Rabu , 26 Juni 2024
Hiburan

7 Tips Menghilangkan Lecek pada Pakaian tanpa di Setrika

033059300 1504760943 popsugar.com1

Madingmu.com – Mengenakan pakaian yang kusut atau lecek tentu saja membuat kamu tidak nyaman dan dapat mengurangi penampilan.

Biasanya pakaian lecek terjadi saat proses pencuci dan penjemuran, seperti memeras pakaian secara kuat dan tidak mengkibaskan atau meratakan pakaian ketika menjemurnya.

Untuk mengurangi lecek pada pakaian mudah dilakukan dengan menyetrika pakaian. Akan tetapi bagaimana jika tiba-tiba setrika di rumah rusak?

Kini kamu tak perlu khawatir, karena ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan pakaian kembali rapi tanpa harus menggunakan setrikaan.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (31/1/2024), berikut ini cara menghilangkan lecek pada pakaian tanpa di setrika.

  1. Gunakan Semprotan Pelepas Kerut

Semprotan Pelindung Statis 30 100Ml untuk Pakaian Semprotan Penyegaran Kain Penghilang Statis Semprotan Pelepas Kerut Cucian

Semprotan pelepas kerut komersial bekerja baik dalam merilekskan kain. Ikuti petunjuk pada label produk dan berikan waktu cukup hingga pakaian mengering sebelum dikenakan.

Kebanyakan semprotan bekerja paling baik jika kamu menggantung pakaian dan menghaluskannya dengan tangan saat menyemprot.

  1. Ambil Steamer Pakaian

5fd8cce7b5572

Steamer atau uap pakaian genggam atau model lantai wajib dimiliki oleh kamu jika kamu tidak suka menyetrika pakaian.

Uap yang dihasilkannya menembus kain, mengendurkan serat dan menghaluskan kerutan, sekaligus membantu dalam menghilangkan bau, debu, dan juga bakteri.

Ikuti petunjuk berikut ini untuk mengisi steamer dan biarkan air memanas sepenuhnya untuk membantu mencegah percikan sebelum uap muncul.

Tips Menggunakan Steamer Untuk Menghaluskan Pakaian.

  • Letakkan pakaian di gantungan dan gantung di rak pakaian, batang tirai kamar mandi, ataupun pengait.
  • Pegang nosel steamer dengan tegak setidaknya 2,5 sentimeter dari permukaan kain.
  • Luruskan kain dan pegang pakaian di bagian tepinya saat kamu mengerjakannya.
  • Selalu biarkan kain benar-benar kering sebelum mengenakan pakaian.
  1. Uap Dengan Handuk Basah dan Mesin Pengering

H2765911d3c344612a974296a456ad752q

Celupkan handuk mikrofiber yang tidak berbulu ke dalam air dan peras hingga tidak menetes lagi. Kemudian tempatkan handuk basah ke dalam drum pengering serta tambahkan kain bersih dan kusut.

Atur siklus ke suhu sedang-tinggi dan jatuhkan benda-benda tersebut selama sekitar lima menit. Saat barang masih lembap, gantungkan pada gantungan yang kokoh untuk menyelesaikan pengeringan udara.

  1. Masukkan Es Batu Ke Mesin Pengering

es batu 169

Jika pengering tidak memiliki pengaturan siklus panas uap (untuk membantu menyegarkan pakaian yang kusut), masukkan lah beberapa es batu ke dalam mesin pengering otomatis dan tambahkan pakaian lecek.

Kemudian nyalakan mesin pengering dengan suhu tinggi dan biarkan pakaian terendam selama lima menit. Es akan mencair dan menghasilkan uap yang akan membantu dalam mengendurkan kerutan.

Segera keluarkan pakaian dari mesin pengering dan gantung hingga kering. Ratakan kain dengan tangan serta luruskan kerah dan manset.

  1. Gunakan Uap Dapur

01 Inilah 5 Jenis Cooker Hood Agar Dapur Menjadi Lebih Sehat

Uap dapur juga bisa lho digunakan sebagai cara menghilangkan lecek pada pakaian tanpa disetrika. kamu dapat menggunakan ketel teh sebagai pengukus pakaian.

Biarkan uapnya keluar dan arahkan kelembapannya ke pakaian lecek, lalu gerakkan ketel dan pastikan melindungi tangan kamu dari panas nya uap.

  1. Rilekskan Kerutan Dengan Steam Shower

1 enclosure

Dengan menutup pintu dan jendela agar dapat menciptakan kamar mandi beruap, kemudian matikan kipas ventilasi kamar mandi, dan nyalakan shower atau mengisi bak mandi dengan air panas.

Gantungkan pakaian di dekat uap dan biarkan uap bekerja selama mungkin. Tarik dan ratakan pakaian secara perlahan saat kerutan mengendur untuk membantu menghaluskan kain. Biarkan pakaian mengering sebelum dikenakan.

  1. Pengering Rambut

202202101506 main

Pengering rambut dapat menghasilkan panas dan kamu dapat menambahkan kelembapan untuk membantu mengendurkan lecek atau kerutan pada pakaian. Dan berikut tips menggunakannya.

  • Gantungkan pakaian dan semprotkan sedikit dengan air biasa.
  • Arahkan pengering rambut ke arah kain dan gerakkan terus ke seluruh permukaan.
  • Tarik keliman pakaian untuk menghaluskannya dan pastikan menjaga nosel pengering rambut beberapa sentimeter dari pakain untuk mencegah panas berlebih.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.