Selasa , 25 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Bukan Hanya Makanan, Papua Juga Memiliki Oleh-Oleh Yang Khas Untuk Pelancong

img 4068 jpg 5ce2b554733c4321091ca373

Madingmu.com – Keindahan alam Papua sering kali menghipnotis masyarakat dari daerah lain bahkan masyarakat mancanegara terlebih di wilayah perairannya. Bagi kamu yang berkunjung ke sana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Papua lainnya selain makanan.

Oleh-oleh sendiri merupakan hal yang harus dibeli saat kamu berkunjung ke tempat-tempat menarik seperti halnya Papua. Ada banyak produk yang bisa dijadikan pilihannya, berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Tas Noken

9B0AE753 0AA4 486E AFD5 B4E696523B6A

Tas Noken adalah tas rajut asli Papua yang terdiri dari material serat kayu asli. Produk kerajinan tangan ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia dan hanya bisa kamu dapatkan di Papua. Masyarakat Papua biasa menggunakannya di kepala, namun sebenarnya bebas saja untuk digunakan dimanapun kamu mau, baik di tangan ataupun di kepala.

Ukuran, warna dan model dari tas Noken juga bermacam-macam, kamu juga bisa bebas memilih sesuai keinginan kamu. Masyarakat asli Papua biasanya menggunakan tas Noken untuk membawa hasil belanja pasar. Tas Noken sangat cocok diberikan untuk pasangan kamu.

  1. Batik Papua

20231002 140807 1

Ternyata bukan hanya batik Pekalongan yang banyak disukai, batik Papua juga cukup digemari oleh masyarakat karena coraknya menggambarkan kekayaan alam dan budaya di sana.

Salah satu motif paling digemari yaitu cendrawasih yang dikenal sebagai satwa endemik Papua. Batik Papua menjadi salah satu rekomendasi wajib oleh-oleh khas Papua Barat yang harus kamu bawa pulang. Jadi, jangan lupa untuk beli buah tangan khas Papua saat sedang mengunjungi Papua Barat karena mungkin saja kesempatan tidak akan datang dua kali.

  1. Ukiran Kayu

IMG 20220816 WA0027

Berbeda dari ukiran kayu kebanyakan, ada hal yang membuat ukiran khas Papua terlihat unik dan menarik.

Poin utamanya terdapat pada  bentuk serta warnanya yang cenderung gelap. Dilansir dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, suku Asmat memiliki dominan seni lukis atau gambar yang dipahat atau diukir pada kayu.

Terkadang ukiran tersebut juga memiliki asal usul ceritanya sendiri. Hal ini bisa menjadi oleh-oleh yang lain dari pada yang lain dan anti mainstream

  1. Koteka

00339214

Koteka tak lagi hanya digunakan oleh masyarakat Papua terutama masyarakat Suku Dani sebagai aksesoris tradisional yang mereka gunakan, namun juga saat ini koteka merupakan salah satu incaran para traveler untuk dijadikan oleh-oleh khas.

Koteka pada awalnya tidak bermotif, namun karena permintaan koteka sebagai cinderamata khas Papua sangat tinggi, saat ini sudah banyak koteka bermotif dan memiliki hiasan bulu burung.

  1. Alat Musik Tifa

alat musik tradisional papua tifa 43

Sebagai khasnya Papua, alat musik Tifa hanya bisa ditemukan di daerah tersebut dan penyedia resmi lain. Alat musik tifa merupakan alat musik terbuat dari kayu yang diukir dengan kulit untuk bagian atasnya

Banyak orang membeli alat musik tifa sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada orang tercinta atau hanya sekadar untuk dipajang di rumah. Kamu tak perlu khawatir tentang ukuran alat musik ini sebab saat ini alat musik tifa yang dijual di pasaran sudah tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, medium hingga besar.

  1. Mutiara Khas Papua

Mutiara

Tahukah kamu bahwa mutiara terbaik yang telah diakui di dunia berasal dari wilayah Papua Barat? Ya!

Di Raja Ampat, kamu bisa melihat budidaya mutiara karena Raja Ampat merupakan pusat produksi mutiara. Mutiara adalah salah satu oleh-oleh khas Papua Barat yang sangat laris di pasaran dan wajib sekali kamu bawa pulang.

Tak hanya menjadi oleh-oleh khas Papua Barat yang digemari traveler lokal, mutiara juga sudah diimpor ke banyak negara seperti Singapura dan Jepang.

  1. Pernak-pernik

jalan jalan ke papua jangan lupa beli oleh oleh khas papua ini

Bukan hanya produk yang berukuran besar di Papua kamu juga bisa menemukan pernak-pernik khas dengan tampilan unik. Terkait bentuk dan harga, ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget.

Jika kamu tidak suka membawa pulang buah tangan berukuran besar, kamu bisa memilih gantungan kunci, topi bulu kepala Suku Asmat atau pajangan rumah berukuran kecil.

Namun, jika kamu lebih suka mengoleksi cinderamata khas suatu daerah dengan tidak terbatas tempat, ukiran kayu dan patung kayu Suku Asmat merupakan barang yang wajib kamu beli ketika singgah di Papua Barat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.