Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Apakah Daging Sapi dan Domba Yang Lama Berada di Dalam Kulkas Aman di Konsumsi? Begini Penjelasannya!

merebus dagingjpg 20230628122118

Madingmu.com – Pada masa Idul Adha hampir di setiap rumah memiliki daging hewan kurban. Tak jarang, daging yang tak bisa dimasak dalam satu hari sekaligus, akan disimpan di lemari pendingin. Lantas berapa lama sih daging bisa bertahan baik di pendingin?

Banyak orang yang menyimpan daging di dalam pendingin seperti kulkas, ingin dagingnya tidak busuk. Hal ini benar adanya, karena pendinginan akan memperlambat pertumbuhan bakteri yang bisa membuat daging menjadi busuk.

Dilansir dari laman Healthline, Menurut pedoman Departemen Pertanian AS (USDA) untuk pendinginan dan keamanan pangan, ada dua jenis bakteri yang dapat tumbuh pada makanan, Yaitu:

  1. Patogen

Bakteri ini sangat berbahaya karena menyebabkan penyakit bawaan makanan. Ini bisa tumbuh dengan cepat pada makanan yang tidak didinginkan dan biasanya tidak dapat dideteksi dengan cara apa pun baik penampilan, rasa, atau bau makanan.

  1. Pembusukan

Bakteri ini berkembang dan tumbuh seiring dengan pembusukan makanan. Bakteri ini bisa mengubah warna, rasa, dan bau makanan. Namun, kecil kemungkinannya bakteri ini akan berhasil membuat sakit.

Meski begitu, apapun kasusnya, mengikuti aturan penyimpanan makanan yang aman akan membantu menjaga makanan tetap lezat dan aman untuk dimakan.

Jadi penting untuk dicatat, bahwa setelah disimpan harus mengonsumsi makanan tepat pada waktunya sebelum menjadi rusak atau berbahaya.

Berapa Lama Daging Bisa Bertahan Baik di Kulkas?

Dilansir dari laman USDA, untuk daging giling mentah, unggas, makanan laut, dan berbagai jenis daging (hati, lidah, chitterling, dan lain-lain), bisa disimpan di lemari es hanya 1 hingga 2 hari sebelum dimasak atau dibekukan.

Untuk daging sapi, daging sapi muda, domba, steak, dan daging lainnya dapat disimpan 3 sampai 5 hari. Setelah dimasak, daging, unggas, dan makanan laut dapat disimpan dengan aman di lemari es selama 3 hingga 4 hari.

Pedoman penyimpanan freezer hanya untuk kualitas makanan beku yang disimpan terus menerus pada suhu 0°F (-18°C) atau lebih rendah dapat disimpan tanpa batas waktu.

Untuk Daging Sapi Segar, Domba, Daging Sapi Muda:

  1. Daging: 3-5 hari (lemari es 4 derajat Celcius atau lebih rendah), 4-12 bulan (freezer -18 derajat Celcius atau lebih rendah).
  2. Bentuk steak: 3-5 hari (kulkas 4 derajat Celcius atau lebih rendah), 4-12 bulan (freezer -18 derajat Celcius atau lebih rendah).
  3. Bentuk pemanggangan: 3-5 hari (lemari es 4 derajat Celcius atau lebih rendah), 4-12 bulan (freezer -18 derajat Celcius atau lebih rendah).

Sementara untuk daging kambing giling, yang baik hanya satu atau dua hari di lemari es sebelum dimasak atau dibekukan. Jika ingin kualitas terbaik, daging matang dan daging giling mentah dapat dibekukan dan digunakan dalam waktu tiga hingga empat bulan.

Kemudian dalam bentuk steak mentah dan daging panggang, dapat disimpan dalam keadaan beku enam hingga sembilan bulan.

Namun, daging beku apa pun aman untuk jangka waktu yang sangat lama. Hanya kualitasnya (rasa, tekstur, kelembaban) yang menurun seiring dengan penyimpanan yang lebih lama.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.