Selasa , 23 April 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

Fakta Menarik tentang Cendrawasih, Si Burung Surga yang Indah

Cendrawasih The Bird of Paradise 2

Madingmu.com – Burung cenderawasih yang terkenal adalah salah satu tanaman dan hewan indah yang ditemukan di pulau Papua. Makhluk aves ini dikenal dengan sebutan “The Bird of Paradise” karena keindahannya.

Oleh karena itu, tak heran jika cenderawasih menjadi salah satu primadona Papua. Undang-undang melindungi burung ini sebagai spesies yang terancam punah, sehingga Anda tidak boleh memburunya.

Memahami Burung Cendrawasih

Cendrawasih termasuk dalam keluarga Paradisaeidae dan ordo Passeriformes. Diperkirakan ada sekitar 30 spesies Cendrawasih di Indonesia, dimana 28 spesies di antaranya dapat ditemukan di Papua, menurut laman WWF.

Setiap spesies cendrawasih memiliki ukuran yang berbeda. Contohnya adalah spesies Cendrawasih Raja, yang berukuran sekitar 15 cm, dan spesies Cendrawasih Hitam yang panjangnya mencapai 110 cm.

Cendrawasih Kuning Besar, atau Paradisaea apoda, adalah salah satu spesies cendrawasih yang paling terkenal dan sering ditemui. Burung ini termasuk dalam genus Paradisaea.

Warna bulu yang cerah dan menarik perhatian, seperti warna hijau, biru, kuning, dan merah pada cenderawasih. Nama umum untuk spesies ini termasuk spesies Cendrawasih Kuning Kecil dan Cendrawasih Merah, yang mengacu pada warna utamanya.

Baca Juga : 9 Hewan Purba Paling Mengerikan

Fakta-fakta Menarik Tentang Burung Cendrawasih

Fakta-fakta mengenai cendrawasih cukup menarik. Simak fakta-fakta di bawah ini, yang diambil dari berbagai sumber.

Sebenarnya ada banyak fakta menarik mengenai cenderawasih. Penasaran? Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

1. Disebut sebagai “Burung Cendrawasih”

Burung cendrawasih dikenal sebagai “Bird of Paradise” karena alasan tertentu. Cendrawasih digambarkan sebagai burung dengan bulu-bulu yang indah dan menawan, terutama pada burung jantan.

Bulu-bulu yang berwarna-warni pada cendrawasih jantan membuat mereka indah untuk dilihat dari kejauhan. Karena itu, ada pasar yang besar untuk bulu burung ini.

2. Mempraktikkan Ritual Perkawinan Khusus

Tampaknya, Cendrawasih jantan menggunakan bulu-bulu berwarna cerah untuk memikat Cendrawasih betina. Si jantan bahkan bisa menari untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Cendrawasih jantan akan menari sambil menunjukkan bentuk tubuh dan kelenturan bulu mereka, yang menonjolkan keindahan warna bulu mereka. Ya, mereka memang mempersiapkannya sematang mungkin, sampai-sampai mereka harus membersihkan paruhnya sebelum menari.

3. Habitat burung cenderawasih

Fakta menarik kedua adalah bahwa Indonesia bagian timur, termasuk pulau-pulau di Selat Torres, Papua, Papua Nugini, dan Australia bagian timur, merupakan rumah bagi burung cenderawasih. ‘Burung Cendrawasih’ ini dulunya hidup di dataran rendah, hutan yang rimbun.

4. Termasuk Satwa Liar yang Dilindungi

Menurut WWF, cenderawasih adalah spesies yang terancam punah. Karena para pemburu dapat dengan mudah mengincar hewan ini untuk diambil bulunya yang indah.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia setuju bahwa cenderawasih adalah satwa yang dilindungi. Hal ini diatur dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Artinya, berburu, merusak, membunuh, dan memperdagangkan cenderawasih adalah tindakan ilegal. Bagi yang melanggar undang-undang tersebut akan dikenakan denda maksimal Rp 100 juta dan hukuman 5 tahun penjara.

Topik tentang fakta menarik tentang cenderawasih kini telah selesai. Apakah Anda ingin merasakan daya tarik eksotis Cendrawasih secara langsung?

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.