Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Tips Asah Otak Supaya Ingatan Makin Tajam dan Cerdas

21 21

Madingmu.com – Kamu sering lupa menyimpan kunci rumah, kaos kaki, atau bahkan kartu tanda pengenal? Bisa jadi daya ingat dan fokus kamu mulai menurun. Sudah waktunya daya ingat dan fokus ini kamu tingkatkan kembali.

Meningkatkan daya ingat, fokus atau kemampuan otak memang sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya untuk mengingat berbagai barang yang disimpan atau mungkin tanggal lahir teman yang sering terlupakan, meningkatkan kekuatan otak juga bisa memberi kamu berbagai kemudahan.

Meski memang IQ tak bisa ditingkatkan, tapi beberapa penelitian menunjukkan, orang yang mencoba menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat bisa terhindar dari beberapa masalah kognitif berkaitan dengan penuaan dan kondisi medis tertentu.

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Jadi Lebih Pintar

Belajar mungkin jadi jawaban pasti untuk menjadi lebih pintar. Tapi ternyata selain belajar ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan agar kemampuan otak meningkat, kamu lebih pintar dan daya ingat pun semakin tajam.

Berikut ini beberapa tips asah otak supaya ingatan makin tajam yang bisa dilakukan :

  1. Membaca

Penelitian menunjukkan bahwa membaca bisa membuat kecerdasan meningkat. Dilansir dari Healthline, sebuah ulasan di 2015 lalu menunjukkan, membaca bisa merangsang setiap bagian otak bersamaan dengan koneksi saraf di antara mereka.

Sebuah studi 2013 lalu juga menetapkan bahwa membaca dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah otak yang terlibat dengan pemahaman. Efek ini dapat bertahan beberapa hari setelah membaca, sehingga menunjukkan manfaat jangka panjang.

  1. Hibur Otak Kamu

Otak juga perlu hiburan lho. Caranya dengan memainkan game yang berhubungan dengan daya ingat dan asah pola pikir.

Dilansir dari Reader’s Digest, sebuah studi 2019 lalu menemukan bahwa orang berusia antara 50 hingga 93 tahun yang memecahkan teka-teki angka lebih dari sekali sehari memiliki kinerja kognitif yang lebih unggul.

Beberapa pilihan permainan yang bisa dilakukan misalnya, memecahkan teka-teki logika, teka-teki silang, kotak sudoku, atau bahkan mengunduh aplikasi seperti BrainTap.

  1. Pelajari Hal Baru

Mempelajari keterampilan baru terbukti dapat menghasilkan perubahan struktural di otak. Hal ini merupakan sebuah konsep yang dikenal dengan sebutan neuroplastisitas.

Mempelajari sesuatu yang baru tidak hanya membantu membentuk koneksi saraf baru, tetapi juga dapat mengubah ukuran area tertentu di otak.

  1. Berbicara Dengan Orang Asing

Cobalah untuk membuka pembicaraan dengan barista saat kamu mampir ke kedai kopi, bisa juga bertukar informasi dengan tukang koran keliling, kasir toko buku, atau operator tiket parkir di pusat perbelanjaan.

Semakin banyak orang yang kamu temui dan berinteraksi secara teratur, semakin banyak pula kamu akan dihadapkan pada perspektif dan pengalaman yang berbeda. Kamu akan belajar menghadapi dunia secara berbeda.

  1. Kurangi Pemakaian Smartphone

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel pintar secara berlebihan berdampak buruk pada kinerja kognitif. Coba gunakan aplikasi untuk menetapkan batas waktu pemakaian perangkat untuk melihat dan mengurangi pemakaian gawai kamu.

Kamu juga dapat menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dari ponsel. Atau membuat kebiasaan sehari-hari untuk tidak menggunakan ponsel, misalnya baru memakai ponsel setelah sarapan.

  1. Olahraga Setiap Hari

Ada hubungan kuat antara latihan fisik dengan fungsi otak. Dilansir dari Better Up, saat kamu aktif secara fisik, aktivitas meningkat di hipokampus, yaitu bagian otak kamu yang mendorong pertumbuhan neuron.

Pertumbuhan neuron ini kemudian dapat meningkatkan fungsi otak, yang merupakan cara terbaik untuk menjadi lebih pintar.

  1. Berlatih Meditasi

Meditasi adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan emosional.

Jika kamu merasa sibuk atau kewalahan, latihan meditasi bisa membuat kamu lebih memperhatikan tubuh dan perasaan. Selain menggunakan meditasi untuk mengelola stres dan kecemasan, hal ini juga dapat memberikan ruang di otak untuk fokus dan mempelajari keterampilan baru.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1148
Terpopuler1107
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.