Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Diperingati Setiap 28 Oktober, Berikut Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

023168600 1540276604 20181023 Museum Sumpah Pemuda 1

Madingmu.com –  Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober oleh bangsa Indonesia. Sebelum ditetapkan sebagai peringatan tahunan, Sumpah Pemuda mempunyai sejarah yang sangat panjang.

Berikut catatan sejarah singkat Sumpah Pemuda yang digagas kelompok Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI).

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda dilatarbelakangi oleh kondisi Republik Indonesia yang dimana saat itu masih dalam masa penjajahan Belanda. Dalam kondisi tersebut, para pemuda dari kelompok pelajar di Indonesia sepakat untuk mendirikan organisasi yang bernama Indonesische Student Bond atau PPPI pada tahun 1926.

Kelompok PPPI ini terdiri dari para pemuda terpelajar yang menempuh pendidikan di Stovia, Technische Hoogeschool te Bandoeng (THS), dan Rechtshogeschool te Batavia (RHS). Mereka semua mempunyai visi dan misi yang sama, bahwa kawanan penjajah yang mengekang Indonesia bisa disingkirkan dengan kekuatan serta persatuan semangat para pemuda bangsa.

Kongres Pemuda I

Pada 30 April hingga 2 Mei 1926 Kongres Pemuda mulai gelar, yakni pertemuan antar kelompok para pemuda Indonesia dalam skala nasional. Pertemuan tersebut disebut sebagai Kongres Pemuda I dan berlangsung di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta.

Maksud dan tujuan diadakannya pertemuan itu untuk membahas strategi, serta menyampaikan gagasan terkait cara membebaskan diri dari para penjajah. Tidak hanya itu, para pemuda ini turut mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari peran perempuan dalam merebut kemerdekaan, agama, hingga bahasa persatuan bagi Indonesia.

Kongres Pemuda II

Di Kongres Pemuda I hasil pertemuan tersebut masih belum menemukan titik terang untuk bisa lepas dari genggaman penjajah. Kemudian berlanjut di Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 27-28 Oktober 1928. Pertemuan kali ini diselenggarakan di tiga tempat, dengan konsentrasi pembahasan yang berbeda.

  1. 27 Oktober 1928 Kongres Pemuda II dilaksanakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kongres ini mengurai pembahasan soal sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan, sebagai unsur persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.
  2. 28 Oktober 1928 Kongres Pemuda II kembali berlanjut di Gedung Oost-Java Bioscoop, dengan pembahasan tentang pendidikan. Masih di tanggal sama tetapi berada di tempat berbeda yaitu di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat. Pembahasan di tempat ini sudah lebih mengerucut, soal nasionalisme, demokrasi, dan isi rumusan satu visi.

Isi Sumpah Pemuda

Setelah semua pembahasan di Kongres Pemuda II ditetapkan, para pemuda ini sama-sama memperdengarkan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut menjadi sesi penutup dari kongres pemuda II, sekaligus menjadi pembuka untuk mendeklarasikan rumusan hasil kongres yang disebut dengan Sumpah Setia atau Sumpah Pemuda.

  • Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Tokoh-Tokoh Sumpah Pemuda

Proses di balik lahirnya Sumpah Pemuda hal ini melibatkan begitu banyak tokoh pemuda dari berbagai kalangan. Mereka semua ada yang bertindak sebagai panitia hingga pemimpin kongres.

Tokoh-tokoh Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut :

  1. Sugondo Joyopuspito
  2. Mohammad Yamin
  3. Wage Rudolf Supratman
  4. Amir Syarifuddin Harapan
  5. Joko Marsaid
  6. Sie Kong Lian
  7. Sarmidi Mangunsarkoro
  8. Nona Purnomowulan
  9. Johannes Leimena
  10. Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo
  11. Kasman Singodimedjo
  12. Mohammad Roem
  13. Adnan Kapau Gani

Itulah merupakan sejarah singkat Sumpah Pemuda yang ditetapkan setiap tanggal 28 Oktober 1928.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.