Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Bagi Siswi SMA/MA, Ini Syarat Daftar Tentara Wanita, Kowad, Wara, Kowal

korps wanita tni angkatan darat kowad saat mengikuti gladi d 0rrj

Madingmu.com –  Menjadi seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya bisa diikuti oleh para siswa lulusan SMA/MA saja. Akan tetapi para siswi lulusan SMA/MA juga bisa mendaftar menjadi prajurit TNI. Sebutan tentara wanita di jajaran TNI juga disesuaikan dengan matra yang ada di TNI, yakni TNI AD (Angkatan Darat), TNI AU (Angkatan Udara) dan TNI AL (Angkatan Laut). Sebutan untuk tentara wanita di masing-masing matra ialah tentara wanita di jajaran TNI AD disebut Korps Wanita Angkatan Darat atau Kowad. Tentara wanita di jajaran TNI AU disebut dengan Wanita Angkatan Udara atau Wara. Sedangkan sebutan tentara wanita di jajaran TNI AL disebut Korps Wanita Angkatan Laut atau Kowal.

Para siswi yang ingin menjadi tentara wanita perlu mengetahui apa saja syarat menjadi Kowal, Wara dan Kowad.  Dilansir dari laman Kompas.com dan laman http://al.rekrutmen-tni.mil.id, syarat daftar Kowad, Wara dan Kowal adalah sebagai berikut ini:

Persyaratan Umum Untuk Mendaftar Kowad Adalah Sebagai Berikut :

Dilansir dari laman ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/persyaratan/bintara-ad, berikut ini merupakan persyaratan untuk mendaftar Kowad.

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (menganut salah satu dari 6 agama yang diakui di Indonesia atau penghayat kepercayaan).
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.
  4. Berumur paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama.
  5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.
  6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.
  7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Persyaratan Lain Untuk Mendaftar Menjadi Kowad Adalah Sebagai Berikut :

  • Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
  • Berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan (Berlaku Paket C), dengan persyaratan nilai rata-rata.
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40,5 (untuk reguler dan unggulan wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 38,5 untuk wilayah lainnya.
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2020, nilai minimal rata-rata rapor dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika) adalah 68.
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021, nilai minimal rata-rata raport dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika) adalah 70.
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, nilai minimal rata-rata raport dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika) adalah 70.
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2023, persyaratan nilai rata-rata akan ditentukan kemudian.
  1. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah selesai Dikma.
  2. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama.
  3. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm bagi pria dan 157 cm bagi wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  4. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) minimal selama 10 tahun.
  5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  6. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi :
  • Administrasi.
  • Kesehatan.
  • Jasmani.
  • Litpers.
  • Psikologi.
  • Keahlian (khusus keahlian, keagamaan dan atlet).
  1. Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif.

Persyaratan Khusus Untuk Mendaftar Menjadi kowad Adalah Sebagai Berikut :

Persyaratan khusus ini diberlakukan tanpa mengesampingkan persyaratan umum dan persyaratan lain. Berikut merupakan persyaratan khusus yang harus diperhatikan siswi SMA/SMK sederajat:

  • Caba PK TNI AD reguler pria berlaku ketentuan umum tanpa persyaratan khusus.
  • Caba PK TNI AD reguler wanita diutamakan bagi yang memiliki penampilan menarik. dan/atau memiliki prestasi atau keahlian yang sesuai dengan kebutuhan TNI AD.
  • Caba PK TNI AD keahlian pria diperuntukkan bagi calon yang memiliki keahlian dan menguasai ilmu yang berkaitan dengan keahlian yang dituju sesuai dengan kebutuhan TNI AD.
  • Caba PK TNI AD keagamaan pria diperuntukkan bagi calon dengan agama tertentu dengan disertai persyaratan atau ketentuan administrasi yang ditentukan dan menguasai hemat ilmu keagamaan yang dipersyaratkan sesuai kebutuhan TNI AD.
  • Caba PK TNI AD khusus atlet Pria/Wanita diperuntukkan bagi calon yang memiliki prestasi minimal tingkat Provinsi (juara 1,2 atau 3) pada jenis cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games, ASIAN Games maupun Olimpiade namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan atlet TNI AD.
  • Caba PK TNI AD khusus Kopassus dan Kostrad diperuntukkan bagi pendaftar Caba PK TNI AD reguler pria yang memiliki kemampuan Jasmani dan Psikologi yang unggul serta Kesehatan yang memenuhi syarat, dimana alokasi untuk rekrutmen khusus Kopassus dan Kostrad akan mendapatkan prioritas dalam keterpilihannya.

Persyaratan Umum Untuk Mendaftar Wara Adalah Sebagai Berikut :

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Lulusan D3 maksimal 25 tahun saat pembukaan pendidikan 9 Desember 2023.
  5. Lulusan SMA/MA/SMK minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun saat pembukaan pendidikan.
  6. Tidak mempunyai catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian RI.
  7. Sehat jasmani dan rohani.
  8. Tidak sedang kehilangan hak sebagai prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
  9. Lulus pendidikan pertama untuk membentuk prajurit siswa jadi prajurit.

