Jumat , 24 Mei 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

Cara Mendapat Beasiswa Kuliah Di Kampus ISTN

Scholarship

Madingmu.com Beasiswa menjadi salah satu cara yang bisa membantu siswa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Baik kampus negeri, maupun kampus swasta, menawarkan banyak beasiswa bagi mahasiswa baru (Maba) mereka. Salah satu kampus swasta yang menawarkan beasiswa adalah Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

Lili Musnelina yang merupakan rektor ISTN mengatakan, bahwa hakekat pendikan adalah memanusiakan manusia. Menurutnya, tujuan pendidikan tidak sebatas menguasai sains dan teknologi tapi juga harus membentuk karakter unggul. “Tidak hanya cukup untuk menguasai science dan high technology, tetapi harus juga melakukan heart-set, melakukan setting ulang terhadap hati dan perasaan kita agar pendidikan ini diwarnai dengan keikhlasan, kejujuran, kerja keras, dan berakhlak,” kata Lili.

Lili dan tim di kampusnya mendorong dalam pembentukan generasi baru yang bisa bertanggung jawab pada diri sendiri, keluarga, bangsa, maaupun pada negara. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka program beasiswa bagi para lulusan pendidikan atas yang memenuhi syarat.

Berikut Ini Merupakan Cara Mendapatkan Beasiswa Di ISTN

Beasiswa Prestasi Akademik & Non-Akademik

Beasiswa ini biasanya diberikan kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik. Bila siswa tersebut mendapatkan peringkat 1,2,3 di lomba setingkat internasional dan nasional, maka mahasiswa itu akan mendapatkan keringanan SPP Sebanyak 100 persen. Persentase beasiswa pun akan diberikan peringat 1,2,3 pada siswa SMA atau SMK yang terakreditasi A dan B. Bagi siswa SMA/SMK terakreditasi A, beasiswa yang akan diberikan sebanyak 40 persen, sedangkan sekolah yang terakreditasi B, hanya akan diberikan keringanan SPP sebanyak 30 persen.

Beasiswa Lulusan Yapercik

Ada pula beasiswa keringanan pembayaran SPP bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK Perguruan Cikini. Bagi siswa yang bersekolah di sekolah tersebut yang mendapatkan peringkat 1 tingkat SMA/SMK keringanan yang akan diberikan adalah 100 persen, sedangkan peringkat 2 SMA/SMK  akan mendapatkan keringanan 90 persen, dan peringkat 3 sekolah akan mendapatkan keringanan 80 persen. Siswa dari sekolah tersebut yang tidak mendapatkan peringkat pun akan bisa mendapatkan keringanan SPP hingga 70 persen.

Baca Juga : Beasiswa S1 Qatar University, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup Besar

Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta

Beasiswa dari Yayasan Beasiswa Jakarta ini diberikan kepada mahasiswa yang kuliah di DKI Jakarta dengan IPK minimal 3,00.

Beasiswa Lanjutan Alumni

Beasiswa ini juga diberikan kepada mahasiswa lulusan program Diploma-3 dan program Sarjana Strata-1 ISTN. Dan bisa mendapatkan keringanan SPP sebesar 20 persen.

Beasiswa 100 persen

Beasiswa 100 persen diberikan kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik. Program studi yang tersedia untuk program beasiswa ini adalah Matematika dan Fisika. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini bisa mendapatkan keringanan Sumbangan Pembinaan Pendidikan sebanyak 100 persen. Bagi mahasiswa yang memiliki indeks prestasi 3,5 sampai dengan 4,0 selama 8 semester bisa mendapatkan beasiswa sebanyak 100 persen. Apabila indeks prestasinya menurun menjadi 3,00 sampai dengan 3,49, maka beasiswa yang akan diberikan hanyalah sebesar 75 persen. Bila dalam perjalan perkulihan indeks prestasinya menurut kembali menjadi 2,67 sampai dengan 2,99 selama studi, maka jumlah beasiswanya yang akan di berikan sebesar 50 persen saja. Dan apabila prestasi akademik mahasiswa dengan Indek Prestasi di bawah 2,67, mahasiswa tidak akan mendapatkan beasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut buka laman www.istn.ac.id atau pmbonline.istn.ac.id.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.