Jumat , 19 Juli 2024
HeadlineSerba Serbi

Benarkah Minum Kopi Mengganggu Pertumbuhan? Begini Penjelasannya

20230618063353 fpdl.in close up hands barista making late art 110348 27 large
Foto : estudiohl-Freepik

madingmu.com – Ada banyak mitos seputar secangkir kopi dan kesegarannya. Benarkah minum kopi dapat mengganggu pertumbuhan tubuh? Berikut ini penjelasan ahli.

Kopi mengandung kadar kafein yang tinggi dan sering ditakuti karena efek sampingnya. Terlepas dari manfaat dan khasiatnya, konsumsi kopi, termasuk pada anak-anak, dianggap berbahaya pada beberapa kondisi.

Dorongan kafein yang tinggi pada jantung disebut-sebut dapat mengganggu kesehatan jantung anak. Selain itu, remaja yang mengonsumsi kopi dengan intensitas tinggi juga disebut-sebut dapat mengalami gangguan pertumbuhan.

Penelitian yang dilakukan oleh Massey University menjelaskan kaitan antara konsumsi kopi dengan kegagalan pertumbuhan pada anak. Menurut laporan di Stuff (16/6), anak-anak masih diperbolehkan mengonsumsi kafein dengan dosis maksimal 2-5 miligram per hari.

Beberapa dampak buruk dikhawatirkan akan muncul jika anak dibiarkan minum kopi melebihi batas aman yang dianjurkan. Ancaman seperti tekanan darah tinggi, mood yang tidak stabil, sakit kepala, dan sulit tidur bisa menyerang kapan saja.

Anak yang terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat mengalami gangguan perkembangan fisik, terutama pertumbuhan tulang. Namun, data lain menunjukkan bahwa konsumen kopi tertinggi tetaplah orang dewasa.

Sebanyak 70% orang dewasa mengonsumsi kopi setidaknya satu kali sehari. Memang tidak ada ancaman gagal tumbuh pada orang dewasa karena pertumbuhan tulang sudah berhenti sejak usia 18 tahun.

Namun, efek sampingnya dapat mengganggu kepadatan tulang pada orang dewasa jika mereka mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari. Ajmol Ali, seorang profesor dari Massey University, menyebutkan beberapa ancaman minum kopi berlebihan pada orang dewasa.

“Tulang terus mengalami kerusakan dan regenerasi. Kopi membuat tulang lebih sulit untuk memperbaiki diri sehingga seiring bertambahnya usia, hal ini menjadi ancaman besar dan awal dari osteoporosis,” kata Ali.

Osteoporosis merupakan salah satu keluhan yang banyak dialami orang dewasa, terutama yang mulai memasuki usia lanjut. Tidak hanya dipengaruhi oleh aktivitas fisik, namun pola makan juga dapat mempengaruhinya.

Kafein yang dipercaya dapat membantu menghasilkan energi, nyatanya juga dapat merusak kepadatan tulang secara perlahan jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, sudah siapkah Anda minum kopi dalam batas yang dianjurkan?

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.