Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineInfo LokerSerba SerbiTerpopuler

Fresh Graduate Harus Kuasai Keterampilan Ini! Agar Tidak Tergantikan AI

headhunters interviewing female job candidate

Madingmu.com – Selepas kelulusan, fresh graduate akan terjun ke dunia industri yang tengah mengarah ke digitalisasi. Oleh karena itu, mengandalkan IPK saja tidak cukup.

Untuk dapat bersaing di dunia profesional, fresh graduate diwajibkan menguasai soft skill maupun hard skill. Soft skill adalah jenis keterampilan yang merujuk ke dalam diri seseorang ataupun pribadinya. Sedangkan hard skill adalah jenis keterampilan atau kemampuan yang dapat dipelajari, dievaluasi, serta diukur.

Terlebih dengan masifnya pengembangan artificial intelligence (AI), kedua tipe keterampilan di atas sangat penting untuk dikuasai. Kamu tidak ingin tergantikan oleh AI? tujuh keterampilan yang harus dikuasai oleh fresh graduate menurut Binus University.

7 Keterampilan yang Harus Dikuasai Fresh Graduate

Komunikasi

Komunikasi berperan sangat penting dalam kerja sama tim. Saat menghadapi sebuah masalah, komunikasi yang baik akan memudahkan dalam mencari sebuah solusi. Selain dapat membantu menyelesaikan masalah, kemampuan komunikasi juga memudahkan seseorang untuk dapat menyampaikan tujuannya kepada awam. Misalnya, anggota DPR dengan kemampuan komunikasi yang baik dapat memilih kata dan tata bahasa yang efektif sehingga akan diterima oleh lawan bicara.

Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan seseorang untuk merespons suatu perubahan secara cepat. Seseorang yang memiliki kemampuan adaptasi cenderung dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, dan bisa menghadapi lingkungan apa pun serta cepat dalam belajar.

Problem Solving

Konflik bisa muncul kapan saja ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Karenanya, kemampuan problem solving atau memecahkan masalah harus terus diasah. Dengan kemampuan ini, masalah apapun dapat diselesaikan dengan cara yang optimal dan tanpa menimbulkan yang konflik baru.

Bahasa Inggris

Jika kamu mampu dalam menguasai bahasa Inggris, peluang kamu untuk memperluas jejaring hingga lintas negara akan semakin besar. Menguasai bahasa Inggris dapat membuka lebih banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan, baik multinasional maupun asing.

Manajemen

Manajemen adalah kemampuan seseorang dalam mengelola diri, waktu, kegiatan, hingga hal-hal lain di sekitarnya. Ada dua kemampuan manajemen dasar yang harus dikuasai oleh fresh graduate, yaitu mengelola waktu serta merencanakan tugas.

Kepenulisan

Di zaman sekarang, seseorang dengan kemampuan kepenulisan justru sangat banyak dicari. Contohnya perusahaan yang ingin meningkatkan branding awareness lewat media sosial membutuhkan copywriter dan creative writer. Jadi, jangan lupa untuk mengasah skill kepenulisan kamu.

Itulah beberapa keterampilan yang harus kamu kuasai sebagai fresh graduate.

Mengoperasikan Komputer

Komputer merupakan salah satu teknologi yang digunakan oleh seluruh industri. Ketika sebuah perusahaan membuka lowongan kerja, hampir semua perusahaan memberikan syarat harus bisa menguasai komputer. Secara umum biasanya seorang fresh graduate diminta untuk menguasai software seperti Microsoft Office. Jika ditambah dengan kemampuan membuat aplikasi dan desain, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan agensi digital.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1492
Terpopuler1447
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.