Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Bye Investasi Bodong! Ini Dia 5 Cara Berinvestasi Bagi Pemula

154036140p

Madingmu.com – Memulai investasi adalah hal yang tabu bagi sebagian orang. Saat kita ingin memulainya kita harus memahami dahulu ragam investasi, serta kerugian dan keuntungan apa saja yang akan diperoleh. Saat ini banyak sekali macam-macam investasi yang tersedia, mulai dai saham, emas, reksa dana, dan sebagainya.

Dilansir dari lifehack, ada beberapa cara untuk memulai investasi, Simak berikut ini.

  1. Menentukan Tujuan Berinvestasi

202304031521 main

Tujuan berinvestasi bagi sebagian orang tentu saja untuk mendapatkan uang. Namun, ada beberapa orang yang melakukan investasi untuk tabungan jangka panjang atau sekedar memanfaatkan uang dinginnya saja.

Jika kamu ingin memulai berinvestasi, kamu harus menentukan dahulu tujuan utama. Apakah hanya sekedar ingin memutarkan uang dinginmu saja atau kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Mempelajari Jenis Investasi

Jenis jenis investasi

Setelah kamu memutuskan untuk memulai berinvestasi, kamu juga perlu mempelajari berbagai macam investasi, agar kamu tidak salah dalam memilih. Hal yang perlu kamu pelajari, mulai dari harga investasi, resiko, hingga mencari tahu ulasan-ulasan dari pengguna investasi yang akan kamu pilih.

  1. Melakukan Investasi Sejak Masih Muda

happiness asian woman hand with coin stack financial business ideas concept 1 4193fb21bf

Untuk kamu kaum milenial atau gen-z ada baiknya jika kamu memanfaatkan uangmu sebijak mungkin untuk berinvestasi. Sebaiknya kamu alokasikan uang jajan mingguanmu untuk berinvestasi.

Contohnya membeli emas. Semakin lama harga emas akan semakin naik. Jika kamu menunda-nundanya untuk membeli maka biaya yang akan kamu keluarkan, semakin besar pula.

Jadi, selagi masih muda dan memiliki penghasilan yang bisa kamu gunakan jajan secara rutin, cobalah untuk kamu tabung dan mulailah berinvestasi.

  1. Memperhatikan Alur Keuangan

laporan keuangan

Jika kamu sudah memutuskan untuk memilih jenis investasi, kamu perlu memperhatikan alur keuanganmu, seperti pemasukan dan pengeluaran. Perhatikan juga pengeluaran primermu tidak terganggu oleh investasi. Karena, jika kamu memaksakannya, maka akan menjadi boomerang bagimu sendiri.

Jika sudah memulainya, kamu juga perlu memperhatikan skema pada investasi yang kamu pilih. Apkah terus menurun atau naik. Karena investasi yang bersifat, saham, reksa dana, dan sebagainya bukan nilai yang tetap.

  1. Diversifikasi

diversifikasi investasi menyusun portofolio tabungan deposito dan obligasi

Diversifikasi adalah penggunaan dana untuk dibelikan aset berharga. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang memiliki anggaran yang berlimpah.

Artinya, jika kamu memiliki investasi tidak hanya satu atau dua produk. Melainkan beberapa produk, hal ini agar tidak mengalami kerugian. Jika produk yang satu merugi, kamu masih memiliki simpanan yang lainnya.

Itu dia 5 cara mudah bagi kamu yang ingin berinvestasi. Selamat mencoba sobat madingmu!

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.