Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

5 Tips Mengatur Keuangan Lebaran Agar THR Kamu Cukup Digunakan

ilustrasi tunjangan hari raya atau thr 169

Madingmu.com –  Saat menjelang lebaran, sering kali tunjangan hari raya (THR) tidak dapat mencukupi untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada. Akan tetapi dengan memperhatikan pengaturan keuangan yang tepat, kamu dapat menghadapi tantangan ini dengan lebih tenang lho. Berikut ini ada lima tips sederhana yang dapat membantu kamu dalam merencanakan keuangan Lebaran secara lebih efektif.

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan kamu bisa mengelola dana THR dengan lebih cerdas dan menghindari stres finansial di saat-saat khusus ini. Mari kita jelajahi bersama-sama mencari solusi praktis yang dapat membantu kamu memaksimalkan manfaat dari dana THR yang diterima, sehingga Lebaran tahun ini bisa menjadi momen yang lebih lancar dan berkesan bagi kamu dan keluargamu.

  1. Membuat Anggaran

Untitled

Mulailah dengan membuat daftar semua pengeluaran yang diperkirakan selama bulan Ramadan dan Lebaran. Sertakan juga biaya-biaya seperti makanan, pakaian baru, serta hadiah ataupun sedekah.

Setelah itu, alokasikan jumlah uang yang sesuai untuk setiap pos pengeluaran dan berusaha untuk tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Dengan merencanakan anggaran dengan teliti, kamu dapat menghindari pemborosan dan memastikan bahwa uang THR-mu digunakan dengan efisien untuk keperluan yang paling penting.

  1. Prioritaskan Kebutuhan Yang Penting

blog 202109 bijak mengelola keuangan id

Identifikasi kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti makanan pokok, transportasi, dan biaya kebutuhan sehari-hari lainnya. Setelah itu, alokasikan sebagian besar dana THR untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Hal ini akan membantu dalam memastikan bahwa kebutuhan dasar terpenuhi dengan baik sebelum mengalokasikan dana untuk keperluan yang lebih sekunder atau hiburan. Dengan memprioritaskan pengeluaran yang penting, kamu dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan memastikan bahwa dana THR-mu digunakan dengan bijaksana untuk hal-hal yang benar-benar mendesak.

  1. Cari Promo dan Diskon

Cara Menghitung Diskon

Manfaatkan potongan harga dan promosi khusus yang ditawarkan oleh berbagai toko atau platform belanja online. Telusuri katalog promo dari supermarket atau pusat perbelanjaan terdekat, dan pantau juga aplikasi belanja online untuk mendapatkan diskon tambahan.

Dengan mencari promo dan diskon, kamu dapat menghemat sejumlah uang saat berbelanja kebutuhan Lebaran.

Baca Juga : 3 Tips Menjaga Keuangan selama Ramadan, Agar Gak Asal Ikut Bukber dan Uangmu Tidak Jebol

  1. Bijak Dalam Membeli

download 3 Mau Lebih Hemat Belanja di Supermarket. Pakai Tips Ini Yuk

Sebelum membeli barang, ada baiknya pertimbangkan dahulu dengan cermat apakah barang tersebut benar-benar diperlukan atau hanya keinginan semata. Bandingkan harga dari beberapa toko atau platform belanja untuk mencari penawaran terbaik. Hindari impulsive buying atau pembelian yang tidak direncanakan. Buatlah daftar belanjaan dan tetap patuhi anggaran yang telah ditetapkan.

  1. Simpan Sebagian THR Untuk Tabungan dan Investasi

tabung dan investasikan ini 5 tips kelola uang thr dengan bijak 240222143152

Tentukan persentase tertentu dari total dana THR yang akan dialokasikan langsung ke rekening tabungan.

Tabungan ini dapat digunakan untuk tujuan jangka panjang, seperti biaya pendidikan anak, dana darurat, atau persiapan untuk kebutuhan mendesak di masa depan.

Dengan menyisihkan sebagian dari THR untuk tabungan, kamu dapat memastikan bahwa ada cadangan keuangan yang tersedia untuk masa depanmu, serta mengembangkan kebiasaan menabung yang baik untuk meraih kestabilan finansial dalam jangka panjang.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.