Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Fresh Graduate Wajib Simak! Ini 3 Tips Kelola Gaji Agar Tak Hanya Numpang Lewat

kelola gaji

Madingmu.com Lulusan baru yang baru saja memasuki dunia kerja, sering kali tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menginvestasikan uang mereka dengan bijak. Beberapa dari mereka terjebak dalam konsumerisme, yang menyebabkan gaji mereka hanya ditabung dan ditarik lagi dari rekening mereka.

Kenny Roz, dosen manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melihat hal ini dan berpendapat bahwa anak muda mengalami masalah ini karena mereka mengabaikan penganggaran.

“Banyak dari mereka yang beralasan bahwa kewajiban sehari-hari membuat mereka terlalu sibuk. Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa penganggaran tidak memiliki dampak apa-apa. Padahal, ini adalah langkah yang berguna untuk memetakan uang yang diperoleh. individu mana yang bisa

Melacak uang yang masuk dan keluar

disimpan dan mana yang harus dibelanjakan, demikian dikutip dari situs UMM.
Kenny menyarankan para lulusan baru untuk membuat rencana anggaran sebagai alat yang ampuh untuk mengelola uang. Dia mengklaim bahwa banyak lulusan baru yang hanya menggunakan intuisi atau perkiraan secara umum daripada mendalami pengeluaran mereka.

“Siapa pun, terutama yang masih muda, harus mulai dengan melacak setiap dolar yang masuk dan keluar, lalu mengklasifikasikannya dengan benar. Proses ini dapat membantu dalam menentukan apakah biaya-biaya tersebut berlebihan, lanjut penulis.

Mengurangi Gengsi

Kaum muda saat ini menganggap gaya hidup sebagai kebutuhan yang sama pentingnya dengan kebutuhan dasar lainnya. Kenny menegaskan bahwa mahasiswa baru harus dapat memilah dan memilih lingkungan sosial yang sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

Ia merekomendasikan para lulusan baru untuk memikirkan konsekuensi keuangan jangka panjang daripada menampilkan gaya hidup mereka demi teman-teman sebaya atau lingkungan media sosial.

Agar mereka tidak perlu membeli barang-barang yang berada di luar jangkauan harga mereka, mahasiswa baru harus mulai menurunkan reputasi mereka.

Memperoleh literasi keuangan

Kenny sangat menekankan pentingnya literasi keuangan bagi generasi berikutnya. Ia berpendapat bahwa generasi muda perlu secara aktif mempelajari teknik-teknik manajemen keuangan yang baik.

“Sayangnya, banyak anak muda saat ini belajar dengan melakukan kesalahan. Oleh karena itu, kehilangan dan kehilangan banyak uang dari pendapatan bukanlah hal yang aneh bagi mereka, katanya.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.