Jumat , 24 Mei 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

Bantuan Hingga 12 Juta, Beasiswa ADiK Difabel 2023 DiBuka!

Putih Oren Biru Modern Simpel Pembelajaran Anak Anak Presentasi 20230910 200931 0000 3735638161

Madingmu.com – Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia. Tentunya, hal ini juga berlaku untuk mereka yang merupakan disabilitas. Dalam dunia pendidikan, sering kali para penyandang disabilitas mendapatkan kendala. Oleh karena itu  dalam upaya untuk mendukung akses pendidikan, Kemdikbud telah meluncurkan Beasiswa ADiK Difabel 2023

ADiK Difabel 2023 adalah program beasiswa yang ditujukan untuk mendukung pendidikan bagi individu dengan disabilitas. Program beasiswa ADiK (Afirmasi Pendidikan Tinggi) memiliki beberapa kategori yang disediakan. Salah satunya untuk difabel atau penyandang disabilitas.

Ada 4 kategori yang disediakan

  1. Beasiswa untuk wilayah Papua,
  2. Daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal)
  3. Difabel / Penyandang disabilitas
  4. Anak TKI

Beasiswa ini pun bisa diikuti oleh kamu yang masih di semester awal perkuliahan, khususnya untuk mahasiswa baru atau maba.

Cara Mendaftar

Dilansir dari laman instagram @puslapdik_dikbud. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 15 Oktober 2023. Pendaftarannya pun dilakukan secara kolektif oleh perguruan tinggi masing-masing. Oleh karena itu, kamu perlu menghubungi pihak kampus yang mengelola beasiswa ADiK Difabel 2023. Setelah itu, kamu akan segera diverifikasi untuk mengikuti program ini. Beberapa kampus yang terdaftar bisa dilihat di situs https://adik.kemdikbud.go.id/.

Syarat dan Ketentuan

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi. Berikut ini adalah beberapa persyaratan dan ketentuan Beasiswa ADiK Difabel 2023 dari tahun ke tahun.

  1. Mahasiswa baru yang lolos jalur SNBP, SNBT, Mandiri, atau jalur lainnya di perguruan tinggi
  2. Menyertakan surat keterangan penyandang disabilitas dari lembaga yang berkaitan
  3. Tidak sedang menerima bantuan lainnya yang bersumber dari APBN
  4. Mahasiswa yang statusnya on-going diperbolehkan mendaftar, asalkan maksimal 3 semester

Benefit Atau Keuntungan Yang DiDapat

Bagi para penerima beasiswa, kamu akan mendapat bantuan berupa biaya pendidikan atau UKT. Beasiswa ini juga dapat mencakup biaya hidup dan bantuan peralatan yang dibutuhkan oleh individu difabel dalam proses pembelajaran.

Manfaat utamanya adalah memberikan kesempatan yang setara untuk mengakses pendidikan tinggi tanpa terbebani oleh kendala keuangan. Karenanya, memungkinkan bagi para penerima beasiswa untuk meraih potensi mereka secara penuh.

Baca Juga : Pendaftaran Beasiswa SINGA 2024 Dibuka, Ini 4 Kampus Top yang Ikutan

Bantuan Biaya Pendidikan

Untuk bantuan biaya pendidikan, ada kategorinya dan tergantung dari universitasnya. Jika universitasnya sudah terakreditasi A, maka bantuan biaya yang akan didapatkan sebesar Rp2,4 juta hingga Rp12 juta per satu semester untuk prodi kedokteran. Sedangkan untuk prodi non-kedokteran bantuannya sebesar Rp2,4 juta hingga Rp8 juta per satu semester.

Jika universitas kamu berakreditasi B, maka bantuan biaya yang akan didapatkan sebesar Rp2,4 juta hingga Rp4 juta per satu semester.

Jika universitas kamu berakreditasi C, maka bantuan biaya yang akan didapatkan sebesar Rp2,4 juta per satu semester.

Untuk biaya hidupnya, kamu akan diberikan bantuan biaya sebesar Rp7,5 juta per satu semester.

Jika kamu memenuhi kualifikasi diatas, maka kamu bisa segera mendaftar kan diri sebelum pendaftarannya ditutup! Untuk informasi lengkapnya bisa dilihat di https://adik.kemdikbud.go.id/ atau Instagram @puslapdik_dikbud.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.