Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickBeasiswaHeadlineTerpopuler

8 Beasiswa S1-S3 Ke Luar Negeri Tanpa LoA Unconditional, Kuliah Gratis dan Dapat Tunjangan

ilustrasi kuliah ilustrasi jurusan ilustrasi mata pelajaran populer

Madingmu.com – LoA Unconditional adalah surat yang diberikan oleh perguruan tinggi yang isinya menyatakan bahwa mahasiswa telah diterima di perguruan tinggi pilihan tanpa ada syarat lainnya. Sehingga calon mahasiswa hanya tinggal registrasi ulang saja.

Dan lewat 8 beasiswa ke luar negeri ini, calon mahasiswa S1, S2, dan S3 bisa mendaftarkan diri dengan lebih mudah. Apa aja sih beasiswa tersebut? Simak dibawah ini.

  1. Monbukagakusho Scholarship/MEXT – Jepang

Beasiswa ini dibuka bagi jenjang S1, S2 dan S3. Untuk jenjang S1, mahasiswa berhak mendapatkan biaya kuliah, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen per bulan atau sekitar Rp 15,5 juta per bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar.

Bagi jenjang S2 dan S3, untuk jenjang S2 sebesar 147.000 yen atau sekitar Rp 15 juta dan S3 148.000 yen atau sekitar Rp 15,8 juta dan dapat berubah sesuai dengan ketentuan peraturan program beasiswa MEXT. Dokumen yang dibutuhkan hanya data diri, ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainnya.

  1. Global Korean Scholarship – Korea Selatan

Beasiswa S1 ke Korea Selatan ini memberikan persyaratan jika pendaftar adalah siswa yang masuk ke dalam 20 besar rangking sekolah. Selain gratis kuliah, mahasiswa S1 berhak mendapatkan biaya hidup 900.000 KRW atau sekitar Rp 10 juta dan biaya lain seperti biaya studi bahasa Korea hingga asuransi kesehatan.

Bagi jenjang S2 dan S3, berhak mendapatkan uang saku bulanan sekitar 1.000.000 KRW atau Rp 12 juta ditambah biaya studi bahasa Korea, bantuan riset, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat. Tak ada syarat LoA Unconditional yang diminta. Siswa bisa melampirkan sertifikat Test of Proficiency in Korean (TOPIK) atau sertifikat berbahasa Korea.

  1. Australia Awards Scholarship – Australia

Beasiswa ini bisa dilamar mahasiswa S1 dan S2. Bantuan untuk biaya hidup selama belajar di Australia adalah sebesar 30.000 dollar Australia atau sekitar Rp 305 juta per tahun. Dokumen yang diperlukan contohnya Curriculum Vitae (CV), ijazah, transkrip nilai, sertifikat Bahasa Inggris, dan KTP.

  1. New Zealand Scholarship – Selandia Baru

Selain mendapatkan biaya kuliah penuh dan uang saku, beasiswa S2 dan S3 ini bisa didaftar jika belum memiliki sertifikat IELTS atau TOEFL. Meski begitu, pelamar tetap dipertimbangkan jika memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Baca juga: Beasiswa S1 Tanpa Batas Usia ke Korea Selatan 2024, Kuliah Gratis-Tunjangan

  1. Turkiye Burslari Scholarship – Turki

Beasiswa ini berlaku bagi jenjang S1 hingga S3. Selain gratis kuliah, mahasiswa berhak mendapatkan uang bulanan. Misalnya, mahasiswa S1 biaya bulanannya TL 1.000 atau sekitar Rp 1 juta, mahasiswa S2 mendapatkan TL 1.400 atau sekitar Rp 1,4 juta, lalu mahasiswa S3 mendapatkan TL 1.800 atau sekitar Rp 1,8 juta per bulan.

  1. Beasiswa Chevening – United Kingdom

Beasiswa Chevening juga tidak mensyaratkan LoA Unconditional bagi mahasiswa S2. Persyaratan yang diberikan, salah satunya adalah mahasiswa sudah bekerja (part time/full time) selama 2 tahun.

Mahasiswa berhak mendapatkan biaya kuliah (termasuk biaya ujian dan laboratorium), biaya hidup selama selama di Inggris (akomodasi, transportasi dan makan sehari-hari, pulsa telepon, kebutuhan kuliah, dan kesehatan) serta kesempatan untuk mengembangkan segi profesional. Kesempatan bergabung ke dalam komunitas global dan mendapatkan jaringan eksklusif

  1. Fulbright Scholarship Grant for Indonesia

Beasiswa S2 dan S3 ini didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan AMINEF Indonesia. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa asing, tanpa perlu melampirkan LoA Unconditional. Terbuka untuk semua jurusan, kecuali kedokteran dan perawatan. Selain gratis kuliah, ada juga biaya visa, tunjangan biaya hidup, asuransi kecelakaan dan kesehatan sesuai pedoman Pemerintah AS.

  1. Vlir-Uos – Belgia

Beasiswa ke luar negeri jenjang S2 ini memberikan biaya kuliah penuh selama masa studi (tuition fee), tunjangan sejumlah 1.150 euro per bulan atau sekitar Rp 19,7 juta per bulan. Lalu ada Z logistik Asuransi Akomodasi dan tiket pesawat PP Indonesia – Belgia Biaya visa, biaya legalisasi dokumen, dan biaya perjalanan. Tidak ada syarat LoA Unconditional di dalam persyaratan beasiswa ini.

Itulah 8 beasiswa ke luar negeri tanpa perlu LoA Unconditional. Jadi, mahasiswa S1, S2, S3, sudahkah menentukan pilihanmu?

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.