Rabu , 26 Juni 2024
HeadlineEditor's PickKilas PendidikanTerpopuler

Guru Teladan! Ujang Enoh Mulyadi Berhasil Budidayakan Anggrek Jenis Baru

343256228 537831535093756 8067495229721539893 n

Madingmu.com – Guru adalah sosok teladan yang setiap perkataan dan tindakannya menjadi contoh bagi anak didiknya. Seperti yang dilakukan oleh Ujang Enoh Mulyadi seorang  Guru di SMKN 4 Padalarang, dirinya berhasil mengembangkan tiga anggrek hibrida baru!

Ketiga anggrek hibrida baru tersebut sudah diakui secara internasional melalui Sertifikat Registasi Internasional yang dikeluarkan Royal Horticultura Society.

[smartslider3 slider=”12″]

Ketiga Anggrek tersebut diberi nama Luinopsis Kawaii, Luistylis Mojang Cantik Jelita, dan Phalaenopsis Sari Rohayati. Nama-nama tersebut mengandung banyak makna tersendiri, terutama nama anggrek Phalaenopsis Sari Rohayati yang diambil dari nama sang ibu, Sari Rohayati.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Beasiswa, Kamu Wajib Ikutan!

“Saya dedikasikan itu atas kasih sayang seorang ibu untuk anaknya. Ini mungkin enggak bisa menandingi kasih sayang ibu, tapi inilah persembahan saya untuk ibu,” ungkap Ujang saat ditemui di Kampus 2 SMKN 4 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (27/4/2023).

Selain untuk melestarikan anggrek yang hamper punah, tujuan penyilangan hibrida anggrek ini adalah untuk mengembangkan anggrek endemik Indonesia agar lebih beragam. Selain itu, memperbaiki karakteristik kedua indukan, meningkatkan adaptasi anggrek pada suhu suatu lingkungan hingga memperoleh varian anggrek hibrida baru.

Baca Juga : Info Beasiswa Kuliah D2/D3/S1/S2/S3 di Luar Negeri

“Mulai dari mencari bibit indukan anggrek, mengawinkannya hingga berbuah, disimpan di lab kultur jaringan selama 1 tahun hingga dipelihara di green house selama 4-5 tahun sampai berbunga,” tuturnya.

Kepala SMKN 4 Padalarang, Engkus Kusnadi menilai, prestasi yang ditorehkan oleh guru di sekolahnya tersebut bukti bahwa kompetensi keahlian agribisnis tanaman di sekolahnya adalah salah satu yang terbaik. Ia pun mengapresiasi penuh usaha yang dilakukan oleh Pak Ujang.

“Ini penghargaan luar biasa karena sudah diakui secara internasional. Diharapkan, guru kami, Pak Ujang jadi ikon pembudi daya tanaman anggrek hibrida di SMKN 4 Padalarang,” harapnya.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.