Rabu , 26 Juni 2024
HeadlineBeasiswaEditor's PickTerpopuler

8 Rekomendasi Beasiswa, Kamu Wajib Ikutan!

beasiswa

Madingmu.com – Bercita-cita untuk melajutkan Pendidikan setinggi-tingginya menjadi hal yang cukup berat diraih bagi sebagian calon mahasiswa. Selain persaingan yang kuat, biaya pendidikan yang mahal juga menjadi salah satu kendala calon mahasiswa. Keterbatasan tersebutlah yang mengakibatkan calon mahasiswa memilih kampus yang sesuai dengan kemampuan ekonomi.

Untuk membantu meraih cita-citamu sebetulnya banyak sekali beasiswa sarjana yang bisa kamu pilih. Madingmu share 8 beasiswa yang paling sering direkomendasikan ya. Simak!

1. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan beasiswa pertama yang bisa kamu ajukan. BCA sebagai salah satu bank swasta di Indonesia memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di jenjang Sarjana (S1) di semua jurusan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Beasiswa BCA Finance berlaku selama mahasiswa menempuh pendidikan selama delapan semester.

BCA menerapkan prosedur seleksi yang ketat bagi para pelamar untuk menentukan penerima beasiswa, guna memastikan bahwa beasiswa yang diberikan adalah beasiswa yang benar-benar dibutuhkan. Untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance, diperlukan IPK minimal 3.00 untuk perguruan tinggi negeri dan 3.40 untuk perguruan tinggi swasta.

Baca Juga : Tips Nggak Salah Pilih Beasiswa

2. Beasiswa Mandiri

Jenis beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi dan memiliki bakat akademik yang kuat sehingga mereka dapat belajar di perguruan tinggi terkemuka di program studi unggulan hingga lulus tepat waktu.

Beasiswa Bidikmisi diberikan kepada mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di perguruan tinggi. Beasiswa tersedia hingga 8 semester untuk S1 atau Diploma IV, 6 semester untuk D3, 4 semester untuk D2, dan 2 semester untuk D1. Selain itu, beasiswa juga tersedia untuk program profesi seperti dokter hingga empat semester, dokter gigi hingga empat semester, dokter hewan hingga empat semester, serta perawat dan apoteker hingga empat semester.

3. Beasiswa KIP

Program KIP-K atau Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah melalui Kemendikbudristek yang bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Salah satu tujuan diadakannya program KIP Kuliah ini yaitu meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi (PT) bagi mahasiswa WNI yang tidak mampu secara ekonomi.

Komponen pembiayaan yang disediakan oleh beasiswa KIP Kuliah sangatlah lengkap, mulai dari biaya pendidikan yang terdiri dari Sumbangan Pokok Pembangunan (SPP), Biaya Kuliah Pokok (BKP), Biaya Kuliah SKS, Biaya Pendaftaran Semester, Iuran Kegiatan Mahasiswa, Biaya Pengenalan Kampus, Biaya Seragam, Biaya Sidang/Ujian Akhir dan juga bantuan biaya hidup berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal pada masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

4. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), disediakan oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti. Tujuan diberikannya beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air.

Syarat untuk mendaftar beasiswa PPA ini adalah terdaftar sebagai mahasiswa PTN/PTS di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) dengan kriteria minimal semester II dan maksimal semester IV untuk program Diploma. Sedangkan untuk program Sarjana minimal semester II maksimal semester VI.

5. Beasiswa Sampoerna Foundation

Beasiswa Sampoerna Foundation dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia dibuktikan oleh Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan dokumen lainnya.

Program Beasiswa yang sudah berjalan sejak tahun 2001 ini mendanai biaya penuh pendidikan selama kuliah. Yang mana berarti peserta tidak perlu memikirkan uang kuliah, karena akan menjadi tanggung jawab pihak Sampoerna Foundation.

Peserta juga tidak perlu memikirkan biaya pendaftaran kuliah karena nantinya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara. Kemudian, untuk kebutuhan lain seperti buku dan penunjang perkuliahan lain, juga akan dibantu melalui beasiswa tersebut.

6. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa ini cukup populer di Indonesia di mana targetnya adalah mahasiswa dengan prestasi tinggi di Indonesia.  Dari beasiswa tersebut, dana yang bisa didapatkan selama satu tahun mencapai Rp750.000 setiap bulan. Ditambah lagi dengan berbagai macam pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill.

Baca Juga : Daftar Beasiswa Kuliah S1 2023 2024 Perguruan Tinggi Dalam Negeri

7. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Komponen pembiayaan yang ditawarkan oleh beasiswa Monbukagakusho ini meliputi biaya studi dan biaya hidup yang ditanggung oleh pihak penyelenggara tanpa melalui ikatan dinas.

Setiap tahunnya, beasiswa Monbukagakusho membuka pendaftaran dan seleksi bagi para peminat beasiswa oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan konsulatnya berkedudukan di Medan, Denpasar, Makassar, dan Surabaya.

Program yang ditawarkan kepada siswa Indonesiapun cukup beragam, diantaranya adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Baca Juga : Sejarah Hari Pendidikan Nasional

8. Cargill Global Scholars Program

Beasiswa Cargill Global Scholars Program adalah beasiswa yang disediakan oleh Cargill, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian khusus untuk mahasiswa S1. Cargill Global Scholars Program merupakan beasiswa yang unik karena tidak hanya menyediakan bantuan keuangan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk dapat mengembangkan potensi kepemimpinannya melalui kegiatan seminar, sesi pengembangan jaringan profesi dan kegiatan pendampingan selama masa pemberian beasiswa.

Penerima beasiswa nantinya akan menerima dana beasiswa selama 2 tahun untuk membantu mengurangi beban biaya kuliah dan menerima pengarahan dan bimbingan akademik dari para pemimpin selama masa beasiswa berjalan.

Diantara 8 beasiswa diatas mana nih incaran kamu? Keterbatasan ekonomi bukan berarti bisa membatasi kamu untuk berkuliah di kampus impianmu ya! Kamu bisa mencoba beasiswa diatas untuk membatu prosesnya.  Selamat mencoba guys!

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.