Senin , 24 Juni 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Haji: Pengertian, Rukun, dan Keutamaannya

Orang Yang Diwajibkan Untuk Melaksanakan haji

Madingmu.com – Haji adalah rukun Islam kelima. Ibadah ini disyariatkan bagi umat Muslim yang mampu untuk melakukannya. Makna mampu yang dimaksud ialah ibadah haji menjadi fardhu bila setiap umat Muslim mampu dalam menunaikannya secara materi maupun fisik.

Berikut ini dalil dan hukum melakukan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu, syarat sah wajib haji, serta rukun haji.

Pengertian Haji

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, haji adalah rukun Islam kelima yang bersifat wajib bagi orang Islam yang mampu dengan berziarah ke Ka’bah di bulan Haji atau Dzulhijjah dan mengamalkan amalan haji seperti ihram, tawaf, sai dan wukuf di Padang Arafah.

Secara harfiah, kata haji diambil dari kata al-Hajj yang berarti menyengaja sesuatu. Dalam hal ini berarti menyengaja mengunjungi Ka’bah di Mekah.

Berdasarkan syaratnya, haji adalah mengunjungi Baitullah di Mekkah dengan sengaja untuk melakukan serangkaian ibadah dengan tata cara yang tertulis dalam syariat Islam.

Dalil dan Hukum Haji

Aturan hukum haji tertuang dalam surat Ali Imran ayat 97 yang memiliki arti sebagai berikut:

“Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imran : 97)

Sejalan dengan itu, Nabi Muhammad SAW turut memerintahkan umat Islam melakukan ibadah haji berdasarkan riwayat hadits, yaitu:

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma dia berkata: ”Rasulullah SAW bersabda: ”Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah SWT dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, haji (ke Baitullah) dan puasa di bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim).

Walaupun berat bagi sebagian orang, namun tak ada salahnya untuk melakukan daftar haji sedari dini. Apalagi, mendaftar haji secara reguler dapat dilakukan melalui tabungan haji sehingga lebih ringan.

Syarat Haji

Ibadah haji berbeda dengan ibadah wajib lainnya seperti salat, di mana salat wajib dilakukan 5 kali sehar. Sedangkan ibadah haji dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja yaitu di awal bulan Syawal hingga sebelum terbit fajar di malam tanggal 9 Zulhijah.

Kemudian rukun haji sendiri dilakukan mulai dari tanggal 10 – 13 Dzulhijjah setiap tahunnya.

Ibadah haji menjadi wajib bagi umat Islam bila memenuhi syarat haji wajib berikut ini, di antaranya:

  1. Beragama Islam dan memiliki akal sehat.
  2. Berkondisi sehat jasmani maupun Rohani.
  3. Telah baligh dan berusia dewasa.
  4. Telah merdeka dan bukan budak.
  5. Telah mampu dari segi materi dan fisik.

Rukun dan Wajib Haji

Terdapat 2 jenis rukun haji yaitu wajib haji dan rukun haji. Perbedaan dari kedua rukun tersebut adalah pengaruhnya terhadap sah atau tidaknya ibadah haji yang dilaksanakan.

Rukun haji ini wajib dilaksanakan selama melakukan ibadah haji. Artinya, ibadah menjadi tidak sah bila salah satunya tidak dikerjakan, termasuk tidak dapat diganti melalui pembayaran denda atau dam,. Berikut ini rangkaiannya:

  1. Ihram

Ihram merupakan istilah yang digunakan bagi pelaksana haji untuk memulai ibadah haji dengan cara mensucikan diri. Ibadah haji dimulai dengan melafalkan niat haji kemudian menggunakan pakaian putih khusus.

Pakaian putih untuk wanita dan pria dalam melaksanakan ibadah haji berbeda, yaitu:

Untuk pria pakaian ihramnya terdiri dari 2 kain putih yang digabungkan kemudian dililitkan dari pinggang hingga bawah lutut dan disampirkan di bahu kiri.

Untuk wanita, pakaian ihramnya merupakan pakaian biasa berwarna putih yang menutup aurat.

Ada larangan yang perlu kamu perhatikan saat melakukan ihram antara lain menggunakan parfum, mencukur rambut di bagian tubuh mana saja, memotong kuku, larangan menggunakan penutup kepala untuk jamaah pria dan menutup wajah serta tangan untuk jamaah wanita.

