Senin , 24 Juni 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

5 Tips Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi, Mahasiswa Harus Tahu!

R

Madingmu.com – Cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi merupakan informasi menarik yang patut untuk diketahui banyak orang, termasuk mahasiswa baru.

Masih banyak persepsi jika beasiswa hanya diperuntukkan untuk mahasiswa yang berprestasi. Akan tetapi sebetulnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho.

Bahkan, banyak beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa dari berbagai kalangan. Tentu itu dapat meringankan biaya pendidikan selama di bangku perkuliahan.

Dilansir dari laman iNews.id Berikut ini adalah ulasan informasi mengenai tips mendapatkan beasiswa tanpa prestasi.

Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

  1. Buat Tulisan atau Esai Beasiswa yang Baik

Membuat tulisan atau esai beasiswa yang baik merupakan salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa tanpa prestasi. Adapun cara untuk meraih hal tersebut adalah menulis dengan kata-kata yang semenarik mungkin.

Melalui tulisan esai, penyedia beasiswa dapat menilai kepribadian kamu. Namu nada hal yang perlu diperhatikan adalah tulislah esai secara jujur, rendah hati, dan realistis.

  1. Beasiswa dari Pemerintah

KIP atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan salah satu opsi beasiswa yang cukup populer di kalangan mahasiswa yang tidak memerlukan prestasi.

Perlu dicatat, mahasiswa penerima KIP adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Yaitu surat keterangan keluarga kurang mampu dari kelurahan.

KIP kini dapat digunakan untuk mahasiswa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta).

  1. Perbanyak Riset

Adapun salah satu cara mendapatkan beasiswa tanpa perlu prestasi tinggi adalah dengan memperbanyak riset. Untuk mencapai hal tersebut calon penerima beasiswa haruslah mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari lembaga sosial, korporasi, hingga perusahaan terkait beasiswa.

  1. Mengupgrade CV

Saat mendaftar beasiswa, calon penerima beasiswa akan dimintai dokumen berupa CV (Curriculum Vitae). Agar penerima beasiswa tertarik dengan profilmu, silakan cantumkan pengalaman organisasi atau pelatihan mahasiswa lainnya.

  1. Persiapkan Dokumen Lengkap

Dokumen adalah salah satu persyaratan yang wajib untuk dipenuhi oleh calon penerima beasiswa. Maka dari itu, saat mendaftar beasiswa perhatikan kelengkapan dokumen kamu secara rinci dan teliti.

Itulah ulasan mengenai cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.