Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHealthcareTerpopuler

Bye Rambut Lepek! 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Rambut Yang Cepat Lepek

Entertaiment Penyebab Rambut Lepek Shutterstock
k

Madingmu.com – Pernahkah kamu mengalami masalah rambut yang cepat lepek? Jika iya, kamu tidak sendirian lho. Banyak orang menghadapi hal yang sama karena berbagai macam faktor seperti jenis rambut, produk perawatan rambut yang digunakan, cuaca, dan kebiasaan perawatan rambut sehari-hari.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir! lima tips ini dapat membantu kamu dalam mengatasi rambut yang cepat lepek.

  1. Hindari Produk Perawatan Rambut dengan Silikon

capture 20221013 172744 3a2c45a5e6c0870d54f79516592c0b15 b499cc9b5bf1a32bf474f31e6ec502c1

Banyak produk perawatan rambut yang menggunakan silikon, biasanya bahan ini dapat menghaluskan dan menambah kilauan pada rambut. Di sisi lain, silikon ini dapat menumpuk pada rambut dan membuat rambut semakin berminyak dan berat.

Beberapa silikon yang sering ditemukan antara lain, dimethicone, cyclomethicone, dan amodimethicone. Silikon tersebut dapat menghambat kelembapan ke batang rambut, yang sebenarnya dibutuhkan oleh rambut.

  1. Gunakan Shampoo dan Conditioner Khusus untuk Rambut Berminyak

shampo untuk ketombe

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rambut yang cepat lepek adalah dengan menggunakan shampoo yang dirancang khusus untuk rambut lepek ataupun berminyak.

Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan seperti Tea tree oil, coconut oil, Zinc pyrithione, dan Salicylic acid yang dapat membantu dalam mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. Gunakan shampoo ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

  1. Jangan Sering Menyentuh Rambut

1492155600

Kebiasaan menyentuh rambut, termasuk menyisir secara berlebihan dapat membuatnya menjadi lebih cepat lepek. Jika kamu sering menyentuh rambut, minyak dan kotoran pada tangan akan tertransfer ke rambut, yang akan membuatnya terlihat lebih berminyak.

Sedangkan jika terlalu banyak menyisir dapat merangsang kelenjar minyak. Dilansir dari laman Healthline, sisir dapat menarik minyak kulit kepala ke dalam helaian rambut dan menambah minyak ekstra dari tangan.

Cobalah untuk menghindari menyentuh rambut kamu sebanyak mungkin, terutama jika tangan kamu sedang kotor atau berminyak.

  1. Jangan Keramas Berlebihan

dampak keramas setiap hari bagi kesehatan rambut dan kulit kepala

Pada sebagian orang, keramas yang terlalu sering dapat membuat rambut mudah lepek. Jika kamu suka keramas  sehari sekali, namun selalu lepek di penghujung hari, sebaiknya mengukur seberapa sering kamu keramas.

Sebenarnya, keramas terlalu sering juga dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala, hal ini dapat menghasilkan lebih banyak minyak untuk dehidrasi.

Jika kamu memiliki kulit kepala kering dan gatal selain rambut berminyak, maka merenggangkan waktu keramas adalah pilihan yang tepat untuk menyeimbangkan produk minyak di kulit kepalamu.

  1. Menggunakan Dry Shampoo

cover puasa 1 2cc28f11107f5ec8a1abc518c053cb14

Dry shampoo adalah produk yang sangat berguna untuk mengatasi rambut lepek. Produk ini berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut, sehingga membuat rambut terlihat lebih segar dan tidak lepek.

Dry shampoo juga biasanya dilengkapi dengan sentuhan pewangi yang membantu menyuburkan rambut kamu. Namun, sayangnya, penggunaan ini dapat menambah residu yang membuat kepala terasa berpasir pada sebagian orang.

Jadi, sebaiknya gunakan hanya sesekali saja, dan bilas di kemudian harinya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.