Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Berikut 10 Kelompok Orang yang Tidak Boleh Mengkonsumsi Teh Bunga Telang

fffbfd82 62ad 4850 b2e2 a05b8a829c7d 169

Madingmu.com – Bunga telang atau butterfly pea dikenal sebagai salah satu kembang untuk pembuatan minuman herbal.  Minuman teh biru ini memiliki beberapa potensi manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan tepat. Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak boleh minum teh bunga telang lho.

Dilansir dari laman Healthline (3/6/2022), kandungan bunga telang utamanya berupa antioksidan jenis antosianin. Senyawa ini dapat melawan penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Bunga ini juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, bersifat anti-jamur dan mikroba, serta menjaga kesehatan otak. Meski begitu, ternyata ada sekelompok orang yang tidak dianjurkan mengonsumsi bunga telang karena efek samping yang ditimbulkannya.

Lantas, siapa saja sih kelompok orang yang tidak boleh mengonsumsi bunga telang?

Orang Yang Tidak Boleh Minum Bunga Telang

Berikut ini sejumlah tipe orang yang sebaiknya menghindari atau mengurangi konsumsi bunga telang agar tidak mengalami efek samping tertentu.

  1. Penderita Tekanan Darah Rendah

Orang yang menderita tekanan darah rendah sebaiknya tidak meminum teh bunga telang. Pasalnya, minuman ini dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga, penderita hipotensi yang minum teh bunga telang berisiko mengalami tensi drop.

  1. Ibu Hamil

Dilansir  dari laman Vinmec, ibu hamil tidak dianjurkan untuk meminum teh bunga telang. Salah satu kandungan zat dalam bunga telang dikhawatirkan dapat membuat rahim berkontraksi. Oleh sebab itu ibu hamil sebaiknya menghindari meminum minuman ini selama mengandung buah hatinya.

  1. Ibu Menyusui

Selain ibu hamil, ibu menyusui juga perlu berhati-hati saat minum teh bunga telang. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kandungan bunga telang yang dapat memengaruhi bayi.

  1. Anak-anak

Anak-anak juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bunga telang, terutama bagian teh yang ada bijinya. Hal ini disebabkan karena adanya efek samping bunga telang pada anak-anak terkadang bisa memicu mual, muntah, atau diare.

  1. Perempuan Yang Sedang Haid

Perempuan yang sedang menstruasi sebaiknya tidak minum teh bunga telang. Teh biru ini dikhawatirkan bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Kondisi tersebut bisa memengaruhi haid.

  1. Penderita Alergi

Dilansir dari laman Greatist (30/8/2023), orang yang memiliki riwayat alergi nabati sebaiknya menghindari konsumsi tanaman yang mengandung serbuk sari, termasuk bunga telang. Penderita alergi berisiko mengalami reaksi alergi yang ditandai dengan gejala gatal, bentol-bentol di kulit, sampai dengan sesak napas.

  1. Pasien Operasi

Pasien yang akan dan baru menjalani operasi umumnya dianjurkan untuk diet dengan menu yang sudah diatur tenaga kesehatan. Pasien operasi tidak disarankan untuk minum seduhan bunga telang karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan berisiko memicu pendarahan saat dan pascaoperasi.

Baca Juga :

10 Manfaat Daun Kelor, Bisa Mengobati Penyakit Ringan hingga Berat

  1. Penderita Gangguan Pencernaan

Dilansir dari laman farmasi Medical Harpan Media House, orang yang punya gangguan pencernaan perlu berhati-hati dalam mengonsumsi teh bunga telang, terutama untuk kali pertama. Efek samping bunga telang terkadang dapat menyebabkan mual, sakit perut, bahkan diare.

  1. Orang Yang Sedang Menjalani Pengobatan

Orang yang tidak boleh minum teh bunga telang lainnya yaitu orang yang sedang minum obat tertentu. Mereka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kandungan bunga telang agar tidak mengganggu pengobatannya. Pastikan kombinasi bunga telang dan obat yang dikonsumsi tidak membahayakan atau membuat kinerja obat menjadi kurang efektif.

  1. Orang Yang Minum Obat Pengencer Darah

Orang yang minum obat antikoagulan atau pengencer darah sebaiknya tidak minum teh bunga telang. Obat ini berguna untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah, terutama pada penderita penyakit jantung atau stroke. Interaksi

kandungan bunga telang dan obat ini bisa memengaruhi efektivitas obat dan akan berdampak pada tubuh.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.