Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Berikut 5 Desa Wisata di Indonesia Yang Terkenal hingga Ke Kancah Dunia

642ea81796cfa365601015

Madingmu.com – Indonesia memiliki beragam tujuan wisata yang populer bagi turis lokal maupun mancanegara, termasuk desa-desa wisata yang menawarkan keindahan alam dan atraksinya yang unik.

Banyak desa wisata di Indonesia telah dikenal secara internasional dan menjadi tujuan favorit para wisatawan. Bahkan, beberapa di antaranya telah berhasil mendapat penghargaan dunia.

Dilansir dari detikNews, berikut ini 5 desa wisata di Indonesia yang terkenal hingga kancah dunia.

  1. Desa Penglipuran, Bali

desa panglipuran bali 169

Desa Adat Penglipuran terkenal dengan kelestarian tradisinya dan konsep Tata Ruang Tri Mandala. Desa ini juga mempertahankan hutan bambu sebagai elemen penting dalam perlindungan lingkungan. Desa Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu dari tiga desa terbersih di dunia pada tahun 2018 oleh majalah Conde Nast Traveler.

  1. Desa Pemuteran, Bali

thumbnail

Awalnya dikenal sebagai desa nelayan, Desa Pemuteran kini telah menjadi destinasi wisata yang terkenal di Bali. Desa ini menawarkan keindahan keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan dan berbagai kegiatan menarik seperti diving, snorkeling, dan kunjungan ke penangkaran penyu. Pada tahun 2018, Desa Pemuteran masuk dalam daftar 10 Destinasi Terbaik Asia menurut Lonely Planet.

  1. Desa Tamansari, Banyuwangi

IMG 20211208 140525 scaled

Terletak di kaki Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, desa wisata Tamansari dikenal dengan kekayaan alamnya dan peternakan sapi perah yang menghasilkan produk susu berkualitas tinggi. Desa ini telah meraih predikat sebagai ‘Pemanfaatan Desa Wisata Terbaik’ dan terus menjadi tujuan wisata yang populer di Indonesia.

  1. Desa Pentingsari, Yogyakarta

pentingsari

Terletak di Kabupaten Sleman, desa wisata Pentingsari telah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi, termasuk Green Bronze Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA) untuk kategori ekonomi pada tahun 2017. Desa ini menawarkan berbagai kegiatan wisata budaya dan petualangan di sekitar Gunung Merapi.

  1. Desa Nglanggeran, Yogyakarta

nglanggeran

Terletak di Gunungkidul, Yogyakarta, desa wisata gunung api Nglanggeran menawarkan keindahan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seperti mendaki gunung, bermain di Embung Nglanggeran, dan menjelajahi wisata budaya Kampung Pitu. Pada tahun 2017, desa ini menerima penghargaan dari ASEAN Community Based Tourism (CBT) Awards.

Itu dia lima desa yang memiliki daya tarik wisata hingga kancah internasional. Desa-desa tersebut memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing yang perlu kita banggakan dan promosikan agar nantinya bisa membangun manfaat untuk masyarakat secara luas.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.