Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

9 Hal Ini Tidak Membatalkan Puasa Akan Tetapi Makruh Untuk Dilakukan

puasa 20230321174740

Madingmu.com – Dalam menjalankan ibadah puasa, umat Islam cenderung sangat berhati-hati agar terhindar dari batalnya puasa. Terlepas dari semua itu ternyta ada hal yang dianggap membatalkan puasa, akan tetapi ternyata hukumnya makruh.

Dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), makruh adalah perbuatan yang jika ditinggalkan akan mendapat pahala. Namun apabila dilakukan, itu tidak mendapat dosa. Dengan kata lain, hukum makruh merupakan sebuah anjuran atau larangan yang tidak bersifat mutlak.

Hal-hal Makruh Ketika Puasa

Meski tidak dapat membatalkan puasa, hal-hal yang hukumnya makruh dapat mengurangi kualitas dan pahala puasa sehingga lebih baik untuk menghindarinya. Dilansir dari laman resmi Universitas Islam An Nur Lampung, berikut ini ada 9 hal yang makruh dilakukan saat puasa.

  1. Kumur dan Menghirup Air Ke Hidung

219a4177 dd3c 4aba b378 6d28d5a86078 169

Berkumur dan menghirup air ke hidung secara berlebihan hukumnya adalah makruh. Hal ini karena dikhawatirkan dapat tertelan dan masuk ke dalam tubuh.

Meski begitu, ada dua pendapat ulama terkait hal tersebut. Jika dilakukan dengan sengaja, puasa menjadi batal dan harus diganti pada lain hari. Sementara sebagian berpendapat bahwa puasa tidak batal apabila tidak sengaja dilakukan.

Lantas bagaimana dengan kumur dan menghirup air sebagai bagian dari wudu? Kedua hal ini dapat dilakukan dengan sewajarnya sebagai bentuk hati-hati atas batalnya puasa.

  1. Mencium Pasangan

cara berciuman ini mengundang risiko penyakit

Pada dasarnya, mencium pasangan diperbolehkan saat melaksanakan puasa. Selama perbuatan ini hanya sebatas bentuk ungkapan kasih sayang dan tidak menimbulkan nafsu syahwat.

Hal ini menjadi makruh karena terkadang mencium pasangan dapat menyebabkan keluarnya mani dan membangkitkan nafsu untuk berhubungan badan. Jika hal tersebut terjadi, maka puasa akan batal dan harus diqada serta membayar tebusan (kaffarah).

  1. Memandang Lawan Jenis

memandang lawan jenis dalam islam lead

Selain mencium pasangan, memandang lawan jenis juga makruh dilakukan. Hal ini dapat memicu nafsu syahwat dan mengganggu konsentrasi saat ibadah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh hadits Ahmad. “Pandangan mata adalah salah satu panah dari panah setan. Barang siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan memberinya iman yang manis rasanya di dalam hatinya”. (HR Ahmad)

  1. Membayangkan Hubungan Badan

001857300 1568187460 hop design dDo5fbDH5Ss unsplash

Memikirkan aktivitas saat hubungan seksual atau jima’ juga harus dihindari. Tindakan ini dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal tersebut.

Ketika orang tersebut tidak dapat menahan nafsu dan melakukan hubungan badan, maka puasanya pun batal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjauhi berbagai bentuk pikiran negatif yang dapat merusak puasa.

  1. Mencicipi Makanan Tanpa Tujuan Tertentu

48076 hukum mencicipi makanan saat puasa freepik

Mencicipi makanan saat puasa diperbolehkan hanya untuk keperluan khusus, seperti makanan untuk anak kecil atau orang sakit. Puasa tidak akan batal selama makanan tidak tertelan.

Akan tetapi hal ini bisa menjadi makruh apabila dalam mencicipi makanan tidak ada maksud tertentu. Hukum makruh disebabkan oleh adanya kemungkinan makanan akan masuk ke dalam tubuh secara disengaja. Sehingga mengakibatkan puasa menjadi batal.

  1. Meninggalkan Sahur

ilustrasi makan sahur 1

Meski hukum dari sahur adalah sunah, Rasulullah sangat menganjurkan untuk melaksanakan sahur. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadis.

“Makanlah sahur, karena sesungguhnya di dalam sahur itu ada berkah”. (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, makruh hukumnya jika meninggalkan sahur yang menjadi bagian dari sunah Rasulullah SAW tanpa ada alasan tertentu. Terlebih, sahur dapat membantu dalam menahan lapar dan dahaga selama melaksanakan ibadah puasa.

  1. Tidak Menyegerakan Berbuka

sunnah berbuka puasa 2

Menyegerakan untuk berbuka ketika sudah waktunya merupakan sunah Rasulullah SAW. Jika tidak dilakukan tanpa suatu alasan khusus, maka hukumnya menjadi makruh.

Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang akan selalu berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka”. (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Bersiwak atau Menggosok Gigi Saat Zuhur

8b4c3997a232bd51443ba2601b09d212

Pendapat ulama terbagi dalam merespons hal ini. Imam Rofi’i berpendapat bahwa bersiwak atau menggosok gigi ketika waktu zuhur tiba (zawal) hukumnya adalah makruh. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan rasa haus karena berpuasa. Terdapat hadist yang menjadi pijakan dari pendapat ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi”. (HR Bukhari dan Muslim)

Sementara, Imam Nawawi menganggap bahwa hal ini bukanlah makruh. Dalil yang dipegang oleh pendapat ini berupa hadist yang memerintahkan untuk bersiwak setiap hendak melaksanakan salat.

“Kaulah tidak memberatkan umatku, manusia, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak (menggosok gigi menggunakan kayu siwak) setiap hendak salat”. (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

Berkumur dan sikat gigi tidak akan membatalkan puasa. Selama kedua hal ini dilakukan dengan sewajarnya dan tidak ada air yang tertelan dengan sengaja.

  1. Bergunjing, Berbohong, dan Memfitnah

ilustrasi penyakit hati

Walaupun tidak membatalkan puasa, ketiga hal ini jelas dimakruhkan karena dosa besar yang akan didapat. Terlebih lagi bergunjing (ghibah), berbohong (dusta), menyebarkan fitnah (namimah), dan berkata buruk lainnya dapat merusak hubungan persaudaraan antar sesama manusia. Allah SWT pun juga tidak menyukai dengan tindakan ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatan dusta, maka Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makan dan minumnya”. (HR Bukhari)

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.