Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineSerba Serbi

6 Prospek Karier Kuliah Jurusan Creative Communication, Kamu Minat?

20230704054051 fpdl.in business people brainstorming management process paper 53876 134620 large
rawpixel.com

madingmu.com – Binus University memiliki jurusan baru, Creative Communication, untuk menjawab kebutuhan industri saat ini. Jurusan baru ini mungkin masih asing di telinga masyarakat umum, namun memiliki berbagai prospek karir yang menarik.

Creative Communication adalah jurusan di Binus @Bekasi yang akan membantu Anda belajar menjadi seorang komunikator sebuah perusahaan/brand melalui produksi konten teks, audio, visual, atau kombinasi ketiganya untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk kebutuhan kampanye penjualan produk perusahaan/brand.

“Program Creative Communication dibuka untuk menjawab kebutuhan industri secara luas akan lulusan komunikasi dengan kompetensi yang mampu membuat konten untuk membentuk dan memperkuat citra merek dan perusahaan dalam berbagai format, seperti artikel, audio, dan video,” ujar Head of Communication Department Binus University Maria Anggia W., S.Sos, M.M dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/7/2023).

Ia berharap program Creative Communication ini dapat menyumbangkan lulusan berkualitas yang dapat berkontribusi secara optimal bagi brand dan perusahaan yang berkelanjutan.

Prospek Karier Jurusan Komunikasi Kreatif Binus University

Fokus belajar di jurusan Creative Communication Binus University adalah ‘menciptakan konten’. Namun, prospeknya bisa mencakup berbagai pekerjaan di bidang media. Beberapa prospek karir untuk jurusan ini antara lain:

1. Copywriter atau Content Writer

Sekilas, kedua profesi ini terlihat sama, namun keduanya memiliki tugas yang berbeda. Jika Anda memilih untuk menjadi seorang copywriter, Anda akan bertugas untuk membuat tulisan yang persuasif. Pembeli diharapkan tertarik untuk membeli produk yang diiklankan dengan tulisan yang Anda buat.

Sementara itu, seorang content writer bertugas menulis konten yang informatif-misalnya, artikel di blog resmi perusahaan. Tidak hanya bekerja di perusahaan/agensi, Anda juga bisa bekerja secara freelance untuk menjadi seorang copywriter atau content writer.

2. Spesialis Media Sosial

Lulusan Creative Communication juga memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai social media specialist. Seorang social media specialist biasanya berperan dalam menyusun rencana konten media sosial yang sesuai dengan identitas perusahaan/brand.

Selain bekerja di bidang perencanaan, social media specialist juga bertanggung jawab dalam proses produksi konten. Tidak hanya itu, social media specialist juga berperan dalam mengelola akun media sosial perusahaan/merek dan berkomunikasi dengan para pengikut media sosial untuk membuat laporan evaluasi kinerja akun media sosial.

3. Brand Communication Specialist

Profesi lain yang bisa kamu tekuni ketika lulus dari jurusan Creative Communication adalah brand communication specialist. Ruang lingkup pekerjaan ini meliputi pembuatan dan pengembangan strategi komunikasi pemasaran produk. Kamu juga akan berperan dalam mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi yang dibuat.

Selain itu, brand communication specialist juga membuat konsep dan menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk kampanye perusahaan/merek. Riset perilaku konsumen sebelum, selama, dan setelah kampanye juga menjadi salah satu tugas dari pekerjaan ini.

4. Spesialis Periklanan

Sering disebut juga sebagai advertising manager, advertising specialist adalah seseorang yang bertugas untuk mengembangkan strategi periklanan sebuah perusahaan/merek.

Untuk menjalankan tugas tersebut, tentu saja Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup di bidang komunikasi kreatif, periklanan, dan pemasaran. Penguasaan bidang keilmuan tersebut akan sangat membantu. Pasalnya, Anda bertugas untuk membuat perencanaan dan menentukan detail konsep iklan seperti apa yang cocok untuk menyukseskan kampanye tersebut.

5. Event Organizer

Prospek event organizer juga terbuka lebar bagi lulusan Komunikasi Kreatif. Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk selalu siap berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide unik untuk sebuah proyek.

Hal ini sesuai dengan gambaran kegiatan belajar di jurusan Creative Communication Binus University. Kamu tidak hanya akan belajar ilmu pengetahuan saja, tetapi juga akan dihadapkan pada pembelajaran berbasis proyek untuk melatih sisi kreatifitasmu dalam memproduksi konten sesuai dengan target pencapaian.

6. Entrepreneur

Lulusan Creative Communication juga bisa menjadi entrepreneur, misalnya dengan mendirikan agensi periklanan atau membuat agensi event organizer sendiri. Binusian akan dibekali dengan pengetahuan dalam berwirausaha, baik secara teori maupun praktik.

Bekal teori dapat diperoleh dalam mata kuliah kewirausahaan. Sementara itu, kemampuan praktik kewirausahaan dapat diasah dengan mengikuti Enrichment Program. Kamu juga bisa memilih program kewirausahaan di semester 5, 6, atau 7. Kombinasi teori dan praktik ini akan sangat membantu bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang wirausahawan setelah lulus kuliah.

Itulah beberapa prospek karir jurusan Creative Communication Binus University yang bisa kamu pertimbangkan. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan prospek karir ke depannya bila mengambil jurusan Creative Communication.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.