doktor di bidangnya.

5. Universitas Yonsei

Universitas Yonsei didirikan pada tahun 1885 sebagai institusi pendidikan Barat pertama di Korea. Terletak di jantung kota Seoul, Universitas Yonsei adalah salah satu universitas terbaik di Korea. Universitas ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin dengan semangat kebenaran dan kebebasan untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Universitas Yonsei secara signifikan berkontribusi pada semua bidang utama penelitian akademis, seperti kedokteran, biokimia, kesehatan, teknik, ilmu saraf, dan ilmu sosial.

6. Universitas Sains dan Teknologi Pohang (POSTECH)

Pohang University merupakan universitas yang berfokus pada bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Dengan kampus seluas 1,6 juta m2 di Kota Pohang, POSTECH telah aktif sejak tahun 1986, memimpin transisi Korea ke era pasca-industri.

Sejak tahun 2010, perkuliahan di POSTECH menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mata kuliah utamanya. POSTECH juga telah menerapkan Kurikulum Pendidikan Umum Berbasis Aktivitas sejak tahun 2011. Melalui program pendidikan ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kapasitas diri, termasuk kepemimpinan, kepribadian, dan kreativitas.

Banyak hal menarik yang bisa digali dari universitas terbaik di Korea ini. Bagaimana dengan kamu? Adakah yang membuat kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Korea Selatan?

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.