Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

“CULUN” Cerpen Karya Abie Hastomo SMAN 1 Girimulyo, DIY

portrait upset sad little kid with backpack
Portrait of an upset sad little kid with backpack sitting on a flor and crying isolated over white background

CULUN

Cerpen Karya Abie Hastomo

Di hari yang cerah dimana perpisahan Derry di sekolah smp nya. berangkat kesekolah dengan sepeda dan berpakaian rapi.sesampainya di sekolah.Derry mengikuti acara perpisahan itu seperti biasanya.Derry merupakan siswa yang rajin pintar sifatnya baik hati sabar dan pendiam kesehariannya di rumah dia sering membantu ibu nya.di keluarganya dia lah anak satu²nya ibunya sebagai ibu rumah tangga dan papa bekerja di sebuah perkantoran perusahaan. Derry adalah anak kesayangan ibunya dan sering dimanja walaupun begitu dia tidak mau dimanja melulu terkadang Derry belajar hidup mandiri di rumahnya. Keseharian Derry di sekolahnya ketika di smp dulu cukup kasian sebab dia sering di buli dan di ejek² oleh teman²nya salah satu teman Derry yang sering mengganggunya yaitu Broker teman sekelas Derry merupakan jagoan di sekolahnya yang suka mengganggu orang bergaya belagu sering masuk ruang bk dan sering bolos sifatnya sombong dan jahil.Derry sering kali pulang sekolah ban sepeda nya di kempesin brabgkat sekolah pun uang jajannya sering di minga sama Broker bahkan ketika istrahat Broker suka mengambil dan menghabiskan bekal Derry yg di siapkan ibunya.

Hari demi hari perpisahan Derry di smp nya telah usai sebulan Derry berlibur bersama keluarganya di kampung halaman tak terasa Derry kini mempersiapkan sekolahnya ke jenjang selanjutnya dia mendaftar di sebuah sma negri pintar di kota tempat dia tinggal.

Di hari pertama sekolah barunya Derry sangat menikmati tapi tetap saja banyak orang² di sekolah selalu tak suka padanya.bahkan ketika Derry bertanya tak ada orang yang mau menjawabnya. Derry di sekolah tidak punya teman bicara dia hanya selalu membaca buku karna tidak ada orang yg mau bincang dengannya.tak terasa hari sudah sore dan sekolah pun sudah usai di hari pertama Derry senang dan menikmati tapi dia masih saja tak ada teman. Ketika di perjalanan mau pulang Derry berjumpa Broker.teman sekelas ia waktu smp yg selalu membulinya, yang merupakan ketua geng.praaakkk. !!! Lemparan botol minuman Broker ke kepala Derry. Spontan Derry mengatakan “aduuhh..”Broker berjalan mendekati Derry “ woy… anak culun hahaha.” Derry menyadari itu. Broker ia pun larii secepat mungkin karna ia takut di ganggu oleh Broker dan teman²nya.

Sesampainya di rumah dia bercerita kepada ibunya bahwa dia berkata bahwa Derry pengen menjadi orang yang populer dan memiliki banyak teman.ibu Derry menjawab “kamu bisa” dery menjawab “ itu mustahil bu sebab orang² saja tak mau berkenalan denganku” ibu Derry “ semua bisa selagi ada tekat dan usaha kamu bisa menajdi populer dengan meningkatkan nilai raportmu usahakan jdi juara di kelasmu dgn rajin belajar”kata ibu Derry.” Baiik buu saya mulai sekarang akan rajin belajar” dari masukan ibunya Derry kini lebih giat belajar lagi bahkan mengikuti less dan bimbel online di internet. Derry teruss berusaha. Bahkan di sekolah waktu jam kosong atau istrahat Derry selalu keperpustakaan. Dan ketika di semester 1 Derry mendapat nilai yg baguss namun masih berat baginya untuk juara sebab di sekolah barunya banyak saingan dikelasnya yg pintar².

Lanjutt ketika Derry sekolah dimana dijam istrahat saat Derry makan di kantin tak sadar bahwa dikantin ada geng Broker sedang menganggu ganggu di kantin saat Broker mengetahui Derry dia berniat ingin membuli Derry. Kriuk kriukkk. sepatung daging crispy lauk dari Derry di makan Broker. Derry pun kaget, Derrypun diam dan menyudahi makannya. Broker dan temannya sibuk membuli Derry dan banyak orang yang menertawain nya Hingga Broker sempat mengambil nasi Derry dan melemparkannya kemuka Derry. Paaaakkkk… tendang kaki mengenai kepala Broker dan Broker merintih kesakitan dan terdiam dan merasa marah. Ternyata yang menendang adalah seorang wanita yang bernama Icha. Icha adalah wanita cantik imut hobi silat dan pendiam namun banyak orang yg takut kepadanya juga di sekolah. Lanjutt dgn wajah yg memerah Broker melawan dengan pukulan yg kerass bwuukkkkk. Pukulan itu terkena tepat pada perut Derry dan Derrypun kesakitan dan merasa sesak.

