Jumat , 18 Oktober 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Biar Ga Boncos, 4 Tips Ini Dapat Mengatur Keuangan Kamu di Usia-20an

1718888042237

Madingmu.com – Usia 20-an merupakan fase penting dalam hidup di mana banyak sekali perubahan yang terjadi, termasuk dalam hal keuangan. Mengatur keuangan di usia 20-an bukan hanya tentang menabung, tetapi juga tentang membuat perencanaan yang tepat dan memprioritaskan pengeluaran.

Pada usia ini, kamu mungkin mulai mendapatkan penghasilan tetap dan memiliki tanggung jawab finansial yang lebih besar. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengetahui cara cerdas dalam mengelola uang agar kamu bisa mencapai tujuan finansial dalam jangka panjang.

Baca Juga: Bye Investasi Bodong! Ini Dia 5 Cara Berinvestasi Bagi Pemula

Berikut ini  beberapa langkah praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan dengan bijak di usia 20-an

  1. Membuat Anggaran Bulanan

Cara Membuat Anggaran Bulanan 2023 11 24

Dengan memiliki anggaran, kamu bisa melihat dengan jelas berapa banyak uang yang masuk dan keluar di setiap bulannya.

Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu, termasuk biaya tetap seperti sewa, listrik, dan transportasi, serta pengeluaran variabel seperti makanan dan hiburan. Dengan cara ini, kamu bisa mengontrol pengeluaran dan menghindari pemborosan.

  1. Menyimpan Uang Untuk Dana Darurat

5eaa6c480722a

Dana darurat bisa kamu gunakan disaat situasi tak terduga terjadi, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis mendadak. Usahakan untuk menyisihkan sebagian dari pendapatanmu setiap bulan ke dalam tabungan dana darurat.

Idealnya, dana darurat ini setara dengan 3 hingga 6 bulan pengeluaran bulananmu. Dengan memiliki dana darurat, kamu bisa merasa lebih tenang dan siap dalam menghadapi keadaan darurat finansial.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Menetapkan Rencana Keuangan Jangka Panjang Bagi Para Freelancer!

  1. Menginvestasikan Uangmu

Cara Investasi Uang scaled 1

Investasi adalah cara cerdas untuk mengembangkan uangmu dan mencapai tujuan finansial jangka panjang. Mulailah belajar tentang berbagai jenis investasi seperti saham, obligasi, dan reksa dana.

BACA JUGA  Anak Muda Zaman Sekarang Masih Dengerin Radio Nggak Sih?

Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risikomu. Investasi di usia muda memungkinkan uangmu memiliki waktu lebih lama untuk berkembang, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

  1. Menghindari Utang Konsumtif

accurate.id Perilaku Konsumtif Adalah Suatu Hal yang Harus di Hindari Ini Caranya

Utang bisa menjadi beban besar jika tidak dikelola dengan baik. Hindarilah utang konsumtif, yaitu utang yang digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak memberikan nilai tambah, seperti gadget terbaru atau liburan mewah.

Jika kamu perlu berutang, pastikan utang tersebut digunakan untuk hal-hal yang produktif, seperti pendidikan atau memulai usaha. Selalu perhatikan bunga dan jangka waktu pembayaran utang agar tidak terjebak dalam masalah keuangan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.