Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Rekomendasi Buku dari Penulis Muslim, Cocok Untuk Dibaca saat Bulan Ramadan!

manfaat membaca buku bagi otak d 20220517034052

Madingmu.com – Bulan Ramadan menjadi bulan di mana umat Islam menunaikan ibadah puasa dan dianjurkan untuk mengamalkan amal saleh. Namun, selain beribadah, melakukan hobi atau rutinitas yang bermanfaat juga tetap diperbolehkan sembari menunggu waktu berbuka, Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membaca buku.

Dilansir dari Buzzfeed, ini dia beberapa rekomendasi buku yang cocok dibaca saat bulan Ramadan.

  1. Mad, Bad & Dangerous To Know

51094449 scaled

Kisah Khayyam, remaja perempuan dari Amerika yang sedang berlibur ke Paris untuk melepas penat dari permasalahan hidupnya. Ternyata saat di Paris, ia bertemu dengan keturunan dari penulis Alexandre Dumas.

Bersama-sama, mereka mengeksplorasi keterkaitan karya dan tulisan dari Dumas, Delacroix, dan Byron pada sosok perempuan Muslim pada abad ke-19 bernama Leila.

  1. The Weight of Our Sky (Hanna Alkaf)

35614314

Buku ini mengisahkan tentang perjalanan Melati, remaja perempuan dengan gangguan OCD yang tiba-tiba terpisah dari ibunya karena kerusuhan etnis China dan Melayu di Kuala Lumpur pada tahun 1969.

Dalam upaya mencari ibunya, ia dibantu oleh seorang remaja pria beretnis China bernama Vincent. Buku ini mengajak pembaca memahami perjuangan Melati menghadapi gangguan mentalnya dan menantang keberaniannya.

  1. Once Upon an Eid (Editor oleh S. K. Ali & Aisha Saeed)

50158635

Buku ini adalah antologi dari berbagai penulis hebat seperti G. Willow Wilson, Hena Khan, Randa Abdel-Fattah, dan penulis-penulis lainnya.

Sesuai judulnya, cerita-cerita yang dimuat berkaitan dengan serba-serbi perayaan Hari Raya yang menyenangkan dan penuh memori. Buku ini juga dilengkapi dengan puisi, bab novel grafis, dan ilustrasi.

  1. That Can Be Arranged (Huda Fahmy)

that can be arranged 9781524856229 hr

Menceritakan kisah tentang Huda Fahmy bertemu dengan suami, buku memoar grafis ini membahas lika-liku bertemu calon yang tidak cocok, bibi-bibinya yang kerap ikut campur, dan ekspektasi umum masyarakat terhadap perempuan Muslim di abad 21.

Fahmy berhasil mengemas gambaran mencari jodoh dengan humor yang relevan, karena berkaitan dengan dilema pilihan pribadi dan tradisi.

  1. The Gift of Ramadan (Robiah York Lumbard, Ilustrasi oleh Laura K. Horton)

1 Dl7W91WSC6ltLVsgPZjfjA

Mengisahkan tentang Sophia, perempuan kecil yang sedang belajar berpuasa Ramadan. Buku ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki adik, saudara, atau anak yang masih kecil untuk mengajarkan puasa. Akankah Sophia berhasil mengikuti rangkaian bulan Ramadan?

  1. The Bad Muslim Discount (Syed M. Masood)

50618289

Pada tahun 1955 di Pakistan, golongan fundamentalis di pemerintahan dan kelompok fanatik yang berkeliaran di jalan meyakinkan Anvar sekeluarga untuk pindah ke California. Sementara ibu dan saudaranya masih terkait erat dengan komunitas Desi, Anvar sendiri lelah menjadi seorang Muslim yang baik.

Di sisi lain, Safwa, seorang perempuan Baghdad yang sedang menghadapi perang, menemukan cara berbeda nan rahasia untuk ke Amerika. Secara tak sengaja, mereka saling terhubung dan ketika dunia mereka bersatu, nasib keduanya memicu serangkaian peristiwa yang berdampak pada komunitas mereka.

  1. Love from A to Z (S. K. Ali)

CD Love From A to Z

Buku ini bercerita tentang Zayneb, seorang perempuan yang dihukum karena mengkonfrontasi gurunya yang islamofobik. Setelah itu, ia pergi ke rumah bibinya di Doha, Qatar, untuk menghabiskan liburan musim semi dan memulai awal yang lebih “baik” karena tidak ada seorangpun yang mengenalnya.

Kemudian, ia bertemu dengan Adam. Adam adalah lelaki yang diam-diam menyembunyikan diagnosis sklerosis dari keluarganya yang masih berduka atas kepergian ibunya. Mereka berdua sama-sama menyimpan rahasia, namun juga mengalami keajaiban dan keanehan dalam hidup mereka.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.