Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Cocok Untuk Rekreasi Sambil Belajar! 5 Rekomendasi Museum di Jakarta Ini Bisa Kamu Kunjungi!

museum 3

Madingmu.com – Bagi kamu yang tinggal di wilayah Jakarta, kamu tidak perlu bingung saat ingin pergi ke mana saat liburan tiba. Tempat wisata edukasi berupa museum dapat dengan mudah ditemukan lho.

Kira-kira apa saja sih museum edukasi yang berada di Jakarta? berikut beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Museum di Jakarta

  1. Museum Nasional Indonesia

kondisi museum nasional pagi ini minggu 1692023 1 169

Dilansir dari laman resmi Museum Nasional, sejarah Museum Nasional Indonesia diawali dari berdirinya lembaga kebudayaan di Batavia yang bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada 24 April 1778., yang di kalangan akademisi di Hindia Belanda lazim disingkat BG.

Tujuan didirikannya museum ini adalah sebagai pusat penelitian ilmiah, terutama dalam bidang pengetahuan dan kebudayaan. Kemudian, lembaga kebudayaan tersebut bersifat independen yang memiliki tujuan memajukan penelitian ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang.

Museum Nasional Indonesia terletak di Kawasan Monumen Nasional (Monas). Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat, DKJ Jakarta.

  1. Museum Fatahillah

618b7b79f0a37

Dilansir dari laman resmi Museum Kemendikbud, Museum tersebut awalnya adalah sebuah Gedung Stadhuis (Balai Kota) untuk Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) di Jakarta, yang saat itu bernama Batavia. Bangunan tersebut didirikan pada 1707. Gedung ini juga berfungsi sebagai Pengadilan, kantor Gubernur Jawa Barat, dan markas TNI KODIM 0503 Jakarta Barat.

Museum ini berupaya menyediakan berbagai informasi mengenai perjalanan panjang sejarah kota Jakarta, sejak masa prasejarah hingga masa kini dalam bentuk yang lebih kreatif, serta menyelenggarakan kegiatan yang kreatif dan menarik guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya warisan budaya.

Museum Fatahillah terletak di Kawasan Kota Tua. Untuk alamat lengkapnya berada di Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKJ Jakarta.

  1. Museum Sumpah Pemuda

635b7f463262d

Dilansir dari laman resmi Museum Sumpah Pemuda, Sejarah Museum Sumpah Pemuda berawal dari tempat tinggal Sie Kong Lian. Gedung ini didirikan pada permulaan abad ke-20. Sejak 1908, Gedung Kramat disewa pelajar Stovia (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) dan RS (Rechtsschool) sebagai tempat tinggal dan belajar, yang dikenal dengan Commensalen Huis.

Museum Sumpah Pemuda ini dibangun untuk mengingat perjuangan para pemuda serta menjadi sarana edukasi untuk mengenal sejarah Sumpah Pemuda dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Museum Sumpah Pemuda terletak di Kawasan Kwitang. Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat, DKJ Jakarta.

  1. Museum Bahari

Museum Bahari

Dilansir dari laman resmi Museum Nasional, sejarah bangunan Museum Bahari tak bisa dilepaskan dari sejarah Pelabuhan Sunda Kelapa. Gedung ini awalnya milik VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) dan digunakan untuk menyimpan barang dagangan utama VOC di Nusantara.

Museum Bahari memiliki koleksi berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Kemudian ada juga koleksi peralatan yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar, dan meriam.

Museum Bahari terletak di Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Pasar Ikan, Nomor 1, Jakarta Pusat, DKJ Jakarta.

  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

026071100 1439399288 20150812 Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta 03

Dilansir dari Buku Panduan Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dibangun sekitar tahun 1920-an.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan saksi bisu awal kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Gedung ini menjadi sangat penting artinya bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal 16-17 Agustus 1945 terjadi peristiwa sejarah, yaitu perumusan naskah proklamasi bangsa Indonesia.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi terletak di Kawasan Taman Suropati. Untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat, DKJ Jakarta

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.