Jumat , 21 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

7 Kebiasaan Unik Orang Jenius Dengan IQ Tinggi

4186214737

Madingmu.com – Kecerdasan muncul dalam berbagai bentuk. Coba lihat Albert Einstein, William Shakespeare, dan Marie Curie. Masing-masing memiliki kisah hidup yang berbeda dan memberikan kontribusi unik kepada dunia. Namun ada kualitas tertentu yang dimiliki oleh hampir semua orang super pintar di dunia.

Berikut ini adalah 7 kebiasaan unik orang jenius dengan IQ tinggi:

  1. Sering merasa khawatir

Penelitian pada tahun 2015 berjudul ‘Intelligence and emotional disorders: Is the worrying and ruminating mind a more intelligent mind?’ menemukan hubungan antara kecerdasan verbal dan kecenderungan untuk khawatir atau merenung.

Sebuah studi kecil tahun 2011 juga menghubungkan kecemasan dengan kecerdasan. Penulis penelitian menjelaskan bahwa orang dengan IQ tinggi mungkin memiliki banyak kekhawatiran. Temuan ini mungkin tampak agak kontradiktif, namun orang yang sangat cerdas mungkin menghabiskan lebih sering khawatir karena mereka memiliki pengetahuan luas tentang potensi ancaman dan ingin bersiap menghadapi setiap kemungkinan. Kekhawatiran ini mungkin melibatkan brainstorming rencana untuk menangani situasi atau memikirkan cara untuk menghindari masalah.

  1. Senang Menyendiri

Menurut sebuah studi pada tahun 2016 yang dipublikasikan oleh PubMed Central, orang dengan kecerdasan lebih tinggi merasa kurang puas dengan hidup ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu bersosialisasi dengan teman.

Sebagian orang mungkin mengartikan bahwa orang yang cerdas tidak menyukai orang lain atau hanya memiliki sedikit teman, namun ada pendapat lain: orang cerdas senang menghabiskan waktu di kepalanya sendiri untuk merenungkan masalah dan menemukan ide-ide baru.

  1. Senang Mencari Tahu

Rasa ingin tahu nampaknya terkait erat dengan kecerdasan. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2016, para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang memiliki skor IQ lebih tinggi pada usia 11 tahun cenderung menunjukkan keterbukaan yang lebih besar terhadap pengalaman pada usia 50 tahun.

Alih-alih menerima “Memang begitulah adanya” sebagai jawaban, orang cerdas berusaha mencari tahu alasannya.

  1. Sering Begadang

Mereka yang memiliki IQ tinggi juga tidak memiliki jam tidur yang banyak. Orang-orang tersebut akan menghabiskan waktunya dengan hal produktif.

Orang yang masuk golongan ini senang dengan suasana malam. Karena saat itu cenderung hening untuk berpikir dan merancang sesuatu.

  1. Sering Mengkritik Diri Sendiri

Berdasarkan studi tahun 1999 dari Cornell University, orang yang tidak kompeten tidak mengenali ketidakmampuan diri sendiri. Ini membuat penilaian diri mereka menjadi meningkat.

Fakta ini berbeda dengan pemikiran banyak orang yang menyebutkan orang cerdas memiliki kepercayaan diri tinggi. Namun ternyata studi itu menyebutkan orang yang kompeten cenderung meragukan kemampuan mereka dan karenanya sering mengkritik diri.

  1. Suka Berbicara Sendiri

Kebiasaan unik lainnya adalah mereka suka berbicara sendiri. Ini terjadi baik dalam hati maupun bentuk tulisan.

Kebiasaan tersebut ternyata meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman pola pikir. Jadi bukan berarti tidak waras, namun berbicara sendiri bisa dilakukan oleh orang jenius.

  1. Cenderung Berantakan

Menurut penelitian dari University of Minnesota, mereka yang berada dalam lingkungan berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif dibandingkan dengan mereka yang berada pada tempat yang rapi.

Sementara itu, profesor Cornell Robet J. Stenberg menyebutkan bahwa kecerdasan adalah kemampuan belajar dari pengalaman. Selain itu juga memahami serta menangani konsep abstrak, serta menggunakan pengetahuannya dalam rangka memahami lingkungan seseorang.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.