Selasa , 23 April 2024
Literasi KeuanganEditor's PickHeadlineTerpopuler

Cara Mengatur Keuangan yang Simpel untuk Generasi Milenial dan Gen Z, Yuk Merapat!

uang
sumber:google/sribuu

Madingmu.com – Masyarakat kini mencari solusi yang mudah untuk mengelola keuangan mereka. Banyak orang yang mulai melek finansial dan menggunakan berbagai cara untuk mengatur keuangan agar lebih efisien dan tidak boros, terutama sejak pandemi COVID-19 tiba.

Agar dapat berinvestasi dan membeli rumah idaman di usia muda, para Milenial dan Gen Z juga secara bertahap mulai mempelajari literasi keuangan dan mencari strategi untuk mengelola keuangan mereka.

Milenial dan anggota Generasi Z dapat mengatur keuangan mereka dengan beberapa cara berikut ini:

1. Sebelum memulai pekerjaan atau menerima pendapatan, buatlah rencana anggaran keuangan

Membuat rencana anggaran keuangan atau budgeting sebelum menerima gaji atau uang dalam bentuk lainnya adalah cara mudah pertama untuk mengelola dana.

Mengapa penganggaran dilakukan sebelum menerima gaji?

karena Anda membutuhkan lebih banyak kontrol diri dan agar gaji Anda dapat bertahan lebih lama setelah Anda menerimanya.

Bagaimana cara membuat anggaran sederhana?

Kebanyakan orang yang baru mulai membuat anggaran menggunakan aturan 50:30:20, yaitu mengalokasikan 50% dari penghasilan Anda untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan (atau lebih, jika Anda menginginkan keinginan yang lebih besar), dan 20% untuk tabungan dan investasi.

Anda bisa membalikkan persentase tabungan dan keinginan menjadi 50% untuk kebutuhan hidup, 30% untuk tabungan, dan 20% untuk keinginan jika Anda ingin menabung lebih banyak.

Cara ini adalah salah satu cara untuk menghindari utang dan menjadi lebih hemat.

2. Menyisihkan uang segera setelah Anda menerima gaji atau penghasilan

Menabung di awal gaji atau penghasilan adalah pendekatan mudah kedua bagi generasi milenial dan generasi Z untuk mengelola keuangan mereka.

Mengapa tidak menabung lebih awal daripada nanti?

Dianjurkan untuk mulai menabung lebih awal jika masih banyak uang di awal. Jika diantisipasi bahwa banyaknya pengeluaran akan menyisakan uang untuk ditabung di akhir. Namun, jika masih ada sisa uang, bagi saja menjadi dua. Satu untuk ditabung, dan satu lagi untuk menambah anggaran di bulan berikutnya.

3. Mempertahankan cadangan dan tabungan darurat

Memiliki tabungan dan dana darurat adalah salah satu cara mudah bagi generasi milenial dan generasi Z untuk mengatur keuangan mereka. Gunakan cara-cara yang menyenangkan untuk menabung agar kegiatan menabung menjadi lebih menyenangkan.

4. Lunasi utang dan berikan sedekah

Sebelum menerima gaji atau uang, Anda juga perlu melunasi utang dan beramal atau berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Utang itu perlu, dan beramal dipandang dapat meningkatkan kesejahteraan finansial dan fisik.

Baca Juga : Mengelola Keuangan Anak SMA, Yuk Lakukan Cara Ini

5. Jika Anda sudah melunasi kewajiban Anda, memiliki tabungan, dan cadangan darurat, Anda harus berinvestasi.

Investasi yang berorientasi pada masa depan adalah ide yang bagus. Namun, hal ini harus dilakukan dengan dana dingin, yang sering dikenal sebagai uang yang tidak jelas tuEjuannya. Ketika Anda sudah melunasi tagihan, memiliki tabungan, dan dana darurat, Anda harus mulai berinvestasi.

Mengapa?

Mengingat hal tersebut dapat menurunkan risiko kegagalan. Jika Anda memiliki tabungan dan dana darurat, Anda akan aman dan dapat menggunakannya jika terjadi kegagalan dalam berinvestasi atau masalah dalam menarik uang.

6. Buatlah daftar belanja sebelum Anda berbelanja.

Anda harus membuat daftar belanja sebelum berbelanja mingguan atau bulanan, serta sebelum membeli sesuatu secara online, seperti tiket konser atau perawatan kulit.

Daftar belanja akan membantu Anda memutuskan apakah Anda benar-benar perlu membeli produk tertentu atau tidak, dan juga dapat memperkirakan berapa banyak uang yang Anda miliki.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.