Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

8 Kursus Online Ada yang Gratis dan Dapat Sertifikat

1 jAPCrF8BxtAztVYvwiUbWQ

Madingmu.com – Mengikuti kursus online dan mendapat sertifikat bisa digunakan untuk menambah pengalaman dan “mempercantik” Curriculum Vitae (CV). Dengan mengikuti berbagai kursus online, kamu pun bisa menambah keterampilan sehingga perusahaan pun tak ragu untuk merekrutmu. Terlebih di era sekarang saat teknologi dan internet sudah sangat berkembang sehingga kursus online pun bisa dengan mudah diakses mahasiswa. Dilansir dari laman Kita Lulus, Sabtu (18/11/2023) ada sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti kursus online gratis.

Berikut deretan kursus online gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah skill dan mempermudah langkahmu dalam mencari pekerjaan :

  1. Microsoft

Jika kamu ingin memperdalam skill di bidang cloud computing, kursus online Microsoft bisa jadi pilihan tepat. Sebagai perusahaan teknologi terbesar dunia, Microsoft juga menyediakan kursus online gratis dengan materi konsep cloud computing, jenis-jenis cloud computing, dan berbagai layanan cloud computing. Untuk mengikuti kursus ini, kamu bisa akses langsung microsoft.com/en-us/trainingdays.

  1. Google Skillshop

Mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa Google menyediakan kursus online bersertifikat yakni Google Skillshop. Website ini menyediakan berbagai kursus yang akan membantu dalam menguasai berbagai fitur Google. Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja atau sedang bekerja di dunia digital marketing. Beberapa kursus yang tersedia seperti Pengelolaan Konten dan Aset Youtube, Google Analytics, Google Ads, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin mencoba mengikuti kursusnya, kamu dapat mengunjungi laman skillshop.withgoogle.com.

  1. Oracle

Dengan mengikuti kursus online Oracle, kamu bisa memperdalam ilmu teknologi dan informasi. Ada banyak materi kursus online gratis yang tersedia dan bisa kamu ikuti diantaranya data science dan cloud computing. Durasi setiap kursus berbeda-beda, mulai dari 3 jam hingga 20 jam. Kamu bisa mengikuti kursus Oracle dengan membuka link berikut ini oracle.com/corporate/blog/free-certifications-oracle-oci-autonomous-033020.html

  1. IndonesiaX

IndonesiaX menjadi salah satu kursus online berbahasa Indonesia. Di IndonesiaX ada berbagai pilihan materi yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Kursus online ini juga menggandeng institusi dan instansi besar sebagai pemateri seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institusi Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi. Materi kursus yang bisa kamu pilih misalnya Business and Management, Communication, Computer Science, Engineering, Law, Economics and Finance dan lain-lain. Kursus di IndonesiaX juga gratis, jika kamu ingin mendapatkan sertifikat kamu perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp 250.000. Jika ingin mencoba mengikuti kursus di IndonesiaX, kamu bisa membacanya di laman berikut https://indonesiax.co.id .

  1. Digital Talent Scholarship Kominfo

Kursus online berbahasa Indonesia ini merupakan program pelatihan yang disediakan oleh Kominfo. Program ini terbuka untuk masyarakat umum dan fokus pada bidang IT. Beberapa program pelatihan yang tersedia antara lain VSGA (Vocational School Graduate Academy), FGA (Fresh Graduate Academy), CTA (Coding Teacher Academy), OA (Online Academy), TA (Thematic Academy), serta RDA (Regional Development Academy). Kursus online bersertifikat ini bisa kamu ikuti secara gratis. Jika kamu tertarik, kamu bisa akses https://digitalent.kominfo.go.id.

  1. Google Digital Garage

Satu lagi kursus online dari Google yang bisa kamu coba daftar yakni Google Digital Garage. Google Digital Garage ini juga merupakan kursus online gratis yang bisa kamu manfaatkan. Berbagai materi yang berhubungan dengan dunia digital bisa kamu pelajari secara gratis di sini. Mulai dari digital marketing, business and career development, programming, data dan teknologi, dan masih banyak lagi. Materi disampaikan dengan video yang mendalam dan terperinci, jadi kamu jangan khawatir takut tidak bisa mengerti. Bila ingin mencoba kursus online gratis Google, kamu bisa akses di learndigital.withgoogle.com/digitalgarage.

  1. Coursera

Kursus online berikutnya adalah Coursera. Coursera merupakan situs yang sudah ada dari tahun 2012 ini menyediakan lebih dari 3.900 kursus. Beberapa kursus tersedia gratis. Kamu dapat mengikuti berbagai bidang secara gratis, seperti seni, kesehatan, analisis data, bisnis, dan lain-lain. Apabila kamu tertarik mendaftar, bisa membaca info lengkapnya di coursera.org.

  1. EdX Kursus

online gratis selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah EdX. Ada berbagai macam materi yang bisa kamu ikuti desain, pemrograman, ilmu bahasa, dan lain-lain. Selain menyediakan banyak materi, kelebihan lain dari EdX adalah telah bekerja sama dengan banyak universitas terkemuka seperti dengan Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Boston, hingga Universitas California.

Itulah 8 kursus online gratis dengan sertifikat. Akan tetapi ada beberapa kursus online yang menarik biaya untuk mendapatkan sertifikat dan ada yang tidak. Informasi ini bisa membantu para mahasiswa yang ingin mengikuti kursus online untuk menambah pengalaman.

Follow Juga : Instagram madingmu  

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.