Senin , 15 Juli 2024
Literasi KeuanganEditor's PickHeadlineTerpopuler

3 Tips Menjaga Keuangan selama Ramadan, Agar Gak Asal Ikut Bukber dan Uangmu Tidak Jebol

money saving cash management 3

Madingmu.com – Tidak terasa sudah sekitar 10 hari kamu menjalakan ibadah puasa Ramadan, Bagaimana puasanya? Semoga tetap semangat beribadah di bulan suci ini.

Bicara soal puasa, apakah kamu sudah mulai mendapatkan undangan bukber (buka bersama) dari teman ataupun saudara? Sekadar mengingatkan, jangan sampai banyaknya undangan bukber membuat kantongmu jadi jebol.

Lantas, bagaimana sih caranya mengatur keuangan yang juga membuat puasamu jadi berkah? Dilansir dari Islamic Finance Guru, ini dia tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Beramal melalui Zakat dan Sedekah

Berzakatlah

Zakat adalah rukun islam ketiga di mana umat Islam wajib menyucikan hartanya dengan cara menyisihkan sebesar 2,5 persen dari hartanya tiap tahun. Lebih spesifiknya, Muslim yang mampu wajib melaksanakan zakat Fitrah selama bulan Ramadan sebelum hari raya Idul Fitri.

Sedangkan, sedekah adalah amalan yang dapat dilakukan melalui banyak cara. Bahkan, tersenyum pada orang lain sudah terhitung bersedekah lho. Sedekah juga dapat dilakukan dengan cara menyumbangkan barang-barang yang tidak terpakai atau menyisihkan uang untuk berinfaq.

Harus di ingat bahwa bersedekah dengan murah hati dapat dirasakan manfaatnya oleh orang lain.

  1. Berbukalah Secara Sederhana dan Secukupnya

Kekeluargaan Orang Turki Sangat Kuat.jpg 1

Menurut hadits sahih At-Tirmidzi, kita dapat mengikuti kebiasaan makan Nabi, yaitu isi sepertiga perut dengan makanan, sepertiga lagi dengan minuman, dan sepertiga terakhir dengan udara.

Kemudian tetaplah sederhana dan prioritaskan untuk membuat makananmu sendiri. Buatlah daftar belanjaan agar tidak melebihi anggaranmu.

Jika mendapat ajakan berbuka bersama, kamu dapat mengajak teman untuk berbuka di rumah saja. Namun, jika perlu berbuka di luar, pastikan kamu dapat mengontrol ajakan berbuka tersebut agar tidak boros.

  1. Berbelanja dan Berikan Hadiah dengan Bijak

093023700 1618823948 shutterstock 441593512

Jika tidak dirasa kamu perlu untuk berbelanja baju baru, kamu dapat menggunakan baju yang masih ada di lemari untuk lebaran.

Apabila kamu punya tradisi untuk memberikan bingkisan atau parsel saat Idulfitri, kamu dapat membelinya jauh-jauh hari dengan harga yang lebih terjangkau. kamu juga dapat membuat bingkisan sendiri agar lebih berkesan dan hemat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.