Para jamaah haji juga dilarang untuk menikah, melakukan hubungan suami istri, dan membunuh hewan selama ritual ibadah haji.

  1. Wukuf

Menurut riwayat dari Ibnu Majah, wukuf menjadi kegiatan ibadah yang wajib dilakukan. Nabi SAW bersabda,

“Haji itu (wukuf) di Arafah. Barang siapa yang datang sebelum sholat Subuh pada malam jamak (malam Muzdalifah), maka sungguh hajinya telah sempurna. Hari-hari di Mina ada tiga hari, barangsiapa yang menyegerakan pergi dalam dua hari, ma tidak ada dosa atasnya. Dan barang siapa yang ingin menangguhkan juga tidak ada dosa atasnya.” (HR Ibnu Majah).

Wukuf yaitu kegiatan beribadah dengan berdiam diri, di mana para jamaah berdiam diri, tidak memikirkan kehidupan duniawi sembari berdoa dan berzikir kepada Allah SWT.

Wukuf dilakukan sejak matahari bergeser dari tengah langit ke arah barat di hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah hingga terbit fajar di tanggal 10 Dzulhijjah.

  1. Tawaf

Dalam rukun haji, tawaf atau thawaf disebut juga Ifadhah. Tawaf adalah kegiatan ritual haji di mana para jamaah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali secara berlawanan arah dari jarum jam sambil berdoa.

Untuk jamaah pria, mengitari Ka’bah dengan langkah cepat untuk 3 putaran awal.

Sepanjang tawaf, jamaah dapat menyentuh atau mencium Hajar Aswad. Akan tetapi, bila tidak memungkinkan untuk menyentuh atau mencium, Anda cukup menunjukkan tangannya saja ke arah Hajar Aswad.

Pasca tawaf, jamaah langsung mendirikan salat 2 rakaat di makam Nabi Ibrahim.

Apabila situasinya tidak memungkinkan karena terlalu ramai, maka jamaah bisa melaksanakan salat tersebut di dalam masjid. Setelah itu meminum air zamzam yang berada di sekitar masjid.

  1. Sa’i

Rukun selanjutnya setelah melakukan tawaf adalah sa’i. Sa’i merupakan aktivitas berlari-lari kecil atau berjalan di antara Bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 putaran.

  1. Tahallul

Tahallul merupakan rukun haji untuk memotong rambut. Baik pria maupun wanita, seluruh jamaah wajib memotong rambutnya.

Pada pria, diwajibkan untuk mencukur rambut atau memendekkan dan merapikan rambutnya, lebih baik jika kamu menggundulkan kepala sekaligus.

Lain halnya dengan jamaah wanita yang hanya memotong rambut minimal 3 helai rambut. Kamu tidak bisa mengganti rukun ini dengan memotong kumis atau jenggot saja.

Tahallul bisa dilakukan saat tengah malam di hari raya kurban atau tanggal 10 Dzulhijjah saat para jamaah selesai melakukan lontar jumrah.

Pada rukun tahallul ini, jamaah sudah diperbolehkan melakukan seluruh larangan ibadah haji kecuali melakukan hubungan suami istri.

  1. Tertib

Rukun yang terakhir adalah tertib.

Para jamaah diwajibkan untuk tertib mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji secara berurutan dan tidak melewatkan atau menukar rukun satu dengan yang lainnya agar ibadah haji dinyatakan sah.

Keutamaan Haji

Haji memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Mendapatkan pahala yang besar: Rasulullah SAW bersabda, “Haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Dosa diampuni: Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang berhaji mabrur tidak ada dosa yang tersisa kecuali dosa-dosa yang baru saja dilakukannya.” (HR. Tirmidzi)
  3. Mendapat pahala seperti jihad: Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada sesuatu yang lebih baik pahalanya daripada jihad kecuali haji mabrur.” (HR. Tirmidzi)
  4. Menjadi tamu Allah SWT: Orang yang berhaji disebut sebagai tamu Allah SWT.
  5. Meningkatkan derajat ketakwaan: Ibadah haji dapat meningkatkan derajat ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT.
  6. Menyatukan umat Islam: Ibadah haji menyatukan umat Islam dari seluruh dunia dalam satu tujuan yang sama.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.