Jumat , 21 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

10 Manfaat Daun Kelor, Bisa Mengobati Penyakit Ringan hingga Berat

kelor IMG 20201112 131032 scaled 1

Madingmu.com – Ternyata daun kelor punya banyak manfaat lho, terutama untuk kesehatan, Kelor atau dikenal juga dengan sebutan Moringa oleifera ini merupakan tanaman obat yang cukup tenar di India.

Bahkan di negara asalnya, kelor dikenal sebagai tanaman ajaib karena khasiatnya yang banyak untuk kesehatan manusia. Khasiat daun kelor di bidang kesehatan ini tidak tanggung-tanggung, bahkan telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Daun kelor kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam jurnal ilmiah berjudul Moringa Oleifera is Prominent Source of Nutrients with Potential Health Benefits yang terbit pada 2021 lalu menyebutkan bahwa kandungan vitamin C pada daun kelor bahkan tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk. Tentu saja bukan hanya vitamin C, kandungan gizi dan nutrisi lainnya juga banyak. Mulai dari kalsium, protein, magnesium, hingga sebagai sumber fitonutrien.

Dengan kandungan gizi dan nutrisi yang banyak ini, ada beberapa khasiat daun kelor yang sangat sayang jika dilewatkan. Berikut penjelasannya !

  1. Mengatasi Asam Lambung

Polifenol, flavonoid, hingga asam askorbat dalam daun kelor cocok untuk kamu yang mengalami masalah asam lambung. Ketika asam lambung meningkat, cobalah untuk konsumsi daun kelor untuk menetralisirnya.

  1. Mencegah Diabetes

Daun kelor bisa menurunkan kadar gula darah yang cukup tinggi. Sebuah studi menunjukkan, saat kamu rutin mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor selama tiga bulan, maka gula darah bisa turun hingga 13,5%.

Selain dibuat bubuk, daun kelor kering yang dicampur ke dalam masakan juga bisa mengurangi gula darah hingga 21%.

  1. Menurunkan Kolesterol

Jika kadar kolesterol kamu termasuk tinggi, cobalah untuk memanfaatkan daun kelor. Daun kelor memang memiliki efek dalam menurunkan kolesterol. Efeknya bahkan mirip dengan gandum dan biji rami.

Jadi, tunggu apalagi kamu bisa menjadikan daun kelor sebagai lalapan saat makan siang dengan manfaat menurunkan kolesterol tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Prostat

Selain untuk kolesterol dan gula darah, daun kelor juga memiliki manfaat untuk organ vital pria. Daun kelor yang mengandung belerang atau glukosinolat bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Menjaga hati tetap sehat tentu saja sangat penting, pasalnya hati bertugas untuk menyaring zat racun yang masuk ke tubuh.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Polifenol dalam daun kelor ternyata bagus untuk menjaga kesehatan hati.

  1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Rutin mengonsumsi rebusan daun kelor bisa menurunkan asam urat lho. Alasannya karena daun kelor mengandung flavonoid, tanin, dan alkaloid.

Daun kelor juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi nyeri badan, pegal linu, hingga rematik.

  1. Menurunkan Tekanan darah Tinggi

Bagi kamu yang memiliki masalah dalam tekanan darah tinggi atau hipertensi, kamu bisa memanfaatkan khasiat dari daun kelor ini. Daun kelor mengandung thiocarbamate, glikosida, dan nitrile yang bisa menurunkan tekanan darah.

  1. Obat Cacingan

Daun kelor mengandung lektin, anti-inflamasi, antimikroba, serta anthelmintik. Semua zat ini bagus untuk melawan parasit yang menyerang tubuh, misalnya cacing kremi, hingga cacing pita.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara merebus daun kelor bersama cabai dan meniran. Kemudian meminum air rebusan tersebut untuk mengobati cacingan.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dan potasium dalam daun kelor cukup tinggi. Sehingga hal ini dapat menjadikan daun kelor bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Dengan begitu, mengonsumsi daun kelor bisa jadi langkah yang baik untuk mencegah penyakit kanker. Mulai dari kanker payudara, kanker pankreas, hingga kolorektal.

  1. Mencegah gangguan ginjal

Antioksidan yang terkandung dalam daun kelor cukup tinggi. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan daun kelor untuk mencegah terjadinya gangguan pada ginjal.

Itulah manfaat dari daun kelor untuk kesehatan. Mulai dari masalah kesehatan yang ringan hingga berat ternyata bisa diatasi oleh daun kelor.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.