Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineOpiniSerba SerbiTerpopuler

Macam-Macam Jenis Pengambilan Gambar

blogcover hej6357818c61650

Madingmu.com – Seorang kamerawan profesional selalu menggunakan teknik pengambilan gambar. Teknik pengambilan gambar tersebut di gunakann agar rekaman vidio memiliki kemampuan untuk memvisualisikan apa yang di rekam. Sebagai contoh, apabila kita mengingkan suasana besar pada sebuah objek, kita dapat merekam gambar dari bawah objek dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa contoh teknik pengambilan gambar bergerak yang dapat di pahami dan di pelajari

  • Close up

Teknik close up memperlihatkan keseluruhan objek benda atau manusia dari jarak yang dekat. Pada objek manusia, pengambilan gambar dengan teknik ini berada pada bagian dada sampai bagian atas kepala saja. Untuk menggunakan teknik ini, anda harus menggunakan bidikan kamera dengan jarak menengah atau tidak terlalu jauh, tapi dengan bagian yang lebih sempit.

  • Ekstreme Close Up

Ekstream Close up adalah teknik pengambilan gambar dengan cara memperlihatkan bagian yang sangant detail, seperti bibir pada manusia, mata pada manusia.

  • Medium Close up atau Medium Close Shoot

Medium Close Up atau merupakan teknik pengambilan gambar yang memperlihatkan kepala dan bahu sampai dada bagian atas atau hampir keseluruhan benda. Pengambilan gambar ini biasanya di sebut juga dengan chest shoot.

  • Medium Shoot

Medium Shoot merupakan pengambilan gambar yang memperlihatkan kepala sampai pinggang, keseluruhan sebuah benda atau sebagian besar bangunan.

  • Long Shoot

Long Shot atau wide angel atau wide shoot merupakan pengambilan gambar yang memperlihatkan keseluruhan tubuh dari manusia dengan beckround yang masi cukup luas. Bisa juga memperlihatkan keseluruhan dari sebuah bangunan.

  • One Shoot

Teknik pengambilan gambar yang di lakukan oleh penata kamera dengan fokus objek terdiri dari satu objek atau satu orang dan juga bisa di sertakan dengan satu binatang. Segala aturan tentang keartiskisan dalam pengambilan gambarnya tetap mengacu pada camera angel, type of shoot, type of character dan moving camera.

  • Two Shoot

Teknik Two Shoot  dalam vidio gerak yaitu teknik untuk merekam dua buah objek dalam satu frame vidio. Biasanya dalam scrip di tulis 2-shoot atau 2s, yang berarti hanya 2 orang saja yang ada pada gambar.

  • Group Shoot

Teknik group shoot adalah teknik pengambilan gambar dengan menampilkan tiga orang atau lebih. Teknik ini memiliki tingkat kerumitan tertentu, larna dalam memfokuskan objek secara group shoot sering kali kamera tidak dapat merekam semua aktifitas oleh berbagai objek tertentu.

  • Big Close Up atau Big Close Shoot

Pengambilan gambar dengan teknik big close up ini di lakukan dengan memperlihatkan beberapa bagian dari wajah, seperti dahi sampai dagu atau hanya memperlihatkan beberapa bagian dari sebuah benda.

  • Medium Long Shoot

Medium Long Shoot merupakan pengambilan gambar yang memperlihatkan bagian kepala sampai lutut seserang atau sebagian besar dari sebuah bangunan.

  • Very Wide Shootatau Very Wide Angel

Very Wide Shoot atau Very Wide angel merupakan pengambilangambar yang memperlihatkan bagian kepala sampai lutut seseorang atau sebagian besar sebuah bangunan.

  • L.Eye Level

 Eye Level merupakan pengambilan gambar yang sejajar dengan mata manusia.

  • M.Heigh Shoot

Height Shoot biasa juga di sebut dengan ‘’Bird Eye’’ yang merupakan pengambilan gambar dari tempat yang lebih tinggi dari tempat yang lebih tinggi daripada objek. Sehingg memperlihatkan objek menjadi lebih kecil.

  • N. Low Angel

Low Angel biasa juga di sebut dengan ‘’frog eye’’ merupakan teknik pengambilan gambar dari arah bawah. Sehingga, bisa memperlihatkan objek menjadi lebih besar.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.