Persyaratan Tambahan Untuk Mendaftar Menjadi Wara Adalah Sebagai Berikut :

  1. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.
  2. Sanggup mengganti semua kerugian biaya jika mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir, yang meliputi biaya pendidikan, gaji, dan tunkin.
  3. Orangtua/wali harus menandatangani surat pernyataan bermaterai tidak menyuap/kolusi kepada pihak mana pun.
  4. Pendaftar yang sudah bekerja secara tetap harus memperoleh izin dari instansi dan bersedia mundur dari status kepegawaian apabila lulus dan diterima masuk pendidikan pertama.
  5. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan pertama hingga 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui orang tua/wali, lurah/kepala desa, dan KUA/catatan sipil setempat (bermaterai).
  6. Memperoleh persetujuan dari orang tua untuk siswa yang belum berusia 21 tahun atau persetujuan wali untuk peserta yang kedua orang tuanya sudah meninggal/berhalangan tetap yang disahkan kelurahan tempat domisili.
  7. Harus ikut dan lulus pengujian masuk.
  8. Menurut Permendagri Nomor 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan Bab VII ketentuan lain-lain PAsal 18-19, maka syarat fotokopi KTP dan KK tidak perlu dilegalisir.
  9. Tidak buta warna, tidak mempunyai riwayat TB paru aktif, tidak pernah melakukan terapi ortho-K, tidak pascalaparotomy dengan komplikasi, bedah refraksi yang dibolehkan adalah PRK; lasik, dan relex smile dengan ketentuan :
  • Batas refraksi sebelum operasi 5 dioptri Setelah operasi tajam penglihatan jadi 1.0 atau visus 6/6 atau koreksi maksimal 0.5 dioptri.
  • Tindakan operasi minimal 3 bulan sebelum seleksi.
  • Wajib membawa surat keterangan riwayat bedah refraksi yang berisi data kondisi penglihatan sebelum dan pasca-operasi saat seleksi.

Untuk informasi lengkap mengenai syarat mendaftar TNI AU termasuk menjadi tentara wanita TNI AU alias Wara bisa lihat di laman https://diajurit.tni-au.mil.id/#persyaratan

Persyaratan Umum Untuk Mendaftar Kowal Adalah Sebagai Berikut :

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Pada saat dilantik menjadi prajurit berusia minimal 18 tahun.
  5. Sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat penggunaan narkoba.
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  7. Berkelakuan baik & tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat).
  8. Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh tim Panda serta Panpus yang ditunjuk Kasal.

Persyaratan Lain Untuk Mendaftar Sebagai Kowal Adalah Sebagai Berikut:

  1. Pria atau wanita dengan tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan minimal 157 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  2. Berijazah SMA/MA dengan ketentuan nilai UN sebagai berikut :
  • Lulusan SMA/MA tahun 2016 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 50,00.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2017 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,00.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2018 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 46,00.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2019 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,50.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2020 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 6 terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika minimal 70,00 dan tidak ada nilai dibawah 60,00.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2021 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 s.d. 6 terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika minimal 70,00 dan tidak ada nilai dibawah 65,00.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2022 dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Nilai rata-rata rapor semester 1 s.d. 6 jurusan IPA minimal 75,00 dan tidak ada nilai dibawah 65,00.
  2. Nilai rata-rata rapor semester 1 s.d. 6 jurusan IPA bagi calon yang berasal dari provinsi Papua dan Papua Barat minimal 70,00.
  • Lulusan SMA/MA tahun 2023 jurusan IPA nilai UN akan ditentukan kemudian sesuai telegram Panglima TNI; dan atau kelas 12 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 5 minimal 6,50 serta sudah harus terdaftar sebagai peserta UN.

Persyaratan Tambahan Untuk Mendaftar Menjadi Kowal Adalah sebagai Berikut :

  1. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama.
  2. Bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  3. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.
  4. Bagi yang memperoleh ijazah dari Negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kembuddikdasmen dan atau Kemenristek dan Dikti.
  5. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik atau bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya.
  6. Bagi yang sudah bekerja wajib melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja/terkait dan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai apabila diterima menjadi Perwira Prajurit Sukarela TNI Angkatan Laut.
  7. Berdomisili minimal 12 bulan di wilayah Panitia Daerah/tempat pendaftaran terdekat yang dinyatakan sah secara administrasi maupun fakta terhitung dari tanggal pembukaan pendaftaran online.
  8. Memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan/sejenisnya yang masih aktif serta tidak ada tunggakan dan diverifikasi oleh faskes setempat.

Demikian adalah informasi mengenai syarat daftar Kowad, Wara dan Kowal yang perlu diketahui siswi lulusan SMA/MA.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.