Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineRuang Siswa

Ekstrakurikuler yang Berpeluang Tinggi Menorehkan Prestasi

d13ccc45f2bbe73258bd08719ab5b51e

Madingmu.com – Prestasi merupakan wujud nyata kualitas dan kuantitas yang dimiliki seseorang atas usaha yang diperoleh. Sedangkan Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Maka dari itu, yuk simak tentang 5 ekstrakulikuler yang memiliki peluang prestasi diantaranya:

1. Pramuka

Pramuka merupakan organisasi pendidikan nonformal yang di selenggarakan di luar sekolah, kegiatan pramuka mengajarkan hidup mandiri, menanamkan nilai-nilai karakter seperti bekerja sama, tolong menolong, membentuk akhlak dan budi pekerti yang baik. ekstrakulikuler ini memiliki peluang prestasi karena merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan bangsa.

Baca Juga: Aplikasi Editing Foto di Handphone yang Banyak di Gunakan

2. Paskibra

Ekskul paskibra bisa menjadi pilihan, karna tidak hanya melatih kekuatan fisik, ekskul ini juga akan melatih mental. Jika ingin memiliki mental yang kuat kamu bisa ikut ekskul Paskibra. Selain itu, ekskul paskibra juga akan menambahkan peluang prestasi non akademik karena di ekskul ini kamu dapat mempunyai kesempatan untuk mengikuti berbagai lomba diantaranya Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB), Lomba Formasi Pengibaran Bendera (LFPB) dan lain sebagainnya.

3. Olahraga

Olahraga memiliki berbagai bidang contohnya seperti basket, futsal, badminton, sepak bola, dan masih banyak lagi bidang lainnya yang bisa kamu jadikan peluang untuk berprestasi di ekstrakulikuler ini. Sekarang ini olahraga harus dilihat sebagai sebuah peluang di mana kesehatan masyarakat ada di dasar manfaat. Artinya ini wajib terpenuhi. Sementara itu prestasi hanya tinggal mengikuti jika masyarakat kita sudah bisa memiliki budaya olahraga yang baik.

4. Palang Merah Remaja

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR.Terdapat di PMI kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, dengan anggota lebih dari 5 juta orang, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Audio Recorder dan Editing untuk Konten Video atau Podcast

Ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) ini memiliki banyak kegiatan lomba dengan berbagai cabang hingga ke tingkat nasional seperti olimpiade PMR, lomba merakit tandu, lomba membalut muka dan berbagai jenis lomba lainnya. Itu sebabnya mengapa PMR menjadi salah satu ekskul yang memiliki banyak peluang prestasi.

Itulah beberapa ekstrakulikuler yang memiliki banyak peluang prestasi yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.