Broker melihat itu iapun lari bersama kawan²nya.Derry yang kesakitan tadi di bantu oleh Icha untuk di bawa ke uks sekolah. Ketika sudah siuman Derry berkata “ trimakasih udah mau menolongku siapapun namamu” “ gak tidak apa² justru aku yg trimakasih karna kamu sudah menolongku,eee sebelumnya maaf nama aku Icha.dan maaf gara² aku kamu terluka.” Kata Icha mereka berbincang dan saling kenal di situ Derry kini punya teman dan ada yang mau berbicara dengannya.ketika sekolah sudah pulang dan Derry telah sampai di rumah dia terdiam di kamar dan merenung raut wajah dengan putus asa. Dan berpikir bahwa dia tidak akan bisa mencapai itu semua karna Broker selalu saja membulinya di tambah kalau teman² sekelasnya juga banyak lebih pintar dan dia merasa tidak bisa menyaingi hingga ketika sekolah hari²nya semakin tidak bersemangat belajar mulai menurun. Ketika suatu hari Derry pulang sekolah dia melihat Icha dan teman²nya dan Broker dengan kedua teman²nya terlihat bonyok bagian kepala sebab di hajar sama Icha dan teman² silatnya. Derry pun menghampiri dan saat Derry sampai Broker pun lari dgn kesakitan. Derry bertanya² dan Icha pun menceritakan.tadi itu sebab Broker menganggu bapak² tua dan memintai uang² bapak itu dan Icha berniat menolongnya. Untung bapak itu tidak apa²cuman bapak tua tdi itu langsung lari saat kami menolongnya.kata Icha, Derry pun senang melihat Icha suka membantu orang dan lama kelamaan mereka semakin dekat dan saling obrol²an ketika di sekolah. Ketika jam istrahat di hari kamis dimana ketika berangkat sekolah Derry habis diganggu Broker dan harinya semakin tidak nyaman disitu Derry curhat perihal kringinannya tapi sebab Broker dia jdi merasa terganggu dan banyak orang² selalu mengejeknya sebab gaya Derry memang culun dan seperti anak² kecil.

Pagi hari selesai upacara hari senin Icha menemui Derry dan berbincang bincang.lanjut ketika pulang sekolah Broker dan teman²nya berkumpul di warung dekat pinggir jalan disaat yang sama Derry dengan sepedanya ingin melalui Broker melihat dan saat Derry melewati Broker melempari Derry dengan air es minuman plastikannya dan sampah² yg dilempari teman²nya dan disorakin.hari demi harii berlalu keseharian Derry selalu diganggu ketika hari minggu Derry diajak bermain keluar disana Icha memberi tips bergaya dan memperbaiki gayanya Derry disana Icha membawanya ke salon buat perawatan juga. Dari ide Icha tadi Derry mengubah gayanya dan selalu merawat diri dan 1 bulan kemudian perubahan pada Derry sangat drastis meningkat banyak cewek² di sekolah pada gak kenal dengan nya dan banyak yang mulai naksir ke Derry di situ Broker mengetahui namun Broker sadar sebab dari perubahan Derry. Derry kini mempunyai banyak teman. Dan membuat Broker semakin murka,ketiak saat istrahat Broker ingin menggangu Derry tapi disana Broker malu sebab yg di ejek² Broker karna kalah tampan dengan Derry. Dan Broker merasa marah dan malu. Semenjak saat itu Broker jarang menggangu Derry dan Derry kini lebih giat belajar dan semangat selain itu dia juga sering mencari perlombaan dan mengikuti ajang olimpiade dan selalu menang dan dia kini semakin populer. Dia menceritakan hal itu kepada ibunya dan bertrimakasih. Derry sangat mennyayangi ibunya tak terasa Derry kini kelas 3 sma dan mulai akan lulus Broker masih ada rasa dendam dia ingin mengahajar Derry. Broker berjumpa Derry di jalan sendiri dan tak ada kawan²nya diam² Broker memukul Derry dari belakang hingga pingsan.di jalan mengetahui hall itu Broker langsung lari meninggalkan Derry tergeletak. Tapi tak lama kawan Derry yg lain mengetahui hal itu dari kejauhan. Dan menolong Derry membawa kerumahnya….

Ketika sekolah di pagi hari Derry tidak sekolah Icha tidak tau apa yang terjadi sama Derry tapi ia berusaha mencari tau sebabnya Derry tak masuk sekolah. Dan Icha akhirnya tau lalu ia semakin marah kepada Broker dan mencarinya di sekooah namun Broker juga tidak sekolah. Lalu di hari selanjutnya Derry sekolah dan dia tau bahwa yg lakuin hal itu adalah Broker dan Icha masih juga marah. Di tenangin sama Derry untuk sabar tapi di situ Broker.

Dia merasa aneh sebab tak ada teman yg mau bermain dengan nya bahkan anak buahnya dan sekarang malah dia ganti di buli oleh orang² disekolah sebab kelakuannya kini tidak lagi disukai orang² dan Broker mulai sadar atas perbuatannya lalu dia pergi ke tempat Derry Broker mengatakan maaf dan janji tidak melakukannya lagi dan meminta untuk Derry menerima jadi temannya dan Derry pun senang dan menjadikannya sahabat.

Lanjut ketika lulus sekolah Icha dan Derry mereka selalu bermain bersama jika waktu luang dan Derry juga sering belajar silat dengan Icha hari hari mereka saat berdua sangat lebih jauh dari kata teman. Ketika liburan mereka berdua selalu ketempat wisata berdua. Hingga pada akhirnya saat Derry ingin melanjutkan pendidikan nya untuk kuliah di luar negri karna dapat beasiswa dari prestasinya. Di situ Icha sedih sebab mereka tidak akan lagi bisa bertemu.padahal disini mereka berdua saling suka dan menyimpan rasa…

Selesaiii….

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.