Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ini Dia 5 Makanan Sehat & Murah yang Baik untuk Kesehatan Jantung

35

Madingmu.com – Makanan sehat tidak harus mahal. Apalagi untuk menjaga kesehatan organ-organ vital seperti jantung. Makanan yang tidak dijaga bisa berakibat fatal bagi kesehatannya. Misalnya terlalu banyak makan gorengan.

Di sisi lain, ada banyak makanan yang disarankan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan jantung. Dari sederet makanan seperti ikan salmon dan tuna yang kaya omega 3, olive oil untuk menggoreng, hingga kacang almond dan walnuts, ada pilihan makanan baik untuk jantung dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan di pasar tradisional sekalipun. Dilansir dari WebMD berikut Ini dia daftar makanan yang sehat dan murah yang baik untuk Kesehatan jantung.

1.Edamame

Kedelai muda atau edamame akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Rutin makan edamame satu cup sehari juga mengandung 8 gram serat yang baik untuk jantung lho! Memasaknya pun mudah, hanya dengan merebus atau mengukusnya, lalu bisa dijadikan camilan.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mudah ditemukan baik di supermarket maupun pasar tradisional dengan harga sangat terjangkau per ikatnya. Lebih menguntungkan lagi, sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral, serta tinggi nitrat yang baik untuk membuka pembuluh darah sehingga oksigen dalam darah dengan lancar sampai ke jantung. Sayuran hijau ini di antaranya bayam, lettuce, bok choy, dan masih banyak lagi.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar tidak hanya mengenyangkan, tapi juga lezat disantap hanya dengan dikukus. Ubi juga rendah indeks glikemik sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Selain itu, kandungan lain seperti vitamin A, serat, dan likopen yang membantu kurangi risiko penyakit kardiovaskular juga terdapat dalam ubi.

4. Jeruk

Jeruk sama nikmat disantap baik secara langsung maupun dibuat jus. Jeruk juga mengandung banyak nutrisi, seperti tinggi vitamin C, potassium, serta serat pektin yang bantu menurunkan kolesterol tinggi. Sebuah studi juga menunjukkan konsumsi 2 cup jus jeruk tiap hari mampu menurunkan tekanan darah diastolik pasien overweight.

5. Tofu atau Tahu

Meski berbeda dari segi kandungan air, tekstur, dan proses pembuatan, tofu dan tahu terbuat dari kedelai fermentasi yang tinggi protein, berserat, dan mengandung mineral. Selain harganya yang terjangkau, tofu bisa diolah menjadi beragam makanan tanpa harus melibatkan minyak. Menjadi campuran sup, misalnya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.