Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

Hari Pertama, Pendaftar Tahap 1 PPDB Jabar Tembus 57.859 Orang

attachment 1686052128965

madingmu.com – Sebanyak 57.859 calon peserta didik baru telah mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat (Jabar) tahun 2023 tahap 1.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Wahyu Mijaya, mengungkapkan data tersebut usai meninjau pelayanan PPDB di SMAN 1 Bandung, Selasa (6/6/2023).

“Sampai siang ini pendaftar sudah mencapai 57.859 orang, dan jumlah tersebut akan terus bertambah,” katanya.

Kadisdik menjelaskan bahwa hari pertama pelayanan sistem PPDB relatif lancar. “Dari segi sistem alhamdulillah lancar. Meski ada sedikit kendala, namun bisa langsung ditangani. Jadi, sistem tetap lancar dan tidak menjadi kendala dalam pendaftaran,” katanya.

Meski pendaftaran dilakukan secara online, kata Kadisdik, satuan pendidikan tetap memberikan pelayanan bagi calon pendaftar yang mengalami kendala. Mulai dari kesulitan sinyal, keterbatasan gawai, atau membutuhkan informasi PPDB.

“Saya juga berkomunikasi dengan orang tua calon peserta didik, alhamdulillah mereka terbantu dengan pelayanan dan informasi di sekolah,” katanya.

Snapinsta.app 351716534 631026658658496 7395029121591670189 n 1080 1065x570 1
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pada tahap 1 di Jawa Barat (Jabar) tembus mencapai 57.859 calon peserta didik. (Foto: Instagram @disdikjabar)

Secara khusus, Kadisdik mengapresiasi layanan PPDB di SMAN 1 Bandung. Selain penyediaan informasi yang sudah dikuasai panitia, penyediaan sarana prasarana pun dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Bahkan pada tahap pendaftaran, SMAN 1 Bandung mengadopsi sistem antrian layaknya di bank agar lebih tertib.

“Jadi, model antrian A, B, dan C disesuaikan dengan jalur pendaftaran. Misalnya, antrian A adalah jalur afirmasi, B jalur perpindahan, dan C jalur prestasi. Seperti di bank, alhamdulillah pelayanannya bagus,” katanya.

Namun, tambahnya, dalam sampel yang diambil, lebih banyak pendaftar yang melakukan pendaftaran secara online dari rumah daripada dipandu oleh operator sekolah.

Kadisdik juga berharap pendaftaran PPDB dapat berjalan lancar hingga hari terakhir pendaftaran.

Sementara itu, Tuti Kurniawati, Kepala SMAN 1 Bandung, mengatakan bahwa selain untuk melayani, pelayanan di sekolah juga bertujuan untuk mensosialisasikan informasi PPDB kepada masyarakat.

“Jadi, ketika calon siswa masuk ke lingkungan sekolah, mereka sudah mendapatkan informasi, seperti tahapannya seperti apa, peraturannya, kuotanya, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.